Memahami Farmasi Agar Lebih Bijak Mengemban Profesi

Memahami Farmasi Agar Lebih Bijak Mengemban Profesi

Daftar Isi

Peran Ibu Dalam Menjaga Kesehatan

Seorang ibu tetap memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan anggota keluarganya. Ibu, merupakan bagian pilar terpenting untuk memastikan bahwa kesehatan anggota keluarganya terjamin.

Sebagai contoh, membersamainya ketika sakit dan melayani sepenuh hati agar cepat sembuh. Mulai dari menyediakan makanan sehat dengan nilai gizi yang cukup, mengawal proses sembuh dengan memeriksakan ke dokter, perawatan mandiri di rumah serta terus berdoa dan berusaha dengan minum obat sesuai petunjuk dokter.

Jangan sampai, lalai dalam mengingat dan memahami fungsi obat untuk proses penyembuhan. Lantaran hal itulah, memahami ilmu farmasi untuk mendukung sedikit banyak profesi sebagai ibu menjadi nilai plus tersendiri.

peran ibu menjaga kesehatan

Ibu, bukan hanya bertugas mendidik anak saja. Melainkan, ia bisa beralih menjadi menteri kesehatan kapan saja, tatkala anggota keluarganya ada yang sakit. Atau, ketika si ibu sendiri yang sedang di uji sakit, minimal, ia tahu harus berbuat apa. Maklum, jika si ibu yang sakit, sudah pasti pekerjaan rumah akan keteteran. Ya nggak ? Lantas, apa sih yang teman windi ketahui tentang  farmasi peduli kesehatan ? seberapa pentingnya memahami aktivitas farmasi terhadap kesehatan keluarga ?

Aktivitas Farmasi Peduli Kesehatan

Langsung teringat pada sebuah prodi farmasi yang biasanya kita temukan dari sebuah universitas atau institusi. Menelusur secara teori, farmasi itu masuk dalam program studi yang fokus untuk mempelajari ilmu pengetahuan tentang monitoring penggunaan obat sintesis, obat bahan alam, distribusi, pengembangan dan sintesis. Namun, pada bab ini, saya tidak akan membahas detil terkait aktivitas farmasi, melainkan, mengajak teman windi untuk sadar dan peduli  mendukung aktivitas farmasi  guna meningkatkan kesadaran menjalankan pola hidup sehat dan bijak dalam menggunakan obat.

1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Pembiasaan yang baik, biasanya dikenalkan kepada anak sejak dini. Peran ibu, untuk menerapkan pola hidup sehat, biasanya diterapkan juga dalam pengasuhan. MEmbiasakan anak makan sayur sejak dini. Mengolah makanan ikan sebagai lauk bergizi dan dihidangkan di meja makan, untuk keluarganya. Minum air putih sebanyak 2 liter, mulai dikenalkan oleh ibu sejak dini.

Jika dipilah, tugas ibu dalam ikut sertanya menjaga pola hidup sehat, amat penting dan perlu adanya kesadaran sejak awal agar program pemerintah dalam mengedukasi masyarakatnya untuk hidup bersih dan sehat bisa terwujud.

Jika dipahami, bahwa menjaga pola hidp sehat itu perlu bergerak bersama antara lini keluarga dan pemerintah agar semua pihak melek untuk bergotong royong mewujudkan impian masyarakat hidup sehat.

2. Kesadaran, Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin

Mulai dari usia bayi berumur satu bulan, imunisasi diberikan sebagai wujud anti body untuk menangkal segala jenis penyakit yang menyerang. Berlanjut sampai bayi berusia satu tahun, dua tahun hingga lima tahun, imunisasi rutin bisa ibu jalankan sesuai petunjuk dan arahan yang tertulis di buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) berwarna pink. 

Bahkan, dalam keadaan program untuk ikhtiar hamil, ibu pasti disarankan ini dan itu untuk menjaga pola hidup sehat serta memeriksakan kesehatan rutin di klinik kesehatan atau di dokter, bukan ? Tak lain, hal itu digalakkan agar anak yang nantinya lahir dari janin seorang ibu bisa tumbuh dengan sehat dan tidak stunting.

Makanya, kesadaran pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa kita upayakan sebagai wujud menjaga kesehatan bentuk investasi yang nilainya tak tertandingi. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukankan ini slogan yang sudah dari jaman dulu ada ? mari, lebih aware dengan diri sendiri untuk memeriksakan kesehatan secara rutin agar tetap sehat dan bisa mensyukuri nikmat.

3. Meningkatkan Sikap Peduli Melalui Kegiatan Donor Darah

Yang tidak semua paham, bahwa kegiatan donor darah rutin bisa membuat tubuh menjadi sehat. Berdasarkan laman resmi ilmu kedokteran, donor darah memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan.

Membantu mendeteksi penyakit sejak dini. Untuk bisa mendodnorkan darah, biasanya harus melalui screening kesehatan. Mulai dari hemoglobin, tensi darah dan berat badan, menjadi pertimbangan petugas sebelum mengambil darah pasien. Dari sini, donor darah akan membuat teman windi tahu, badan kita sehat atau tidak.

Seperti ilmu sedekah, semakin banyak sedekah yang kita lakukan, justru akan berbalik cepat kebaikan yang kita lakukan. Donor darah, memang akan mengurangi sel darah merah yang ada dalam tubuh setelah diambil. Namun, sumsum tulang belakang akan memproduksi kembali sel darah merah yang baru meskipun memakan waktu berminggu-minggu. Tak masalah, biasanya, petugas kesehatan juga akan memberikan informasi lewat whatsapp atau kontak untuk memberikan info donor darah berikutnya sebagai bentuk mengajak teman windi rutin donor darah. 

Mendukung Aktivitas Farmasi Menjadi Tugas Bersama 

Siapapun bisa menjadi garda terdepan dalam mencapai upaya menjaga kesehatan. Mulai dari rumah, peran ibu sangat dibutuhkan oleh anggota keluarganya. Di sekolah, bapak dan ibu guru menjadi teladan peserta didik untuk seia sekata mendukung apa yang telah dicontohkan di keluarganya. Klinik kesehatan, dokter, rumah sakit adalah rumah jujuga dan pelayanan kepada masyarakat yang sifatnya membantu masyarakatnya untuk mendapatkan nilai sembuh. Semua, berawal dari kesadaran diri kita untuk bergerak bersama mewujudkan hidup sehat.

persatuan ahli farmasi indonesia

Persatuan ahli farmasi indonesia, telah hadir sejak 1946. Tepatnya pada tanggal 14 Februari dibentuk di Yogyakarta. Visi dan misinya selalu bulat. Menjadi garda terdepan untuk membantu pemerintah mewujudkan kesehatan yang optimal bagi warga Indonesia. 

Kehadiran pafi, semoga menjadi penyokong semua pihak untuk terus meningkatkan masyarakat yang sehat, terdapat aktivitas yang berkesinambungan dalam ikatan farmasi, terhubung dan saling bersinergi menjalankan tugasnya.

Sebagai ibu, kehadiran pafipenukalabablematangilir.org menjadi angin segar yang bisa teman windi andalkan dalam mengupayakan kesehatan anggota keluarga. Minimal, kita bisa melakukan informasi pengaduan (jika ada) yang sudah difasilitasi oleh pafipenukalabablematangilir.org melalui nomor 082331132911.

Siapa tahu, nanti  saya juga bisa mengedukasi si kecil untuk menjadi bagian dari persatuan farmasi indonesia sehingga tenaga dan ilmunya bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

Penutup

Dalam lini terkecil yakni keluarga, menjadi ujung tonggak pertama yang digadang oleh pemerintah, mampu menciptakan keluarga yang sehat. Peran ibu, salah satu sosok yang paling dibutuhkan tenaganya untuk mewujudkan keluarga yang sehat. Mendukung kegiatan farmasi, menjadi tugas bersama agar kita sebagai manusia lebih bijak dalam mengemban profesi. Apapun itu, kesehatan tetap nomor satu.

Yuk dukung aktivitas pafipenukalabablematangilir.org dan melibatkan diri di dalamnya :)






Posting Komentar