Belajar Lebih Menyenangkan Bersama ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400)

Belajar Lebih Menyenangkan Bersama ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400)

Daftar Isi

Semangat itu menular. Bila aku menunjukkan keceriaan dihadapan mereka, menyajikan materi dengan penuh semangat dan bertenaga, aku yakin siswa-siswiku akan menerima transferan semangat yang aku ciptakan.

Bersama ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), aku bisa bergerak lebih leluasa. Bukan hanya sekedar menjelaskan materi secara klasikal, namun, aku juga bisa mengajak mereka mengekplore dunia lebih luas melalui perangkat tersebut. Menonton video, mengkaji film pendek yang relevan dengan pembelajaran melalui channel youtube, olah video, design flyer materi agar lebih ringkas untuk disajikan, bikin jurnal pembelajaran serta melakukan proses editing artikel sebagai pengikat waktu bakal lebih mudah ku jalankan. 

Aku tetap bisa berperan adil menjalankan peranku sebagai pendidik di sekolah, pun aku bisa mengasah kemampuanku sebagai seorang bloger.

Mereka Bosan, Bila Materi Hanya Disampaikan Secara Klasikal Dengan Cara Monoton

Sebuah tantangan besar bagiku. Bila menyampaikan materi hanya disampaikan dengan cara tell dan tell alias menerangkan, respon siswa pasti ada yang ngobrol sendiri. Ada juga yang usil dengan temannya bahkan ada juga yang mengantuk. Kondisi demikian sangat menguji kreativitasku untuk bisa menyampaikan materi yang bisa di senangi oleh mereka.

Mengingat siswa-siswi di sekolah itu beragam gaya belajarnya, ada yang cenderung audio, visual, kinestetik bahkan ada juga yang campuran. Beranjak dari situ, aku harus sedikit kerja keras untuk mengidentifikasi gaya belajar mereka.

Identifikasi Gaya Belajar Siswa Dimulai

Pada awal semester tahun ajaran baru, biasanya aku menyebar angket "diagnosa belajar" guna mengidentifikasi gaya belajar setiap siswa. Yang kemudian angket tersebut aku analisa sebagai pedomanku dalam memberikan materi akan kusampaikan dengan cara yang bagaimana.

Setiap kelas pasti memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda. Disitulah kemampuanku dalam menyampaikan materi butuh terus di asah. Meski materi Bimbingan Konseling (BK)  itu lebih banyak pengembangan, update informasi terkait kasus kenakalandan perkembangan anak remaja masa kini yang dikorelasikan dengan kurikulum di sekolah, tetap saja metode pembelajaran yang inovatif harus aku kuasai. Termasuk memasukkan muatan profil pelajar pancasila di setiap pembelajaran untuk diamalkan oleh mereka dalam kegiatan sehari-hari.

Menjelaskan. Ya, metode ini biasanya aku gunakan untuk memberikan materi pada pertemuan pertama. Supaya siswa ada gambaran terkait hal penting yang mau aku bagikan ke mereka. Aku persembahkan untuk siswaku yang cenderung menyukai gaya belajar auditory (lebih senang mendengar)

Pertemuan kedua, menyuguhkan video atau film pendek yang masih berkaitan dengan materi pada pertemuan sebelumnya. Karena di kelas juga ada siswa yang cenderung memiliki kriteria gaya belajar visual (lebih menyukai gambar, warna), tentunya akan lebih mudah diterima olehnya.

Berlanjut pada petemuan ketiga, yaitu mengajak siswa untuk melakukan refleksi terkait materi. Disini bertujuan untuk mengecek sejauh mana pemahaman mereka. Alih-alih untuk memberikan fasilitas siswa yang gaya belajarnya cenderung kinestetik. Mereka lebih suka beraksi (praktek) daripada terlalu banyak teori. Tak jarang pula sebelum pelajaran dimulai, aku mengajak mereka untuk ice breaking dulu. Yang mana permainannya dikorelasikan dengan materi yang akan disampaikan di kelas.

Langkah yang terakhir adalah mendokumentasikan. Baik berupa bukti fisik pengerjaan siswa maupun bukti foto siswa selama proses belajar. Sehingga nantinya akan ketemu siswa mana saja yang harus lebih diperhatikan.

Biasanya, dalam memberikan materi aku juga menyuguhkan berita terkini terkait permasalahan anak remaja. Atau membahas kabar viral yang ada kaitannya dengan perkembangan anak remaja untuk dijadikan contoh sebagai upaya tindakan preventif (pencegahan)

Karena menjadi guru BK peran sebagai teman curhat, guru pembimbing sangatlah dibutuhkan, jika terlalu banyak menasehati aku rasa mereka bakalan luber informasi/ nasehat yang mungkin tidak semuanya akan direkam di memori otak mereka.

Maka dari itu, diskusi, menganalisa suatu kasus, mengajak mereka nonton film atau video yang berkaitan dengan  kebutuhan siswa merupakan hal yang tidak boleh tidak dilakukan. Bisa menjadi pengalaman belajar yang berharga agar siswa memiliki kemandirian dalam mengambil keputusan. Sekaligus sebagai wujud melakukan rekam data sebagai dokumentasi pencatatan dan evaluasi secara berkala.

Lantas, apa saja strategi yang bisa  aku lakukan sebagai guru bimbingan dan konseling upaya pencegahan, pemeliharaan dan membantu pengentasan masalah siswa ?

BK di Sekolah

Layanan Bimbingan Klasikal

Merupakan layanan yang sering aku lakukan untuk memberikan nasehat maupun informasi yang bersifat segera. Dengan layanan klasikal apa yang hendak aku sampaikan bakal bisa tersampaikan ke banyak siswa dalam satu waktu. Sebab, orientasi layanan ini adalah siswa satu kelas.

Layanan Bimbingan Kelompok

Bagian dari layanan bimbingan konseling yang membahas suatu judul atau tema yang sedang hangat dibicarakan. Biasanya tema atau judul itu sedang dibutuhkan oleh beberapa siswa yang memiliki kebutuhan yang sama. 

Misalnya, dalam satu kelas siswa yang setelah diidentifikasi kebutuhannya ada 11 orang. Guru pembimbing akan menjadwalkan secara berkala untuk berdiskusi terkat tema  yang dibutuhkan berdasarkan pilihan. Jadi sasaran layanan ke siswa lebih spesifik lagi.

Konseling Kelompok

Sebuah layanan yang di dalamnya sudah terdapat masalah. Dimana masalah tersebut dialami oleh beberapa siswa. Dalam melakukan konseling kelompok pun sama, maksimal 12 orang. Agar layanan konseling kelompok bisa berjalan secara efektif dan khidmat.

Konseling Individu

Layanan ini berbeda dari yang lainnya. Lebih tertuju pada personal. Biasanya dilakukan untuk membimbing siswa yang membutuhkan fokus dan penyelesaian secara privat. 

Menjalankan peran sebagai guru pembimbing dibutuhkan ekstra kesabaran. Performa yang bertenaga dan benar-benar harus profesional tetap dibutuhkan. 

Manakala siswa mengalami masalah yang cukup berat, guru pembimbing harus tetap bersikap tenang dan profesional. Agar dalam menyampaikan informasi dan kebenaran dari sekolah bisa diterima oleh wali murid. Pada intinya menyamakan informasi dan saling bekerjasama demi kemandirian siswa mencapai suatu ketuntasan.

Sudah menjadi hal biasa, sering bertemu wali murid secara face to face untuk membahas kebaikan putra-putrinya demi masa depan yang lebih baik. Maka dari itu, dalam menjalankan peran sebagai guru bimbingan dan konseling aku butuh me time biar tidak jenuh bila setiap hari harus berurusan dengan siswa yang melakukan pelanggaran sekolah.

me time ala teacher blogger

Untuk menjalankan peranku, butuh perangkat dengan performa yang tangguh dan bertenaga. Supaya aku selalu tetap bersemangat menjalani aktivitas harianku penuh dengan rasa bahagia.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sangat layak menemani kegiatan dalam keseharianku. Laptop yang menunjang aktivitas dan kinerjaku untuk semakin produktif. 

Akan sangat berpengaruh terhadap perasaanku yang kadang bila berurusan dengan siswa yang bermasalah, emosiku tak karuan. Me time, adalah cara yang tepat untuk menikmati peranku saat ini agar tetap waras dalam menjalankan kewajiban. 

Kenapa ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)?. Oke, sekarang aku akan menyampaikan alasan kenapa aku memilih laptop ini. Yuk, cuss.....baca sampai tuntas ya.

“Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.”

Laptop Bertenaga yang Cocok Untuk Menunjang Aktivitas Sehari-hari

Sebuah inovasi terbaru ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400) masuk dalam jajaran laptop daily driver sekelas laptop gaming casual yang bisa ditebus dengan harga terjangkau. Ditenagai oleh AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor, yang mana processor tersebut dipunyai oleh laptop  gaming, pada biasanya.

Aku akan merasa sangat senang, bisa produktif ditemani ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400). Dengannya, aku bisa lebih leluasa menonton film pendek untuk mempersiapkan bahan ajar. Editing video manakala memberikan contoh project kepada siswa serta merasakan lebih ringan dalam menjalankan kewajiban pun tetap bisa me time dengan blogging atau ngegame bila jenuh menghampiri. Buat kerja ini itu, anti lemot club.


Ditambah dukungan layar yang begitu lebar dengan rasio aspek 16:10. Mataku semakin berbinar dan lebih leluasa dalam menatap layar laptop. 

Elegan dan powerful, aku menyebutnya. Meskipun tampilan fisik laptop cenderung sederhana, design ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400) tetap menawan. Baru kali ini menemukan laptop kelas gaming casual yang bodynya sangat ramping tapi di design untuk kinerja multitasking. Bobotnya hanya 1.4kg dengan ketebalan body 18,9mm. Ringan dan ringkas bila dibawa bepergian.

Bahkan laptop daily driver ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas 512GB, yang sangat bisa diandalkan. Menyimpan file video, design flyer materi, rekam data siswa bakal bisa aku save dengan rapi berkat kapasitas penyimpanan ASUS VivoBook Pro14 OLED (M3400) yang mumpuni.

Ajaib, performa storagenya sangat menawan. Kecepatan baca storage laptop ini bisa mencapai 3500MB/s lebih. Itu artinya semua data yang tersimpan pada SSD bakal di respon dengan cepat. 

Laptop Cool Mendukung Kinerja Lebih Optimal

ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400) sudah menggunakan operasi sistem Windows 11 Home. Beberapa aplikasi yang biasanya ditemukan di android, bisa juga ditemukan melalui fitur windows 11 yang sudah dimiliki. Tampilannya fresh dengan berbagai widget yang menarik. Senada dengan pilihan warna laptop VivoBook Pro 14 OLED (M3400), solar silver dan cosmos blue.

Soal kapasitas baterainya sangat awet dan tahan lama. Telah teruji berkat rancangan arsitektur Zen3 ASUS VivoBook Prol 14 OLED (M3400) memiliki performa komputasi apik mendukung kinerja lebih optimal. 

Saat aku harus bekerja mobile atau sering pindah kelas lain (misalnya) enggak bakal khawatir batteray bakal cepat lowbat. Bisa dipastikan hal itu tidak terjadi. Justru, laptop ini menawarkan cukup banyak kelebihan untukku. Selama 8 jam bekerja di sekolah, aku tetap bebas produktif bersama laptop ini. Satu lagi, berkat baterai Lithium-ion-3-cell dengan kapasitas 50Whrs membuka aplikasi office berisi materi mengajar, play video dan buka web sepuasnya tak jadi masalah.

ASUS Vivobook

Layar OLED yang Ramah Dimata 

Demi investasi kesehatan mata jangka panjang. VivoBook Pro 14 OLED (M3400) telah dirancang sebagai laptop daily driver yang menggunakan panel OLED. Laptop ringan yang dipercaya sebagai perangkat yang mampu menghadirkan visual terbaik dikelasnya. 

Telah bersertifikasi PANTONE Validated Display. Pada titik terendah sekalipun, bisa memperlihatkan keakuratan warna yang tajam, detail dan sangat kaya. Semakin kesini, ASUS OLED bakal menjadi sebuah trend

Berkat teknologi anti flicker dan telah mengantongi sertifikasi secara resmi dari TUV Rheiland, kemampuan teknologi tersebut mampu menjaga mata agar tidak mudah lelah. Bekerja depan laptop dengan durasi waktu berjam-jam, tidak lagi membuat diriku gampang mengeluh. Sebab, biasanya aku sering keblablasan merem karena ketiduran akibat mata gampang lelah.   

asus VivoBook Pro 14 OLED (m3400)

Memberikan Pengalaman Mengetik yang Natural dan Menyenangkan

Bisa dipastikan, laptop VivoBook Pro 14 OLED (M3400) memberikan pengalaman mengetik yang menyenangkan. 

Ukuran touchpad yang di design lebih luas menggunakan teknologi ASUS ErgoSense, memudahkanku dalam menekan tombol lebih akurat. Bila dilihat dari jauh, keyboard lebih stylish. Terdapat sedikit semburat garis yang memberikan aksen keyboard lebih berwarna, tepatnya pada tombol enter.

touchpad keyboard

Bukan hanya sisi kenyamanan dalam mengetik saja yang bakal aku dapatkan. VivoBook Pro 14 OLED (M3400) dibekali audio jernih bersertifikasi Harman Kardon, sistem audio khusus yang bisa menghasilkan audio dengan suara terbaik. 

Pun dibekali teknologi AI Noise Cancelling yang berfungsi sebegai peredam suara bising. Dalam kondisi ramai sekalipun, saat me time depan laptop aku bisa dengan lebih tenang untuk fokus terhadap project yang aku kerjakan. Fitur peredam suara bising bisa aku manfaatkan dan lebih leluasa mendengarkan musik dengan asyik berkat suara jernih ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400).

Nugas sekaligus me time untuk blogging atau sebatas mencari referensi buat melengkapi metode pembelajaran dengan berlama-lama depan laptop bakal lebih optimal dan fokus.

ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400) dilengkapi dua kipas berbahan Liquid Crystal Polimer (SCP) yang berfungsi sebagai pendingin sekaligus membantu aliran udara 16% lebih baik. Bisa dikatakan, laptop kelas gaming kasual ini hadir dengan teknologi ASUS IceCool Plus bisa bekerja secara stabil dan optimal.

ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400)

Meeting Dimana Saja dan Kapan Saja Didukung Konektivitas Tanpa Batas

Seperti biasanya, bila ada jadwal pelatihan online atau melakukan video conference dengan teman guru tetap terhubung berkat dukungan konektivitas tanpa batas. Yang mana laptop multitasking ini telah didukung koneksi WiFi generasi ke 6 bakal was wes sat set sat set, pun ketika digunakan dalam searching di google

Ketika lagi tidak kondusif, terbentur jadwal kegiatan offline lain, aku bisa memanfaatkan fitur privacy shutter. Sebuah slot kamera yang bisa di geser buka dan tutup untuk memperoleh kenyamanan on/offcame dengan kondisi terbaik. Jadi, fleksibel banget.

Lantas, apa saja yang aku banggakan dari prodak Asus bernama VivoBook Pro 14 OLED (M3400)?. Bukan ASUS bila segala macam teknologi yang dihadirkan tak memiliki ketahanan uji. 

Seperti biasanya, bagian dari proses pelayanan produk ASUS yang hadir telah melalui proses uji yang mendetail. Mulai dari tes uji ketahanan, benturan, tes port,tes tekanan, tes jatuh, tes goncangan, tes keyboard, tes akselerasi tinggi dan tes temperatur.

Termasuk segala predikat penghargaan yang patut diapresiasi, dipertahankan dan terus ditingkatkan. ASUS selalu di hati❤️

brand asus

Spesifikasi ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400)

Main Spec. 

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) 

CPU 

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, 

up to 4.4 GHz max boost) 

Operating System 

Windows 11 Home 

Memory 

16GB DDR4 

Storage 

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 

Display 

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits, 

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black 

Graphics 

AMD Radeon™ Graphics 

Input/Output 

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm 

Combo Audio Jack, Micro SD card reader 

Connectivity 

Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5 

Camera 

720p HD camera with privacy shutter 

Audio 

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio 

Battery 

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion 

Dimension  

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm 

Weight 

1.4 Kg 

Colors 

Solar Silver

Price 

Rp12.799.000  

Warranty 

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty 


Belajar Lebih Menyenangkan Bersama ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400)

Terus melambungkan doa agar Tuhan segera mengabulkan. Memiliki laptop untuk keseharian mendukung aktivitas yang multitasking. Ketika aku terus menajamkan kemampuan dengan terus berlatih, belajar dan memperbanyak jam terbang membawa semangat yang ada, saya yakin, semangat itu bakal menular ke siswa-siswi ku di sekolah.

Siswa bakal lebih terbuka, ceria dan mendapatkan pengalaman mengesankan karena bisa belajar dengan cara santai dan tidak membosankan.

Akupun tambah semangat untuk terus produktif. Bisa menjalankan aktivitas blogging dimanapun, dan kapanpun.  Bakal  terus belajar dan  update membuat media pembelajaran yang menyenangkan, olah video, editing flyer, rekam data siswa dan meeting online akan sangat mudah aku lakukan bila didukung oleh VivoBook Pro 14 OLED (M3400). 

Laptop bertenaga, ringan dan ramah di mata. VivoBook Pro 14 OLED (M3400) laptop idaman para kreator, bloger dan termasuk saya. Hehehe. Sebagai teacher blogger, akan sangat terbantu bila sebuah mimpi itu segera terwujud. 












Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog ASUS dan travelerien.com







Referensi Pendukung

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-Pro-14-OLED-M3400

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5611827/4-tipe-gaya-belajar-kamu-termasuk-yang-seperti-apa

https://carisinyal.com/laptop-asus-creator-series/

Press release ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400)

Posting Komentar