Peran Tenaga Kesehatan Ikut Serta Membangun Negeri

Peran Tenaga Kesehatan Ikut Serta Membangun Negeri

Daftar Isi
Bumi Melayu, kota julukan Jambi sebagai kota bagian tengah pulau Sumatera yang dikenal memiliki banyak kompleks percandian. Telah dikenal di kancah Asia Tenggara, Kota Jambi memiliki candi muaro Jambi penginggalan leluhur seluas 3981 ha. Literatur kuno, banyak ditemukan disana.

Berdasarkan data yang diakses di laman wikipedia, Jambi memiliki sembilan wilayah kabupaten dan dua wilayah kota. Yaitu, kota jambi sendiri dan kota sungai putih. Pada tulisan ini, saya akan mengajak teman-teman untuk menelusur tentang kesehatan di Kabupaten Sorolangun. Salah satu wilayah kabupaten bagian Jambi yang memiliki luas wilayah 5.935,89 ha.

Cukup luas, jika dibandingkan dengan luas wilayah kabupaten lain yang ada di Jambi. Meski demikian, ada satu sisi yang perlu menjadi perhatian bersama di kabupaten sorolangun ini. Mengenai kesehatan masyarakatnya.

peran penting tenaga kesehatan

Kabupaten Sorolangun (2016),pernah dikabarkan minim tenaga kesehatan yang ada di wilayah tersebut. Yang mana pada 10 kecamatan sudah berdiri 16 puskesmas. Namun, tenaga kesehatannya masih tergolong kurang. Baik itu tenaga farmasi dan kesehatan lingkungan.

Peran Tenaga Kesehatan Sebagai Motor Penggerak Kesehatan Masyarakat

Menteri Kesehatan berpesan, tenaga kesehatan harus bisa menjadi agen of change untuk menjadi jembatan, dalam mengedukasi masyarakat melalui pendekatan keluarga. Berita yang menyebar masa kini, dengan beragam pemberitaan yang menohok, pembunuhan, membakar suami sendiri, kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual dan lainnya, merupakan contoh kasus yang berkaitan kesehatan mental.

Secara fisik, mental, sosial dan ekonomi manusia harus mampu mengupayakan kesehatan baik itu secara lahir maupun batin. Menjaga kesehatan, bukan lagi soal kewajiban, melainkan tanggung jawab bersama yang perlu diupayakan dengan konsisten.

Ibarat kata, ketika seorang ibu tidak sehat, kodratnya sebagai seorang perempuan untuk melahirkan bayi, menjadi suatu permasalahan serius. Jika setiap dari wanita tidak bisa menjaga kesehatan fisik dan psikisnya.

Menjaga kesehatan disini, bertujuan untuk melakukan perawatan diri, membiasakan hidup sehat, mengakses informasi dan edukasi tentang kesehatan guna tindakan preventif.

Harapannya, dengan adanya gerakan bersama dari tenaga kesehatan dengan melakukan pendekatan kepada keluarga, menjadi langkah beriringan yang telah diprogramkan pemerintah. Menuju Indonesia sehat.

Peran Ikatan Farmasi Sebagai Pintu Gerbang Membawa Perubahan Indonesia Sehat

Ikatan farmasi di kabupaten sorolangun harus terus bergerak. Dalam artian, aktif melakukan kegiatan penyuluhan maupun edukasi yang sifatnya menggerakkan masyarakat. Sesuai dengan misi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) di Sorolangun, yang mana sejak Indonesia merdeka mereka sudah aktif membantu pemerintah membangun negeri melalui bidang kesehatan.

pafi sorolangun

Kegiatan yang dilakukan secara bergotong-royong dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, akan berbuah manis. Jika kesehatan masyarakat dapat dicapai baik itu secara mental dan fisik, sumber daya manusianya akan semakin berkualitas. Melakukan aktivitas bekerja, mendapatkan pendidikan yang layak hingga mencapai produktivitas yang berkualitas. Tindakan kriminal, bisa diminimalisir.

Saya rasa, kegiatan PAFI tidak hanya terbatas pada segala hal yang berhubungan dengan farmasi. Kegiatan kemanusiaan, sosial dan kesehatan tetap bisa dijangkau dengan baik. Menjadi bagian dari PAFI Sorolangun, merupakan bentuk empati yang tepat untuk menisbahkan diri pada sebuah pengabdian. Ya, PAFI merupakan perhimpunan para ahli farmasi yang memiliki jiwa pengabdian tinggi.

Penutup

Segala sesuatu akan lebih mudah dikerjakan bisa dilakukan dengan kerja sama. Melibatkan beberapa pihak yang dimulai dari lini kecil hingga besar, butuh kolaborasi yang tepat.

Siapapun teman windi yang tergerak untuk mengabdi pada diri, pafisorolangun bisa menjadi wadah untuk memperbanyak kontribusi. Meningkatkan kegiatan kemanusiaan, dengan berjejaring bersama ahlinya.

Posting Komentar