Tips Mendongeng yang Menarik Metode Interactive Story Telling Bersama Kak Ojan Lewat youtube

Tips Mendongeng yang Menarik Metode Interactive Story Telling Bersama Kak Ojan Lewat youtube

Daftar Isi

Seorang ibu sedang membangun mimpi bisa mendongeng dengan riang

Mengajarkan si kecil pandai story telling sejak dini

Terbersit unutk bisa mendongeng kelas rumahan. Ya, bukan kelas profesional aku mah. Asal bisa membuat anak bahagia dan antusias dalam aktivitas membaca, aku sudah sangat senang. 

Terinspirasi dari beberapa pendongeng, dan akupun suka mendegarkan dongeng, kok terbersit pengen bisa menerapkan ilmunya sedikit demi sedikit. Cuma ya itu, buat aktivitas dirumah saja. Bukan untuk ikut lomba apalagi publikasi. No!

mendongeng yang Menarik


Belajar Otodidak Mendongeng yang Menarik Lewat Youtube

Jaman sekarang mau belajar apa jadi mudah ya. Lewat yutub aku search story telling yang muncul adalah tutorial Kak Ojan. Pendongeng muda yang debutnya sudah profesional. 

Kulanjut mendengarkan tutorialnya di youtube yang hanya berdurasi 11:29. Lumayan, bisa mendengarkan sambil mencatat point penting dari apa yang disampaikan beliau. Baca sampai tuntas ya.

Mendongeng yang Menarik Itu seperti Apa Sih ?

Secara profesional, mendongeng akan lebih menarik jika pendongeng bisa mengubah suara-suara , menggunakan alat peraga dan mengajak pendengar antusias mendengarkan dongeng kita. Sebab, mendongeng itu just tell story guys. Nggak ada alasan untuk tidak bisa melakukan. Buah emak dan bapak atau guru di kelas yang ingin mendongeng untuk mereka, semua itu tidak wajib, sebab itu semua hanya aksesoris dalam mendongeng.

Prakteknya, tetap kok anak bakal antusias jika saat mendongeng aku mencoba menggunakan suara-suara tertentu bahkan beberapa kali menggunakan alat peraga walau dari kertas yang kugambar.

Ilmu mendongeng semakin berkembang searah dengan perkembangan jaman, ada tiga hal yang disampaikan Kak Ojan. Attractive story telling, dramatic dan interactive story telling.

Yang bakal aku sampaikan disini adalah Interactive Story Telling agar membuat mendongen jadi lebih menarik. Yaitu adanya interaksi antara pendongeng dengan yang didongengi.

Bisa dibayangkan ya, mendongeng dengan gaya yang monoton bakal membuat pendengar nggak semangat mendngarkan. Akupun sebagai orang dewasa jika mendengarkan cerita yang nggak ada seninya, pasti pengennya skip aja. 

Berkatan akan hal itu, aku seringnya terkagum-kagum bagaimana pendongeng bisa mengembangkan cerita tanpa menghilangkan isi penuh ceritanya dengan gaya khasnya. Sehingga Kak Ojan memberikan referensi buat kami untuk mencari referensi interactive story telling dari tokoh prang barat. Seperti Dianne Farlette, Donna Washington dan Luann Adams.

Kelebihan Interactive Story Telling ?

Mendengarkan penjelasan Kak Ojan membuka wawasan banget, tips yang diberikan sangat mudah. Tapi, bagiku untuk praktekknya ini butuh jam terbang tinggi, kwkwkkw.

Ada beberapa kelebihan Interactive Story Telling yang bisa jadi catatan banget, menigngat ini mencakup keseuksesan dalam mendongeng.

1. Merangkul semua gaya belajar anak

Paling menarik memang, nomor satu ini. Mengingat gaya belajar anak itu bermacaa-macam seperti auditory, visual, kinestetik atau kombinasi dari ketiganya, metode mendongeng dengan interactive story telling sangat membantu mencapai semua macam gaya belajar.

Ada aktivitas yang melibatkan badan, memperagakan, memvisualisasikan perasaan yang mana itu semua disaksikan oleh mata dan pastinya membuat cerita jadi menarik. Secara tak langsung, pendengar juga bisa ambil hikmah dari dongeng tersebut.

2. Membuat cerita semakin hidup

Nggak hanya lewat tulisan ya, bahwa aksesoris mendongeng ini juga yang akan membuat mendongen jadi lebih hidup. Bisa dikatakan dengan mengkreasikan cerita , isinya jadi lebih berkesan ya. Jadi tidak plek sama teks yang ada di buku cerita. 

3. Sangat cocok untuk memberikan bantuan psikologis anak bencana

Luarbiasa, sampai menyangkut ranah psikologis anak ya. Manfaat mendongeng dengan interactive story telling. Oleh sebab itu, metode ini sangat cocok digunakan untuk anak usia dini.

Langkah Mudah Menyajikan Interactive Story Telling  untuk Mendongeng yang Menarik

1. Lakukan persiapan dengan matang

Memilih cerita yang sudah ada saja, bisa dari buku atau cerita rakyat yang kemudian dikembangkan menjadi dongeng yang menarik. 

2. Menulis ulang cerita dengan pendekatan story telling

Dalam sebuah bahan cerita kan sudah tertulis runut kisahnya, disitu pendongeng bisa memvisualisasikan dengan menambah gaya. Kalau dalam kepenulisan sama dengan memparafrasekan tulisan yang dibubuhi cerita mendramatisir agar cerita semakin kuat.

Sampai sini, adakah yang berani langsung praktek di rumah ?, yuk sharing keseruan mendongeng bareng anak di rumah.

Penutup

Mendongeng yang menarik itu memang butuh jam terbang tinggi, sebab itu latihan terus, praktek dan praktek. Cari referensi sebanyak-banyaknya dimedia sosial, di youtube pun bertaburan kok. Semoga sukses ya prakteknya.


1 komentar

Comment Author Avatar
24/7/22 22:05 Hapus
Wah kebetuln sekali aku lagi suka mendongeng buat ponaan ku, makasih ya kak.