Aneka Kudapan Buka Puasa yang Enak dan Mudah Ditemukan di Bulan Ramadhan

Aneka Kudapan Buka Puasa yang Enak dan Mudah Ditemukan di Bulan Ramadhan

Daftar Isi
Takjil Ramadhan apa saja?. Tahun (2024) media sosial dihebohkan dengan jagat maya, terutama di tiktok. Masyarakat baik itu yang muslim dan tidak berpuasa (non muslim) berburu takjil menjelang buka puasa.

Saya mencoba keluar rumah mengendarai motor untuk beli bensin. Memang benar, suasana ramai di pinggir jalan, mencari takjil yang disukai.

Berlalu lalang kendaraan yang membuat jalan melambat karena banyaknya motor dan mobil. Seakan, orang tidak memikirkan akan habis berapa waktu memburu takjil ? hahaha

War Takjil

takjil ramadhan apa ya
sumber : pinterest

Seru kali ya, beli takjil buat berbuka puasa secara bersamaan. Meski tempat yang dikunjungi berbeda, tapi, jika dalam satu waktu tiap orang keluar rumah dan beli takjil, ya pasti ramai pengunjung.

Sangat menguntungkan bagi anak-anak, dan penjual. Anak bisa jajan banyak, dagangan laris manis. Alhamdulillah

Takjil, dalam pernyataan yang dijelaskan oleh Wikipedia.com, kudapan yang disantap selepas minum air putih atau minuman berasa. Semacam jajan pasar, gorengan, kolak, buur kacang ijo dan lainnya.

Berburu takjil itu sangat seru, hingga memantik warga non muslim ikut-ikutan berburu takjil di waktu yang sama karena takut kehabisan.

Itulah kenapa, istilah war takjil menjadi viral karena momen ini banyak yang mengunggahnya di media sosial. terutama di tiktok. Ramai banget. Apa Itu Takjil Dalam Islam ?

Takjil, dalam bahasa arab berasal dari kata 'ajila yang punya arti menyegerakan. Rasulullah memang menganjurkan, jka ada adzan maghrib, bergegaslah untuk berbuka. Minum air putih, kemudian memakan kurma.

Sebagai peempuan yang pernah memburu takjil, menjadi momen yang menyenangkan, memang. Pasalnya, pada waktu itu, saat masih menyandang status mahasiswa, mencari takjil gratisan bukan suatu hal yang memalukan. Justru, kami meanggap itu hal yang lumrah.

Usai mendengarkan tausiyah, ya dapat bonus takjil. Lumayan kan. Bisa silaturahim dengan sesama mahasiswa, sekaligus caper sama dosen, kwkwkwk. (Bercanda)

Menghidupkan masjid. Seraya, masjid adalah tempat untuk beribadah, mengaji dan tempat untuk menuntut ilmu (mendengarkan kajian). Ah, jadi rindu.

Apalagi kalau mendapati malam nuzulul qur'an dan malam lailatul qadar. Masjib besar pasti ramai pengunjung. Berlomba lomba untuk fokus dalam ibadah. Ya, karena ingin mendapatkan keberkahan dan nilai lebih dalam menjalankan ibadah puasa. Kira-kira, takjil yang diburu oleh masyarakat itu apa ya ?

Kudapan Yang Cocok Buat Takjil

Kalau saya, apa aja yang penting enak. E tapi, saya baru sadar, jika puasa hampir dapat 15 hari ini, lebih suka bikin es/ gorengan dari rumah. Sesekali beli sih, sesuai mood. Tapi, tidak yang sampai meluangkan waktu untuk berburu kudapan di sore hari.

minuman segar untuk buka puasa

1. Es Buah

Minuman paling segar yang tepat di santap usai minum air putih. Rasanya yang manis, dilengkapi aneka buah menjadi nutrisi bagi tubuh. Biar lebih gurih, bisa ditambah susu cair. tambah gula dan sirup plus kreamer, biar enggak mudah eneg.

2. Es Kuwut Melon

Gantian, minuman yang warna ijo, hhhe. Tetap ada sentuhan buah, biar tubuh dapat asupan nutrisi dari buah. Untuk tingkat kemanisan, bisa di atur sendiri kan ya. Tambah endulita kalau es kuwutnya bikin sendiri. Yang jelas, tidak bikin tenggorokan mudah serak/gatal.

3. Kurma

Kudapan wajib yang meski bentuknya kecil, tapi punya manfaat bear bagi tubuh. Pengganti karbohidrat, dimana seharian berpuasa, tubuh perlu diisi dengan makanan yang manis tapi bukan manis buatan. Lagi pula, kurma juga masuk dalam jajaran buah favorit rasulullah yang selalu ada di saat buka dan waktu sahur.

4. Gorengan

Bukan orang Indonesia jika tidak makan gorengan. baik itu tahu isi, pisang goreng, risoles, bakso goreng, bakwan jagung, ote-ote dan lainnya. Dengan tetap memperhatikan kondidi tubuh, intinya jangan kebanyakan dan terlalu sering makan gorengan.

5. Mengkonsumsi Buah (Apa Saja)

Memilih buah-buah yang berair seperti melon, jeruk, semangka, alpukat, nanas, duku, salak, durin, mangga dan buah lainnya, sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain segar, buah juga mengandung gula alami, ada rasa manis yang muncul dari buah itu sendiri. Sehingga tidak ada efek samping.

6. Kolak

Kuah santan yang di beri isi potongan pisang, ketela dan gula merah ini kudapan yang manis dan gurih. Lebih enak lagi kalau ditambah santan dan sedikit jahe. Baunya wangi. Isian klak ini bisa di variasi. Ketela bisa diganti labu kuning. Di bulan ramadhan, kolak akan lebih mudah ditemukan di beberapa penjual kudapan.

Penutup

Berburu kudapan sebelum waktu berbuka puasa bukan hal yang dilarang. Menjadi momentum menarik, karena ini bisa jadi cerita di sela menunggu bedug adzan maghrib.

Segerakanlah untuk membatalkan puasa, bila waktu adzan maghrib telah berkumandang. Yang terpenting, berbuka sesuai apa yang telah diajarkan Rasulullah. Tidak perlu bingung memilih takjil ramadhan itu apa ya ? yang penting, puasa lancar, dan bisa menikmatinya dengan sungguh-sungguh.

7 komentar

awal-awal masih aman takjil cukup air sama kurma terus sedikit kue-kue beli. Lama-lama es cincau masuk, kolak masuk, gorengan masuk hahaha. Asli sih takjil ramadan tuh enak-enak bener ya
Comment Author Avatar
28/3/24 15:04 Hapus
Kalau saya dan keluarga kurma jadi menu berbuka utama. Walau makan cuma satu biji. Istilahnya membatalkan. Ya ngambil hukum Sunnah nya saja, semoga jadi pahala... Aamiin
Comment Author Avatar
28/3/24 15:27 Hapus
Aku Ramadan ini juga lebih banyak war takjil dari pada bikin sendiri, tenaganya buat kerjakan yg lain saja dari pada buat takjil.
Dan diantara sekian takjil yg tersedia, gorengan ga pernah ketinggalan. Padahal pengen mengurangi kaarena ingat kolesterol. Hahaha
Comment Author Avatar
29/3/24 08:49 Hapus
Arti takjil yang dipahami dan arti sebenarnya dalam Islam ternyata beda ya. Tapi gpp yang penting saling memahami maksudnya hehe.
Comment Author Avatar
29/3/24 11:15 Hapus
Aku juga tim berburu takjil, nih. Sekalian sambil ngabuburit keliling kota, kali aja ada yang ngasih gratisan juga. Hehe
Nah saya sering kalap pengen beli semua takjil di pasar Ramadan deket rumah. Selain untuk membantu para pedagang, takjil ini kan keluarnya hanya setahun sekali jadi sayang dilewatkan
Comment Author Avatar
21/4/24 04:35 Hapus
Ramadan kali ini niatnya membatasi gorengan. Tapi bocah malah pada minta risol, huahua. Gagaall deh. Tapi paling sering sih es buah dan kurma.

Dari semua takjil yang di list, kayanya es kuwut melon aja yang belum dirasain sama kami deh, ihihi