Manfaat Tabir Surya Melindungi Wajah Cantikmu Sejak Dini

Manfaat Tabir Surya Melindungi Wajah Cantikmu Sejak Dini

Daftar Isi
Pernah suatu ketika baca postingan dr Arifianto di Instagram. Beliau speak up tentang tabir surya yang disita dari tas remaja di sekolah. Padahal, tabir surya untuk anak remaja sangat penting.

Kulit wajah, lebih tipis dibandingkan kulit lainnya. Manakala tidak mendapatkan perlakukan yang tepat, masalah kulit di wajah akan berdatangan.

Sebagian remaja mungkin merasakan gangguan kulit yang namanya jerawat, terdapat banyak komedo, kulit berminyak dan lainnya. Hal ini wajar. Selain perawatan wajah, pola makan yang sehat turut mempengaruhi.

Sebagai contoh, teman Windi yang gemar makan coklat dan tidak diimbangi dengan makan sayur dengan porsi yang cukup, kata dokter, bisa menimbulkan jerawat. Apalagi terlalu makan gorengan, kulit bakal memproduksi lebih banyak minyak. Kulit akan cenderung kering karena asupan cairan dalam tubuh tak seimbang.

Remaja sedang sering-seringnya beraktivitas diluar. Ketika mendapati siswinya memakai sunscreen justru disita.

Balik kepada aturan di sekolah. Berdandan untuk anak usia remaja saat ke sekolah itu boleh atau tidak ? Pasalnya, meski ada aturan pakem dan tertulis, nyatanya, saya sering menemui anak remaja menengah pertama, yang memang murid saya itu, pada suka dandan.

Memang sih, mereka dandannya dari rumah. Yang bikin gemes itu kalau dandan dengan penampilannya itu kurang good looking. Ada yang pakai liptin, lipgloss,sunscreen, bedak, pelembab, parfum dan lainnya.

Mereka yang jiwa dandannya cenderung tinggi daripada siswa lainnya, perihal memakai skincare sebelum sekolah meski dilarang. Tetap sih, mereka bebal dan mengindahkan aturan tersebut.

By the way, jika teman Windi punya anak gadis dan masuk di usia remaja. Dia pintar danda dan riasan wajahnya nampak beda dari bareface atau beda dari wajah naturalnya, dibolehkan atau dilarang?

tabir surya untuk wajah

Begini bestie. Wajah itu memang butuh perawatan sejak dini. Katakanlah remaja. Bukan hal yang aneh. Wajar, jika di usia tersebut kulit butuh tambahan nutrisi dari skincare yang sesuai kebutuhan kulit. 

Remaja, lebih banyak beraktivitas di luar. Kumpul sama teman, mengikuti aktivitas olah raga di sekolah. Latihan volley dan olahraga lainnya. Jadi, ikhtiar mereka untuk menjaga kulit sejak dini perlu diapresasi. Dengan tetap memenuhi wajarnya bagaimana remaja sederhana, sedikit dandan.

Terlebih untuk pemakaian tabir surya untuk kulit wajah. Wah, penting banget. Saya saja langsung mengiyakan akan pernyataan tersebut. Tapi ya itu, pakainya yang wajar-wajar saja. Lebih bagus kalau memakai jenis sunscreennya cepat meresap ke kulit. Tidak mengkilat dan putih berlebihan. Saya rasa, itu sudah cukup. Tidak perlu memakai warna bibir yang kesannya kayak ibu-ibu bekerja dengan warna menyala.

Tabir Surya dan Mekanisme Kerjanya

Sinar matahari diciptakan untuk memberikan kehidupan pada manusia. Bayi yang baru lahir, biasanya dijemur agar bayi sehat. Saya ingat betul akan hal itu. Bahkan, ketika bayi pilek dan batuk, cepat-cepat kalau pagi mencari sinar matahari untuk bisa memberikan kehangatan pada tubuh si dedek bayi.

Jika punggung manusia dikenakan sinar matahari pada pagi hari, kata dokter, tubuh akan mendapatkan vitamin D alami yang bagus untuk kesehatan. Meski demikian, waktu dan lamanya berjemur juga perlu diperhatikan. Agar, tidak mendatangkan kemudharatan. Sepakat kan ?

sunscreen terbaik untuk wajah


Tabir surya, memiliki peranan penting yang mana, mekanisme kerjanya adalah memantulkan sinar matahari yang seharusnya masuk ke kulit manusia. Berkat sunscreen, sinar akan memantul ke tempat lain. Tidak bisa membayangkan ya, jika kulit paling luar rusak, bagaimana nasib lapisan kulit yang didalam ?

Makanya, suami seringkali agak berisik jika mau keluar dan naik motor, tapi tidak memakai sarung tangan. Pasti beliau gelisah. Takut gosong, katanya. Pakai masker juga perlu. Biar wajah tak terkena sinar matahari langsung saat bepergian. Harus safety ya. Kesadaran ini yang perlu dibangun. Bagaimana mencegah kerusakan kulit dari sengatan matahari, sejak dini.

Hempaskan Noda Hitam dengan SPF+++++

Mumpung belum terlambat, kesadaran untuk merawat kulit perlu diupayakan. Tapi, ada beberapa hal yang ini menjadi catatan bersama. Bukan karena untuk melarisi sebuah produk, atau membela remaja yang boleh memakai tabir surya demi investasi wajah cantik sepanjang masa. Bukan karena itu.

1.Pilih tabir surya sesuai kebutuhan kulit.

Sering melihat dandannya anak remaja masa kini semakin menjadi. Antara warna wajah aslinya dan sunscreen yang dipakai, justru mengundang rasa lucu. Baik itu terlalu mengkilat, terlalu putih dan terkesan berlebihan.Jika diingatkan, jawabnya, "wajar bu". Minimal, pilih sunscreen yang tidak membuat wajah putih secara instan. Kembali ke pasal pertama. Memakai tabir surya untuk menangkal sinar matahari agar tidak menyelundup masuk merusak kulit. Bukan untuk gaya-gayaan dan saling merasa cantik karena pinter dandan !

tabir surya dalam bentuk spray, tidak disarankan untuk langsung disemprotkan di wajah. Idealnya, semprotkan terlebih dulu ke tangan, baru diaplikasikan ke wajah dengan merata.

tabir surya dalam bentuk losion atau cairan. Agar kandungan bahan tercampur dengan baik, kocok dulu sebelum penggunaan

2. Gunakan 30 menit sebelum keluar rumah

Sunscreen itu baiknya dipakai 30 menit sebelum bepergian. Biar meresap dan bekerja dengan baik.

3. Gunakan Setiap 2 Jam Sekali

Pernah ikut zoominar pentingnya menjaga kesehatan kulit di wajah bersama Ibu-Ibu Konten Kreator atau yang sering disebut ICC. Penggunaan sunscreen itu tidak bisa sekali pakai langsung bisa untuk melindungi kulit seharian. Pemakaiannya secara berkala.

Mengapa, Melindungi Kulit Wajah dari Paparan Sinar Matahari itu Penting ?

Tidak hanya berlaku untuk kulit wajah saja, bagian kulit lain juga penting bestie. Dampak secara jangka pendek memang tidak akan nampak. Ibarat kata, jika tidak memiliki kesadaran tinggi untuk peduli terhadap kesehatan wajah, resiko terjadi kerusakan kulit akan semakin dini. Sinar matahari, bisa memicu terjadinya kanker kulit. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh mengalami kerusakan fotokimia. Bagian terkecil yang dilindungi kulit akan memudar fungsinya karena tidak ada perlindungan.

Ini Dia, Cara Mudahnya

Sebagai manusia, yang ada itu hanya usaha dan usaha. Sebaik mungkin melakukan pencegahan, agar tidak repot karena harus mengobati. Lantaran hal itulah,

Berpakaian tertutup

Tidak harus memakai cadar, minimal, memakai baju panjang yang menutup area wajah dan tubuh agar tidak terpapar sinar matahari langsung.

Pakai Tabir Surya Plus plus

Memakai tabir surya dengan SPF+++++++ dipercaya memiliki kandungan yang baik.

Produk Halal

Gunakan produk yang halal. Ada ijin dari pemerintah atas produk yang kita pakai. Karena ini untuk investasi kulit, jadi perlu cermat dalam membeli produk untuk kesehatan wajah.

Penutup

Lebih cepat lebih baik. Semenjak saya tahu pentingnya menggunakan tabir surya untuk wajah, ada yang kurang jika belum mengaplikasikan sunscreen untuk kulit wajah. Pasalnya, semakin berusia, permasalahan wajah keran muncul bergantian.

Insha allah, semoga ikhtiar untuk menjaga penuaan dini ini mendapatkan ridlo. Dandan untuk suami,hehehe. Investasi kecantikan kulit agar permsalahan kulit yang lebih serius bisa dihindari. Semoga bermanfaat.






Referensi Pendukung

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/sunscreen-itu-penting-untuk-remaja/
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/454/pentingnya-melindungi-kulit-dari-sinar-ultraviolet

10 komentar

Remaja masa puber mulai gemar berdandan. Asalkan tidak berlebihan kayak penyanyi campursari insya Allah baik itu.
Comment Author Avatar
24/4/24 10:48 Hapus
Pernah nyimak juga kasus razia anak sekolah yang berujung pada penyitaan alat-alat di luar alat sekolah, termasuk di dalamnya ada yang diambil tabir surya nya. Memang jadi pro kontra, ya. Di sisi lain memang penting sekali penggunaan tabir surya ini, di sisi lain ara siswa membawanya ke sekolah pada saat jam pelajaran. Di satu pihak juga sepertinya OSIS yang menyitanya juga tidak terlalu paham dengan jenis alat perawatan kulit sekelas tabir surya
Comment Author Avatar
24/4/24 12:46 Hapus
Aku juga tipikal kalau pake motor harus yang tertutup head to toe, cuma mata doank yang kelihatan wkwk. Dinar matahari makin ganas sekarang ini. Tabir surya penting banget soalnya. Makanya kalau Anak skull bolehin donk bu guru pake sunscreen asal yang natural aja.
Comment Author Avatar
24/4/24 16:12 Hapus
Eh pake sunscreen ternyata 2 jam sekali ya, Kak? Maksimal berapa kali dalam sehari, ya? Karena kalau kebanyakan khawatir over. Hehe.

Tapi back to the need ya aja ya? Kalau di luar rumah bisa digunakan berkala untuk memaksimalkan ya, Kak?
Comment Author Avatar
24/4/24 17:22 Hapus
Wah, aku dulu dari SMP sudah pakai skincare juga mba. Dulu sih pahalanya cuma moisturizer biar kulit gak kering. Guru sekarang harusnya senang muridnya pakai sunscreen, soalnya kulit wajah itu investasi yang harus dijaga dengan baik
Comment Author Avatar
24/4/24 17:43 Hapus
Memang perlu diberi pemahaman tentang bedanya kosmetik dengan skin care, walau memang agak pro kontra juga dimana bila dibawa-bawa perlengkapan skin carenya ke sekolah, padahal secara manfaat memang sangat bagus apalagi situasi udara kita yang bukan baik-baik saja
Banyak yang belum paham bahwa skincare itu sejatinya buat kesehatan kulit bukan semata mata kosmetik atau buat dandan aja. Jadi memang penting bawa sunscreen kemana pun kita perfgi
Comment Author Avatar
24/4/24 20:20 Hapus
Wah bener Mba. Kalau gak pakai skin care atau make up, minimal pakai tabir surya..
Comment Author Avatar
25/4/24 11:00 Hapus
Anakku ta minta pakai pelembab dan sunscreen mbak, kemudian pakai bedak, dah itu aja, tapi kalau di rumah lipstik, eyeshadow jadi korban wis dibuat mainan juga sama adiknya, anak perempuan ya
Comment Author Avatar
Han
28/4/24 07:28 Hapus
Anakku juga kupakein sunscreen meskipun lagi keluar dan di dalam ruangan jugaa, dan alhamdulillaah iyaa meskipun eksotis warna kulitnya tapi tetep lembut kulitnya hihi