Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek, Pantai di Jawa Timur yang Instagramable

Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek, Pantai di Jawa Timur yang Instagramable

Daftar Isi

Pantai pasir putih di Jawa Timur yang rekomended untuk di kunjungi menurut kacamataku ialah Pantai Karanggongso. Pantai di Jawa Timur yang menawarkan sejuta view indah tiada tara. Sekilas kalau teman-teman lihat dari hasil jepretan kamera ini, indah bukan ? Langit cerah yang memesona, riuh air serta ombak yang begitu tenang membuat hasil jepretan by handphone ini nampak sempurna.

Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek
dokumentasi pribadi


Yuk, ikuti ceritaku menikmati keindahan Pantai Karanggongso bersama keluarga kecil saya .

Pantai Pasir Putih Terbagus di Jawa Timur

Trenggalek, salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki kelebihan wisata air. Secara letak geografis, emang cocok banget pantai ada disana. Area Jawa Timur yang ada destinasi pantainya. Ibarat destinasi di Jogjakarta ya ada pantai selatan dan di Magelang ada candi Borobudur yang di sekitarnya juga di kelilingi gunung Wonosobo yang indah. Ibarat kata setiap kota sudah di plotkan destinasi wisata menarik masing-masing.

Balik lagi ke pantai pasir putih di Trenggalek. Dari jalan darat yang saya dan keluarga lalui sepadan ya. Cukup mengocok isi perut juga karena saya di ambang mau teler (mabok perjalanan) karena jalan yang kami tempuh selama 3 jam cukup terjal. Jalanan aspal memang halus sih, tapi ada adegan harus naik turun dan berkelok yang bikin pusing di kepala. Makanya, selama perjalanan naik mobil Avanza saya tidur terus. Mengurangi gejala mabok biar orang yang ada di mobil tidak saya repoti. Terlebih saya juga bawa anak kecil. Ya sebisa mungkin menjaga diri sendiri agar tetap kuat.

Sebenarnya tidak histeris juga sih jalannya. Ini mungkin karena pengaruh ekspektasi saya yang mengira perjalanan ditempuh pendek Kediri -Trenggalek. Eh, jarang melalui jalanan terjal jadinya hampir mabok perjalanan.

So far, perjalanan darat yang ditempuh mobil pribadi aman kok. Jalanan juga sudah bagus tinggal kendaraan pribadinya saja yang memang harus dipersiapkan agar lebih safety. Terutama rem mobil harus benar-benar sehat karena ada satu jalan yang cukup warning ketika belok ada turunan jalan yang harus dibawa ekstra hati-hati.

Pantai Karanggongso di Jawa Timur, Im Coming

Rasa ingin mabok (perjalanan) terobati. Ketika mobil nampak jelas menuju parkir dekat pantai pasir putih usai kami membayar ongkos masuk yang setiap orang dikenai 10.000 ribu rupiah per orang. Area pantai nampak bersih dan segar dipandang mata.

Cusss, parkir mobil dekat pantai. Tak sabar ingin segera lari mendekat sisi pantai kala itu. Wah, gilaaaaaa. Pantainya bersih ya, gumam dalam hati.

Pantai Karangggongso di Jawa Timur

Kami berada di posisi pantai pasir putih Karanggongso. Menurut informasi, bagian ini paling diminati oleh pengunjung. Selain bisa menikmati ombak yang sangat amat tenang, untuk pengunjung dengan tinggi tubuh yang cenderung pendek masih bisa melalui aliran air dan ombak di bagian tepi. Anak kecil mau jalan di tepian juga aman kok. Dengan catatan, bila pertama kali kesana tetap harus diawasi oleh orang dewasa. Pasalnya, meski tergolong derai ombaknya enggak ganas, sangat bisa membawa badan mungilmu terbawa arus.

Tips Pergi ke Destinasi Wisata Air Pantai Karanggongso Trenggalek

Pergi ke destinasi impian, paling tepat itu di waktu yang enggak banyak orang libur. Ya nggak sih ? Untuk bisa menikmati pemandangan dengan nyaman dan enggak berebut lokasi tempat istirahat ya di hari efektif orang kerja . But, menyesuaikan kemampuan teman-teman saja deh

Pantai di Jawa Timur

Pas saya dan keluarga berkunjung ke Pantai Karanggongso Mei 2023 lalu, saat awal bulan di weekand. Jadi, sangat diuntungkan bisa menikmati suasana pantai sepuasnya karena tidak seramai banget ketika liburan sekolah. Pasalnya, meski tiket masuk tergolong murah ya (dan ada kemungkinan tarif akan naik seiring berjalannya waktu), ketika sudah masuk di area pantai pasti ingin menjajal pengalaman lain yang itu merogoh isi kantong.

1. Sedia Uang Khusus untuk Menikmati Pengalaman Naik Kapal

Ya, petugas yang di dominasi oleh bapak-bapak disana sudah melakukan gambreng untuk menyambut pengunjung yang baru tiba. Petugas pada gambreng dan yang dapat giliran bakal ada kesempatan melayani pengunjung agar mau naik kapal. 

Ada pilihan paketnya kok. Mulai dari tarif 500.000 untuk serombongan hingga 1.000.000 kalau tidak salah ingat. Benefitnya adalah teman-teman akan diantar naik kapal bagus mengelilingi destinasi pantai pasir putih sampai puas (sesuai rute).

Kala itu, kami ambil paket yang murah saja, bisa berkeliling di tujuh tempat dengan harga diskon jadi 400.000 rupiah.

2. Berkunjung Lebih Awal Agar Dapat View yang Instagramable

Lebih enak emang perjalanan pergi liburan di tempuh lebih pagi ya. Selain jalan darat agak longgar, sampai ke tempat wisata impian juga bisa lebih leluasa . Kami berangkat dari Kediri pukul 07.30 sampai di Trenggalek 10.40 WIB. Sangat puas bisa main air sampai 14.30, anak-anak baru mau diajak pulang. Hahahha, sampai kusam tu kulit. Kalau semakin sore juga air akan surut. 

Menurut info, air surut akan terus berubah waktu setiap harinya. Biasanya bapak nelayanya akan beri info soal itu. Jadi, teman-teman bila mau naik kapal bisa tanya terkait waktu yang pas. Saran saja, ketika puas main air dipinggiran pantai, niatkan membuat keluarga dan anak bahagia dengan naik kapal mengelilingi area pantai.

Terakhir, dimanapun tempatnya selama masih di sekitaran pantai pasir putih ini semua tempat sangat Instagram able buat mengabadikan momen terbaiknya bersama keluarga. Paling senang itu ambil foto di dekat pantai, sambil main air dan ketika ombak datang di jepret. Cekrek, mantap deh. Atau saat naik kapal juga bagus view-nya. Birunya dapat.

3. Bawa Bekal Cukup Solusi Hemat Budget

Kemanapun, terbiasa bawa barang segambreng. Pasalnya asupan perut juga kami perhitungkan. Biar enggak boros-boros banget, soal makan berat dan sekedar jajan yang bisa disiapkan dari rumah, alangkah lebih bagus jika dibawa. Aneka jajanan disana cukup merogoh kantong. Bakso kuah dengan 4 biji bakso mangkuk kecil saja harganya 10an ribu. Mending bawa dari rumah bisa makan sepuasnya. Ya kan .

4. Menjajal Pengalaman Seru Naik Banana Boats

Buat teman-teman yang suka memicu adrenalin, belum afdol jika belum naik banana boat saat berkunjung ke pantai terindah d Trenggalek, Pantai Karanggongso. Meski tarif sedikit mahal,saya rasa enggak masalah. Satu rombongan kan bisa patungan bayar, untuk bisa menikmati pengalaman seru naik banana boat. Saya yang hanya melihat dari kejauhan sebenarnya pengen juga. Sebab, ada adegan digulingkan kapalnya sehingga penumpang terjatuh semua.

Teriakan keseruan, pecah. Pemandu banana boat juga nampak mengabadikan momen serunya. Wah, amazing ya. Main ke pantai bonusnya plus-plus. Penumpang yang dilengkapi alat penampung sorak kegirangan.

5. Jika Mau Menginap, Ada Hotel Terdekat Kok

Kelebihan lain pantai Karanggongso adalah buka 24 jam. Teman-teman yang mau menikmati bagaimana kondisi pantai di malam hari bisa banget mengeluarkan sedikit rupiah untuk menginap semalam disana. Kalau saya, belum nyoba sih. Konon, kalau malam suasananya hampir mirip di Pantai Bali. Pengunjungnya berpakaian ya begitu deh. Bisa dapat gambar terbaik, saat menikmati momen matahari tenggelam. Duh, enggak kebayang bagaimana romantisnya ya.

6. Mumpung Ke Trenggalek Coba Beli Buah Tangan Termurah, deh

Nah, usai main air sepuasnya. Belum komplit kalau belum mampir ke tempat bakul durian murah. Dalam lokasi wisata pantai, emang berjejer banyak penjual yang menjual durian dan ikan asap. Menuju pintu keluar wisata ini, ada pusat ikan murah yang biasanya bisa ditebus minimal 500rb sudah dapat ikan laut banyak. Kala itu, saya memang tidak beli ikannya. Cuma mampir ke bakul durian yang tempatnya tidak jauh dari pantai Karanggongso. Sampai blenger ,mborong durian banyak dengan harga murah, rasanya juga enak.

Penutup

Bagaimana teman-teman? patut dipertimbangkan ya destinasi pantai pasir putih Karanggongso ini ? Pantai terindah di Trenggalek, Jawa Timur yang wajib teman coba untuk pergi liburan bersama keluarga tercinta. 

Mumpung liburan sekolah ye kan ? keluar duit dikit enggak apa-apa. Sebagai pengunjung banyak diuntungkan, sebab melihat keceriaan anak main air sepuasnya, jadi obat pelipur lara ditengah kesibukan ibu bekerja. Pengalaman mengesankan yang tak bisa kita beli dengan uang seberapapun. Yuk di coba ! Menciptakan momen berkesan bersama keluarga dengan berkunjung ke pantai terindah di Jawa Timur.

24 komentar

Comment Author Avatar
5/7/23 12:05 Hapus
Sudah kubaca artikel di atas..bagus banget view pantainya. Btw, perahu2.itu bisa mengantarkan pengunjung ke pulau laen gak ya?
Jarang nemu pantai yang sekaligus ada perahu nelayan kayak gitu. Jadi keinget pantai Tanjung Kelayang di Belitung. Aku baru pulang dari Lampung dan main ke beberapa pantai. Nemu satu pantai yang kayak di Trenggalek ini. Cakep dan buat difoto jadi makin berwarna ^^
Dari foto-fotonya bagus sekali Pantai Karanggongso ini ya, Mbak. Walau perjalanannya berliku, tapi pas nyampai di sana, hilang sudah capeknya. Bisa baik perahu juga. Terus bagusnya, pantainya buka 24 jam, plus ada hotel terdekat juga.
Aku kalau mudik ke Kediri biasanya main ke Tulungagung karena ada ponakan tinggal di sana dan ke Trenggalek ke kampung mas iparku di situ. Singgah deh ke Pantai Prigi, Pasir Putih, Karanggongso...View-nya memang bagus dan alami, dan paling seneng borong ikan segar dan durian pastiiii...
Comment Author Avatar
5/7/23 23:58 Hapus
destinasi wisata pantai pasir putih Karanggongso ini yang merupakan Pantai terindah di Trenggalek, Jawa Timur yang wajib dicoba untuk pergi liburan bersama keluarga tercinta ya kak
Comment Author Avatar
6/7/23 07:46 Hapus
Suka banget aku kalo main ke pantai pasti bawannya tenang dan damai. Aku lihat dari foto-fotonya indah banget pantainya wajib masuk ke bucket list nih kalo pergi ke Jawa Timur.
Comment Author Avatar
6/7/23 08:00 Hapus
Kalau halan-halan ke pantai memang menyenangkan ya kak, apalagi bareng keluarga. Indah pantainya, jadi mengisi waktu libur yang asik
Comment Author Avatar
6/7/23 09:21 Hapus
Dapet diskon 400K lumayan banget tuh...hehe...bisa menikmati liburan di pantai emang menyenangkan ya bersama orang2 tercinta. Btw, insha Allah mudah2an bisa ke pantai ini pas di tempat saudaraku nanti di SBY.
Cantiknyaaaa.....
Wajib traveling ke Pantai Karanggongso nih
Gak nyangka Trenggalek punya tujuan destinasi yang cantik
Ada apa lagi ya? Supaya puas solo traveling ke sana
Comment Author Avatar
6/7/23 11:40 Hapus
So happy~
Vitamin-Sea terpenuhi dengan bermain ke Pantai Karanggongso. Merasakan angin pantai, pasir yang bersih dan lembut juga Naik kapal keliling Pantai Karanggongso Trenggalek.
Comment Author Avatar
6/7/23 11:51 Hapus
Gak nyangka, kabupaten seukuran Trenggalek bisa punya pantai secantik ini. Jadi keinget, waktu nelusur Pacitan hingga ke sisi paling ujung, sebenarnya tinggal beberapa kilometer lagi masuk Trenggalek. Tapi karena gak cukup waktu, saya dan teman-teman gak jadi ke Trenggalek. Sepertinya kalau road trip ke Jawa Timur, asik juga nih mampir ke pantai pasir putih yang indah ini.
Berlibur ke pantai memang menyenangkan. Lihat Pantai Karanggongso dengan airnya yang biru wow, instagramable sekali. Next time aku akan usahakan untuk berkunjung kesana bersama keluarga
Comment Author Avatar
6/7/23 15:46 Hapus
Seketika teringat pernah punya kenalan dari Trenggalek nih. Ternyata memang indah banget pasir putih disana ya. Itu bakalan betah banget nikmati main air yang berwarna jernih. Bawa keluarga sih makin seru bisa liburan di pantainya, Mba.
Comment Author Avatar
6/7/23 16:04 Hapus
Saya agak-agak buta peta kota, jadi saat baca pantai putih Karanggongso di Trenggalek saya kira lokasinya ada di bagian utara. Menyebut Jogja saya langsung kaget, wait... pantai bagian selatan biasanya berombak besar lho. Ini kok indah banget dan pasirnya putih.
Comment Author Avatar
6/7/23 19:08 Hapus
Serius ini sih mba, bagus banget, kalo di daerahku dapet view pantai yg kaya gini harus ke pantai selatan, daerah Bayah. Airnya jernih warnanya kehijau2an. Hmm ... Kapan yaa bisa ke Trenggalek...
Comment Author Avatar
7/7/23 07:59 Hapus
Cantik ya view pantainya, semoga selalu terjaga kemolekan pantai ini hingga suatu saat saya pun berada disana.
Comment Author Avatar
Me
7/7/23 11:34 Hapus
Ah, Indonesia memang tak pernah kurang dari pantai putih yang indah seperti ini ya...Jadi mupeng jalan-jalan kesana
Comment Author Avatar
9/7/23 14:11 Hapus
Emang paling nyaman kalau datang ke pantai yang selain viewnya bagus tapi juga terjaga kebersihannya. Duh jadi pengen ke sana sama orang-orang tersayang...
Tempat tujuan pertamaku klo diajak healing tetap milihnya pantai. Rasanya bisa refresh otak yang bener" penuh. Saya belum pernah jalan-jalan ke Trenggalek. Sepertinya banyak juga destinasi wisata di daerah sana.
Comment Author Avatar
9/7/23 19:43 Hapus
Wah, pengen sekali wisata ke sana, nginep di hotel bareng keluarga, terus paginya menikmati pantai yang indah. Wajib masuk bucket list nih.
Comment Author Avatar
9/7/23 22:32 Hapus
Masyaallah pantainya indah banget. Liburan ke pantai itu memang nggak ada bosennya, apalagi kalau ada pasir putihnya. Rasanya damai, serasa menyatu dengan alam. Asal nggak pas terlalu rame di pantainya.
Comment Author Avatar
9/7/23 22:43 Hapus
MasyaAllah, sungguh indah ciptaan Allah berupa pantai pasir putih di Trenggalek ini. what an instagramable!
Comment Author Avatar
10/7/23 11:50 Hapus
Indahnya mbak, pasir putihnya menggoda untuk dimainkan nih, anak-anakku pasti senang kalau diajak ke sini, kebetulan mereka belum pernah diajak ke pantai yang berpasir putih seperti ini
Mbak beli ikan nebus 500 ribu gimana tuh? Tapi ikan laut yang baru ditangkap pasti seger banget deh, aku kalau ke pantai juga suka beli hasil tangkapan nelayan..baasanya kalau di Batam bukan ikan sih, kayak sejenis kerang-kerang gitu, dan itu murah bangett.