√Jadi Voice Over Talent, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Jadi Voice Over Talent, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Sesi sharing yang membahas tentang voice over talent selalu menarik perhatian. Hal ini masuk ilmu incaran yang aku cari-cari. Suatu saat nanti pengen deh, si kecil aku arahkan kesana. Mengingat dia gemar bercerita usai pulang sekolah. Bahkan beberapa waktu saat di rumah sering bermain peran dan emak disuruh mendengarkan. 

Si kecil juga cenderung cerewet, kayaknya pas deh ya, jika aku berniat mengarahkan kemampuannya biar dapat wadah yang positif. Sekarang, masih bingung mengawalinya harus bagaimana. Sebab itu emaknye belajar dulu ilmu dasar Voice Over talent yang kerab membuat aku terkesima akan bidang satu ini.

Voice over talent

Ikut salah atau komunitas voice over yang diketuai oleh kak Dennisa, membuatku takjub dengan para membernya yang suaranya empuk dan profesional saat ngejob. Gambaran itu yang aku tahu, walau seluk beluk profesi voice over talent ini belum aku ketahui secara detil, menulis tentang apa saja yang harus diperhatikan untuk menjadi voice over talent merupakan caraku untuk mengikat ilmu. Sebab aku bukan ahli dibidangnya, melainkan hanya suka saja dengan ilmu gratis yang dibagikan dalam sebuah komunitas yang aku ikuti saat membahas VO.

Tahukah Kamu, Apa Itu Voice Over ?

Saat melihat iklan di televisi, YouTube atau dengar di radio pasti suaranya renyah dan bikin menggugah selera ya

.Apalagi kalau iklannya makanan enak, "pinter banget pengisi suaranya", mungkin kalimat ini yang muncul dari mulutmu? .

Yap, voice over adalah suara yang mengisi latar video dimana narasi dibacakan dan direkam untuk keperluan. Dalam sebuah produk perfilman, iklan maupun serial televisi orang-orang yang bersinggungan dengan suara khas yang kerab kita dengar dari tayangan itu disebut voice over. Sedangkan voice over artis adalah orangnya. 

Kemajuan digitalisasi saat ini, menjadi makanan empuk untuk para VO talent berkembang dan menjadikannya profesi profesional. Apalagi saat pandemi menghadang, profesi ini tetap eksis di dunianya. Bahkan semakin naik rating dan semakin dilirik oleh perusahaan kelas atas. 

Pekerjaan fleksibel ini sangat menguntungkan bagi VO Artist yang lebih dulu terjun di bidangnya. Lantara sudah gabung komunitas skill dasar dan jam terbang juga sudah tinggi, tak heran jika bayaran yang di dapatkan VO Artist ini bisa ratusan ribu bahkan jutaan. Tergantung pihak mana yang menyelenggarakan. 

Syarat Menjadi Voice Over Talent

Suara jenis apapun bisa jadi VO talent kok, kata mbak Floweria yang jadi narsum malam itu. Tinggal kebutuhan si perusahaan saja mau ambil jenis suara VO yang kayak apa. Itu tandanya relasi harus luas ya, biar eksistensi manggung di balik layar jadi VO terus terasah.

Ini dia syarat menjadi VO yang wajib kamu punya agar makin semangat untuk belajar

1. Memiliki kemampuan membaca yang baik

Dalam etika jeda, tempo, penekanan kata, jenis suar low,middle atau high baru sesuai dengan koridornya. Termasuk tone suara dan karakter suara dalam membacakan. Jadi enggak asal-asalan ya. Semua ada seninya meski hanya lewat suara saja.

2. Merekam Sample Voice Over dengan Kualitas Baik

Aku kalau ngebayanginnya si VO ini sering update Sample suara yang kemudia diupload di medsos sebagai portofolio jika ada klien yang mau kerjasama udah ada contohnya. Jam terbang sangat menentukan ya teman-teman. Alangkah bagusnya untuk hasil yang memuaskan bisa rekaman di studio yang kualitasnya bagus.

3. Distribusikan Sample Suara ke Berbagai platform.

Nah, memberanikan diri ikutan challenge dan mengirim ke Agency wajib dilakukan deh. Agar skill terasah, pengalaman bertambah dan personal branding ikut terbangun dengan baik. Kamu bisa melebarkan sayap untuk search keyword di google, Agency mana saja, website mana yang bisa anda temukan untuk mengembangkan skill. Kalau Agency, ada Voice Over Agency, Voice Over Marketplace, Freelance Voice Over Platform, sedangkan melalui website bisa juga berselancar ke Project.co.id, Inavoice.com, Freelancer.com, Fiverr.com, Fast Work.id (aplikasi)

Menyenangkan sekali ya, narasumbernya baik hati banget. Kasih tahu platform dan website mana saja yang bisa kita eksplore untuk mendalami lebih lanjut terkait voice over talent. Pernah ikut kelas freelancer, itupun berbayar. Ini malah dikasih gratis. Masha Allah ya, berkah gabung dikomunitas yang kasih fibes positif selalu menyenangkan. 

Tulisan ini belum selesai ya gaes, masih ada lanjutannya lagi. Stay tune buat nunggu tayangan berikutnya ya. Semoga bermanfaat

Related Posts

5 komentar

  1. Aku selama ini suka amaze sama penyiar radio yang suaranya empukable banget sih. Kayak, kok bisa ya mereka punya suara kayak kasur gitu. Pengin nyoba juga tapi kayak yang, apakah diriku mampoe wkwkwkk. Kalau diliat dari syaratnya salah satunya ada kemampuan Membaca yang baik, nah, aku masih kurang di sini nih. Semoga aja bisa deh nanti wkwkkw. Ditunggu kelanjutannya ya kak!!

    BalasHapus
  2. Salah satu profesi impian. Sayang, masih belum terlatih hehe

    BalasHapus
  3. Penasaran kak Win. Artikel ini bakal aku simpen deh untuk aku buka suatu saat nanti, soalnya aku tertarik banget dengan dunia Voice Over talent. Terima kasih banyak kak Windi. Ditunggu kelanjutannya.

    BalasHapus
  4. Dunia isi suara benar-benar berat ya syaratnya, sekalipun menjadi penyiar radio. Aku aja baca masih belibet wkwk

    BalasHapus
  5. Dari dulu aku tertarik banget sama dunia Voice Over talent. cuma belum sepat kucari akhirnya nemu juga info tentang dunia voice over talent, makasih ya mbak. ASemoga aku bisa masuk dunia voice over talent suatu hari nanti

    BalasHapus

Posting Komentar