Kesadaran yang Perlu Dibangun Setelah Makan Daging

Kesadaran yang Perlu Dibangun Setelah Makan Daging

Daftar Isi
Saya tim makan sate kambing beli saja. Ketimbang buat juga pasti gagalnya, hahaha. Lebih praktis dan pasti kenyangnya, kalau beli. Apalagi saat ditraktir teman dan nemu sate kambing Kediri yang enak plus murah. Pernyataan awalku tidak salah kan ? lebih enak beli sate ke tempatnya langsung.

Yuhu, mari kulineran di Kediri kawan? siapa tahu pas mampir di kota tahu takwa ini teman Windi bisa mampir di sate pak ndut dengan harga murah dan pasti kenyangnya. Berikut, ceritaku makan enak di sate kambing Kediri.

warung sate pak ndut

Kuliner Kediri

Kuliner Kediri banyak kok, yang bisa teman icip waktu bermain di Kota Kediri. Area Kabupaten juga ada. Mulai dari makanan khas Kediri si tahu takwa, kripik tahu, keripik tempe, pecel pincuk, getuk pisang, sate bekicot dan sambal tumpang. Selain sederet makanan yang saya sebutkan, teman Windi juga perlu mencoba enaknya makan sate kambing, sate ayam dan soto di warung Pak Ndut.

Memang sih, saya tidak menyempatkan diri untuk bertanya langsung pada pemiliknya. Mengenai, sudah berapa lama warung sate Pak Ndut beroperasi. Kalau dilihat dari tempatnya, bukan hanya hitungan lima atau enam tahun saja telah berdiri kokoh. Saya rasa, lebih.

Penataan tempat, pelayanan ke pembeli dan melihat karyawan yang dipekerjakan, sudah sangat kenyang pengalaman.

Someday, bisa menjadi warung sate kambing legendaris yang mana cita rasanya bisa diwariskan kepada pemegang aset berikutnya.

Meski sate menjadi makanan menjamur sebagai alternatif jika mulut enggak begitu doyan makan. Kehadiran sate Pak Ndut cukup menjadi alternatif juga dikala ada hajatan besar, bisa booking sate sebelumnya.

Dijamin, ketika kepala keliyengan karena tekanan darah rendah, sangat tepat, saat ke Kediri untuk mampir ke warung sate Pak Ndut pinggir jalan. Itung-itung, bisa menjadi obat darah rendah.

Tempatnya strategis. Hanya saja, kudu pasang mata jika kali pertama melewati tempatnya, karena spanduk yang dipasang sudah berubah menjadi kusam.

Warung Sate Pak Ndut, Ada Disini

Tempatnya yang luas. Sirkulasi udara yang begitu lebar dan terbuka sedangkan, ruangan dipenuhi dengan kipas angin yang cukup. Agak kepanasan sih, saat menyantap sate dan kawanan hidangan lain. Karena tempatnya benar-benar sederhana. Warung Sate Pak Ndut terletak di Jalan Raya, Sukoanyar, Mojo, Kediri Regency, East Java 64162.

Siapa tahu, beberapa tahun ke depan, warung makan pak ndut disulap menjadi warung sate kambing ternama dengan dekorasi tempat yang tambah segar, dan full AC. Hehehe, dengan catatan, harga sate dan lainnya jangan naik banyak ya Pak ?

Terletak di pinggir jalan. Tepatnya, jika teman Windi menjelajah Kediri area ke timur, akan sangat mudah menemukan warung sate pak Ndut yang terkenal harganya terjangkau.

Soal Rasa, Bisa Diadu

Karena ditraktir, sangat puas dengan sajian menu di meja. Selain sate kambing dan sate ayam, ada juga soto, tengklek, dan gulai. Bukan hanya terpicu sama pelanggan yang sudah memberi ulasan di google sih, saya sudah membuktikan, soal rasa cukup lezat. Not bad, dan memuaskan dengan harganya yang ramah di kantong. Nasi sebakul bisa untuk serombongan. Harganya murah, rasanya juga enak, tidak heran jika warung sate kambing Pak Ndut selalu ramai pengunjung. Mohon bersabar ya, jika niat makan kesini, sangat disarankan untuk pagi atau siang hari saja. Kalau sore, ada beberapa menu yang habis duluan.

sate kambing kediri

sate kediri kota

Tetap Ingat Ini Setelah Makan Daging Kambing

Mengkonsumsi daging, memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Antara lain, menguatkan masa otot, memperkaya mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kendati demikian, mengkonsumsi daging dalam satu minggu secara terus-menerus dan berlebihan, justru akan mendatangkan sisi negatif dan bisa menggangu kesehatan tubuh. Mengundang penyakit dan berujung kematian. Seperti kanker usus besar, karena daging cenderung susah di cerna, menjadikan usus dan ginjal kinerjanya lebih berat dari biasanya. 

Memakan makanan yang di grill, jika terlalu sering juga tidaklah baik. Dapat memicu kanker. Berdasarkan sumber dari kumparan, hello sehat dan halo doc, mengkonsumsi daging itu boleh-boleh saja. Namun, harus diimbangi dengan pengetahuan dan kesadaran diri kita dalam mengkonsumsinya.

1. Tidak Mencampurnya dengan Nasi

Informasi valid dari kakak ipar yang berprofesi sebagai bidan di Rumah Sakit Ternama di Jawa Tengah, kalau makan daging tengkleng, gulai dan olahan daging merah lainnya upayakan untuk menyantapnya tidak bersama nasi. Nasi, mengandung glukosa tinggi . Jika disantap bersama nasi putih, bisa memicu diabetes dan penyakit kanker. Alternatif terbaik, makanlah sayuran yang berserat diantara nasi dan lauk daging agar tubuh tidak terlalu Berta dalam mengolah makanan.

Berdasar dari penelitian seorang ahli yang saya baca dari laman sajian sedap, perempuan beresiko tinggi terkena kanker akibat mengkonsumsi daging yang tidak diimbangi dengan makanan berserat.

2. Tidak Berlebihan

Dalam seminggu, idealnya tubuh menerima makanan daging dengan porsi 300-500gram saja. Itu artinya, dalam satu Minggu dua kali saja makan daging sudah bagus untuk kesehatan. Namun, tetap. Balik lagi pada jenis daging yang diolah menjadi menu apa. Kalau daging campur santan ya, sewajarnya saja . Kalau perlu, balik seperti pada anjuran nomor satu. Makan daging tanpa nasi. Yang agak tidak biasa itu, makan sate dengan nasi saja. Nah, biar ada seratnya, bisa diimbangi dengan ngemil buah setelahnya. Buah apel, jeruk, semangka dan lainnya. Anggap, sebagai penawar setelah makan daging.

3. Minuman Penetralisir

Biasanya agak susah, menemukan warung makan yang menyediakan minuman Penetralisir usai makan daging. Yang mudah ditemukan ya, es teh dan es jeruk. Padahal, tubuh butuh yang hangat-hangat seperti wedang jahe, jeruk hangat untuk membuat tubuh tidak kaget. Pun, jahe hangat berfungsi sebagai pemblokir sekawanan reseptor dan serptonin yang biasanya menempel pada lapisan usus. Bisa juga, memesan jus jeruk yang tidak dicampur gula agar fungsinya tetap terjaga yakni sebagai penurun kolesterol.

4. Makan Tomat

Kandungan Likopen yang terdapat pada tomat mampu menurunkan kolesterol. Kalau saya, mending makan tomat buah ya. yang rasanya cukup enak, ketimbang tomat biasa.

5. Air Kelapa Sebagai Penawar

Menyakini betul, segudang manfaat air kelapa. Kandungan gula dalam air kelapa bisa menggantikan energi dalam tubuh. Bahkan, ketika cairan dalam tubuh terserap akibat makanan daging, katakanlah. Air kelapa bisa mengembalikan cairan dalam tubuh dengan cepat. Manfaat lain,air kelapa juga bisa menghilangkan mual dan ingin muntah akibat berlebihan dalam menyantap makanan daging.

Pada Intinya

Kesadaran membangun gaya hidup sehat, perlu dipraktikkan secara dini. untuk usia 30an keatas, saya rasa, literasi menjaga kesehatan kudu terus ditingkatkan. Saya sih iyes, ketika udah ada tanda kejompoan dini seperti asam urat dan kolesterol, wawasan memakan makanan sehat perlu digerakkan dan dilaksanakan dengan baik.

Meski cukup ngeri-ngeri sedap jika semakin tahu akibatnya, tapi, tak mengapa. Justru, kita diingatkan agar lebih peduli kepada tubuh sendiri. Makan sate itu boleh, makan daging juga diperbolehkan. Ingat porsinya, jangan berlebihan!. Imbangi dengan makanan kaya serat, dan minuman Penetralisir agar lemak jenuh tidak meninggalkan jejak dalam tubuh kita. Sayangi diri, menjaganya dan patuhlah terhadap apa-apa yang disampaikan oleh sang ahli.

By the way, yuk cobain kulineran lain di Kediri ? hehehe





Referensi Pendukung
  1. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/aturan-makan-daging-seminggu/
  2. https://www.halodoc.com/artikel/4-tips-agar-tetap-nyaman-konsumsi-daging-kambing
  3. https://kumparan.com/berita-hari-ini/5-hidangan-penawar-setelah-makan-daging-kambing-1yzW79S9Uav/full
  4. https://sajiansedap.grid.id/read/102268339/selama-ini-kita-salah-makan-daging-bersama-nasi-ternyata-bisa-datangkan-hal-mengerikan-ini-pada-tubuh-waspada-mulai-sekarang?page=all

Posting Komentar