Tips Saat Mengalami Gatal di Sekitar Kemaluan dan Selangkangan

Tips Saat Mengalami Gatal di Sekitar Kemaluan dan Selangkangan

Daftar Isi

Pernahkah teman-teman mengalami gatal di sekitar kemaluan dan selangkangan ? atau gatal di miss v tak kunjung hilang ? Kali ini aku mau cerita tentang apa yang pernah aku alami beberapa bulan terakhir.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama tapi cukup membuat aku untuk memberanikan diri sharing bagaimana menghadapi ketika organ intim pada perempuan tiba-tiba merasa gatal, baik itu di area miss v dan sekitarnya

Gerak Cepat Ketika Merasa Gatal di Miss v Tak Kunjung Hilang

Tak pernah menyangka jika aku beberapa kali mengalami ujian bab ini. Sedih bahkan khawatir bagaimana ke depannya. Sisi lain aku juga kurang pengetahuan bab menjaga organ intim ketika masih gadis. Yang ternyata kulitku ini bisa dikatakan kulit sensitif.

Mencoba menelusur jaman dulu saat masih gadis, aku bukan orang yang mudah buang air kecil di toilet umum. Terlebih jika toiletnya kotor dan tidak bersih. Aku lebih memilih menahannya ketimbang buang air di toilet tersebut. Bertahun-tahun itu terjadi.

Sejak SD, SMP dan hingga kuliah. Itupun kalau buang air kecil belum paham untuk mengeringkan area miss v agar tidak basah. Setidaknya kalau habis buang air ya mengusapnya pakai tissue biar miss v kelembabannya tetap terjaga.

gatal di sekitar kemaluan dan selangkangan

Penting ya teman-teman, bila punya anak perempuan kita ajari bagaimana cara cebok dan mengeringkan organ intimnya. Ketika menstruasi datang, akupun tidak banyak tahu bagaimana cara memakai pembalut, harus berapa jam ganti pembalut termasuk menjaga kebersihan organ intim ketika datang bulan.

Aku termasuk perempuan yang kalau datang bulan darah kotor yang ada cukup banyak. Bahkan untuk hari 1,2 dan 3 biasanya aku harus punya pembalut cadangan agar tidak tembus di rok/ celana yang aku pakai.

Kudu gerak cepat ketika merasa gatal di miss v tak kunjung hilang

Usia 27 tahun kali pertama aku mengalami gangguan miss v gatal. Pemicu yang menjadi dugaanku saat itu adalah ketika menstruasi aku ikut tubing. Eh, enggak tahunya besoknya ada gangguan di miss v ku.

Mungkin juga dikarenakan saat gadis aku tidak paham betul bagaimana merawat miss v ketika sedang menstruasi dan keseharian. Makan, bila merasakan ada yang tidak beres segera berobat ke ahlinya.

Kenapa demikian?

Aku pernah mengalami kejadian yang cukup meresahkan. Disaat pengen nambah momongan tapi ada hal yang membuat kami harus bersabar dulu. Ya itu tadi, miss v merasa gatal dan ini belum sembuh.

Waspada Bila Organ Intim Pada Wanita Merasa Gatal

Kalau perlu tahu kondisi organ intim ya bisa di cek pakai kaca bagaimana kondisinya. Bila merasa ada yang dikhawatirkan saranku periksa segera ke dokter kulit dan kelamin. Kesalahanku yang ini, aku cukup menunda ke dokter spesialis kulitx. Sebab merasa belum butuh dan aku obati dengan obat yang mana obat tersebut hasil konsultasi dengan apoteker.
Nah, kentungan bila periksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin maka akan ada pemeriksaan secara mendetail bagaimana kondisi miss v teman-teman. Sampai sini sudah ada gambaran ya.

Kenapa Harus Ke Dokter Kulit Saat Miss v Merasa Gatal

Biar lebih tenang, periksa ke ahlinya tentu membuat kita puas. Walau pada intinya bukan itu sih essensi utamanya. Sebab, aku pernah juga tiga kali ke dokter kulit belum sembuh juga. Mungkin ini ujian bagiku. Dan kudu telaten untuk terus ikhtiar berusaha sampai gatalnya hilang.

Yang menjadi catatan penting, merawat organ intim tetap lembab, bersih dan para perempuan harus tahu ini. Pernah , aku berobat ke puskesmas dan ditangani oleh bidan, ada beberapa tips yang beliau sampaikan

Cuci underwer tidak boleh pakai sabun

Biasanya, aku rendam underwer menggunakan air panas. Kemudian aku bilas menggunakan air bersih dan mengalir

Cebok dengan tepat

Kalaua wanita, cebok ini dari depan ke belakang. Pastikan pakai air mengalir untuk menghindari kuman yang datang dari air yang kita gunakan.

Saat menstruasi Rajin Ganti Pembalut

Nah, minimal 4 jam sekali harus ganti pembalut ya teman-teman. Supaya organ intim tidak marah dan teriak-teriak minta ganti pembalut. Kasihan kan, kalau berjam-jam kulit suruh bergesekan dengan darah kotor?

Ganti Underwer Minimal 2 Kali dalam sehari

Jangan malas, jangan jorok. Ganti underwar ini penting. Minimal dua kali ganti dalam sehari. Untuk un derwair ini juga usahakan pilh bahan yang katun. Menyerap keringat. Jangan ketat pula, pasalnya kalau ketat ini juga bakal mengganggu kesehatan miss v teman-teman.

Ketika aku menceritakan keluhanku ke dokter, tidak boleh katanya untuk menggunakan sabun khusus yang dikasihkan ke bagian intim. Jadi, jangan mendiagnosa dini terlebih dahuu dan bertindak sebelum kita periksa ke ahlinya. Aku salahnya disitu, hingga sampai kini gatalku belum sembuh.

Tentu, hal ini aku ceritakan ke suami. Dan ada saudara juga yang baik hati membantuku untuk cepat sembuh dengan minum jamu yang sangattttttttttt pahit. Aku tetap meminumnya sampai habis. Ini sudah ketiga minggu.

Kalau terlalu banyak obat juga tidak bagus, apalagi pasti ada obat antibiotik juga. Ya, bagaimana amrih cepat sembuh. Pengobatan tradisional jalan, pengobatan media juga iya.

Berkaca dari kasus ini, kayaknya memang kita sebagai perempuan meluangkan waktu khususu untuk sering cek rutin di dokter agar kesehatan organ intim kita terpantau. Untuk pasangan yang sudah menikah, kalau membicarakan ini tentu bukan hal yang tabu ya. Karena ini juga kebutuhan suami dan istri aku rasa, dengan adanya menuliskan pengalaman ini semoga teman-teman punya rasa peduli lebih untuk cek rutin kesehatan organ intim ke ahlinya.

Mohon doa ya teman-teman semoga aku cepat sembuh dari ujian ini. Jujurly, aku merasa kadang kurang percaya diri sekarang. Kurang leluasa bila berdekatan sama suami. Tapi bismillah, dengan ikhtiar berobat dan menceritakan segala proses ini ke suami, semoga beliau memahami.

gatal di sekitar kemaluan dan selangkangan

Bagaimana dengan pendapat teman-teman ? apakah ada yang pernah mengalami hal sama denganku?, yuk sharing, siapa tahu aku bakal punya insight atas komentarmu di blogku ? Yuk saling bergandengan tangan untuk para perempuan yang sedang mengalami gatal di sekitar kemaluan dan selangkangan wanita. Mari menjaga kesehatan reproduksi demi masa depan rumah tangga kita.

Posting Komentar