Tips Menjaga Badan Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa Ramadhan

Tips Menjaga Badan Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa Ramadhan

Daftar Isi
Cara hidup sederhana, menjadi pilihan tepat. Di tengah naiknya bahan pokok di bulan ramadhan. Mulai dari harga telur, beras, gula, ayam dan apalagi ya ? Sebagai emak, kenaikan bahan pokok cukup membuat emak memutar otak, bagaimana tetap hemat, puasa tetap jalan dan membawa keberkahan.

Padahal, di bulan puasa ramadhan, menjadi momen bahagia untuk bisa menikmati makan berbuka dan bersahur dengan menu spesial. Saat emak pergi ke pasar, auto mata ijo ya, lihat beraneka macam sayuran dan bahan. Eits, tahan, tahan, karena sedang berpuasa dan ingat, harga bahan pokok pada ganti harga. hehehe

Meski demikian, asupan nutrisi saat berpuasa tetap harus di jaga. Tidak mungkin kan, karena puasa menjadi alasan untuk tidak berkegiatan karena bada loyo dan lemes? Sehingga tidak ada gairah untuk semangat beraktivitas, mengaji, olah raga, sholat dan ibadah lainnya.

Hal tersebut tidaklah tepat. Menjaga kesehatan selama berpuasa, menjadi kunci keberhasilan. Memaknai puasa, sebagai ikhtiar, meraup keberkahan di hari yang spesial, yakni ramadhan.

Any way, apakah puasa dpat menyehatkan badan ? bagaimana cara menjaga kesehatan selama berpuasa? Nanti saya tuliskan di bawah ini ya. Stay tuned !

Puasa Dapat Menyehatkan Badan

tips puasa yang aman dan sehat

Dari sederet manfaat berpuasa bagi tubuh, puasa dapat menyehatkan badan. Secara logis, dengan berpuasa, makan jadi berkurang ya karena hanya dua kali. Waktu sahur dan waktu berbuka. Beda dengan hari biasanya, yang mengharuskan makan sehari 3 kali.

Sehat secara mental, juga sehat secara fisik. Manfaat yang akan dirasakan, ketika berpuasa. Dengan berpuasa selama beberapa jam, hati dan ginjal menjadi berfungsi lebih baik. Dapat menghilangkan racun dalam tubuh, sekaligus sebagai detoksifikasi.

Pada saat puasa, sistem pencernaan sedang beristirahat sejenak. Mereka akan bekerja lagi ketika buka puasa. Ibarat sebuah mesin, memberikan jeda untuk anggota tubuh berisitirahat sejenak itu luar biasa ya. Namun, jangan diartikan mati. Hehehe

Seorang mungkin nyeletuk demikian. Paling tidak bisa kalau saat puasa, menahan haus. Asupan cairan dalam tubuh tidak boleh sampai badan menjadi lemes. Tapi, semua kendala ini akan terhempaskan ketika niat puasa sudah kita lafalkan dengan benar dan merasuk ke hati. Ya nggak ?

Bismillah kan. Niat ingsun puasa ramadhan karena Allah ta'ala. Lantas, bagaimana cara menjalankan ibadah puasa dengan aman dan sehat?

Cara Menjalankan Puasa dengan Aman dan Sehat

Menjaga kesehatan selama berpuasa adalah tugas pribadi masing-masing. Tubuh akan memberikan alarm otomatis tatkala badan merasa tidak sehat. Yang mana hal ini akan membuat produktivitas menurun. Untuk berpikir, jadi tidak bergairah. Merasakan sakitnya badan dan butuh istirahat.

Jika ini terjadi saat puasa, sangat mengganggu dan ada hutang puasa yang wajib dibayar. Berikut tips melakukan pola hidup sehat saat bulan puasa .

1. Minum air putih

Kebiasaan baik yang tetap harus dirutinkan. Meski puasa, minum air putih sebanyak 8 gelas harus dipenuhi. Tidak minum dalam porsi banyak sekaligus ya, agar cepat tercapai targetnya. Bisa menggunakan cara minum air putih setiap jamnya.

Sebagai contoh,waktu terdengar adzan maghrib saat buka puasa satu gelas. Setelah ngemil kurma satu gelas. Usai sholat maghrib satu gelas. Selesai sholat isya dan tarawih 2 gelas. Sebelum tidur minum 1 gelas. Bangun tidur 1 gelas. Selesai sahur 2 gelas. Pas deh, totalnya ada 8 gelas.

Asupan cairan di dalam tubuh tidak boleh kurang. Saat tubuh kekurangan cairan elektrolit, berakibat fatal pada tubuh yang akan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Seperti ginjal, jantung dan tekanan darah menurun.

2. Konsumsi makanan yang bernutrisi.

Meski beberapa bahan pokok mahal, tetap dong, proritas kesehatan itu menjadi hal utama yang perlu dipikirkan untuk keberlangsungan masa depan. Menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan prima. Mengkonsumsi protein sehat tanpa daging dan lemak dan mengkonsumsi sayur serta buah.

3. Mengurangi makanan gorengan

Menjadi sebuah tantangan ya. Orang Indonesia kalau tidak ada gorengan rasanya ada yang kurang. Padahal, ini hanya soal mindset. Kalau kita mau untuk membiasakan pola hidup sehat pada saat bulan puasa. Rasa kenyang bakal tercipta meski tidak dengan makan gorengan. Sejatinya, makan gorengan justru memperlambat proses pencernaan.

4. Perbanyak makan buah dan sayur

Memakan buah dan sayuran lokal bisa menjadi pilihan. Buah dan sayuran, adalah penghasil serat terbaik bagi tubuh. Memberikan keuntungan besar bagi tubuh, dan memperlancar metabolisme serta pencernaan.

5. Tidak beraktivitas berlebihan

Mengingat bulan puasa, beraktivitas yang sewajarnya saja. Tidak banyak rebahan ataupun tiduran juga sih. Ya tetap bekerja sebagai mana mestinya. Biasanya, jam kerja di bulan ramadhan sudah dapat potongan, enak kan. Bisa digunakan untuk tadarus atau mendengarkan kajian. Dapat sehatnya, mental tetap terjaga.

6. Menjaga waktu tidur

Idealnya, tubuh manusia membutuhkan waktu tidur 8-9 jam. Memilih waktu istirahat, di jam-jam yang diperbolehkan lebih baik. Ketimbang tidur setelah makan sahur. Sebaiknya dihindari. Pada saat itu, makanan belum di cerna dengan baik.

7. Hindari Stress

Berpikir boleh, tapi jangan terlalu serius hingga membawa diri cenderung stress. Menjaga keseimbangan tubuh dengan melakukan hobi yang di sukai, bisa menjadi cara terbaik agar terhindar dari stress. Yang namanya ujian hidup tetap ada. Tapi ya, jangan terlalu serius menghadapi. Berdoa dan berusaha, biar allah yang menentukan. Jika terlalu stress, lambung yang akan di serang. Membuat malas makan, dan jatuh sakit malah repot.

8. Rajin olah raga

Meski sedang puasa, bukan menjadi alasan untuk tidak olah raga. Dengan berolah raga, menjadikan badan tetap sehat dan puasa aman. Dengan catatan, olah raga yang dipilih bukan yang berat.

puasa ramadhan


Penutup

Puasa adalah ibadah yang menyenangkan. Tidak bakal kok, membuat kesehatan terganggu. Dengan berpuasa, dapat menyehatkan badan. Dengan menerapkan cara hidup sehat, kesehatan selama berpuasa tetap aman. Yuk, manfaatkan bulan puasa sebagai lahan untuk meningkatkan iman dan taqwa ! Puasa, dapat menyehatkan badan.






Referensi Pendukung

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-puasa-bagi-kesehatan
https://upk.kemkes.go.id/new/5-tips-sehat-selama-bulan-ramadhan
https://www.youtube.com/watch?v=jqfwPupp6Uc

9 komentar

Comment Author Avatar
23/3/24 07:48 Hapus
Paling susah itu menjaga waktu tidur malam. Selama bulan Ramadan biasanya saya tidur lebih larus dari biasanya. Terus bangun untuk sahur. Sehinga beres sahur seringnya ngantuk banget. Saya dari tahun kemarin membiasakan diri tidak tidur setelah sahur. Alhamdulillah rasanya pikiran lebih plong seharian, nggak mumet.
Comment Author Avatar
23/3/24 07:48 Hapus
Paling susah itu menjaga waktu tidur malam. Selama bulan Ramadan biasanya saya tidur lebih larus dari biasanya. Terus bangun untuk sahur. Sehinga beres sahur seringnya ngantuk banget. Saya dari tahun kemarin membiasakan diri tidak tidur setelah sahur. Alhamdulillah rasanya pikiran lebih plong seharian, nggak mumet.
Comment Author Avatar
24/3/24 07:17 Hapus
Ini nih, selama bulan Ramadan malah tidak pernah olahraga. Kira-kira olahraga apa yang tidak berat untuk ketika berpuasa ya, Mbak?
Comment Author Avatar
24/3/24 09:49 Hapus
Terima kasih tipsnya kak. Puasa juga harus mengkonsumsi makanan bernutrisi dan harus cukup cairan sehingga tidak dehidrasi. Hal ini agar tubuh tidak merasa cepat lelah dan lemas.
Comment Author Avatar
24/3/24 10:50 Hapus
Duh gorengan ini paling susah dihindari. Kenapa ya kalau berbuka itu hawanya pengen makan gorengan. Kalau waktu tidur memang selaam puasa udah ngga berani begadang. Takut telat sahur.
Comment Author Avatar
24/3/24 14:11 Hapus
Catatan aku banget belum bisa olahraga secara rutin. Nggak hanya bulan puasa sih, bulan-bulan lainnya juga tetep nggak bisa konsisten haha. Semoga setelah ini aku lebih konsisten lagi agar bisa tetep bugar saat puasa.
Comment Author Avatar
24/3/24 22:32 Hapus
Terima kasih tips nya ini juga sebagai pengingat diri bahwa saat Ramadan bukan untuk bermalas-malasan tetapi tetap beraktifitas seperti biasa dengan batasa tertentu
Comment Author Avatar
25/3/24 04:56 Hapus
Dalam puasa ada keberkahan dan dalam puasa ada buah kesehatan. Shumu tasihhu, puasa itu menyehatkan. Seungguh kabar gembira dari Rasulullah Saw,1400 tahun yang lalu.
Comment Author Avatar
25/3/24 07:37 Hapus
yang agak susah buat saya dalam menjaga kesehatan selama Ramadan itu adalah makan gorengan. Walau sudah paham itu kurang bagus buat tubuh, susah sekali rasanya menghilangkan mengonsumsi gorengan buat buka puasa