Contoh Sampah Organik dan Anorganik

Contoh Sampah Organik dan Anorganik

Daftar Isi

Pelajar, adalah agen perubahan yang memiliki tugas sebagai penyambung estafet kepemimpinan. Termasuk, bertugas menjaga keberlangsungan alam dengan mengetahui berbagai contoh sampah organik dan anorganik.

Sudahkah kamu tahu perbedannya? Mana saja klasifikasi sampah yang termasuk organik dan an organik ?, Yuk pada artikel ini aku akan mengajak kamu membicarakan soal sampah yang sampai detik ini menjadi masalah terbesar masyarakat Indonesia yang belum terpecahkan.

Are you ready, gaes ? Oke, lets gooooo

Contoh Sampah Organik dan Anorganik

Biar kamu lebih paham apa saja yang termasuk sampah organik dan anorganik, simak penjeleasan berikut ya

Sampah Organik

Sampah yang tergolong mudah untuk diurai, karena biasanya sampah ini bisa mengurai dengan sendirinya. Sampah oraganik itu seperti sisa makanan, sayuran dan buah yang busuk, daun kering serta tumbuhan apapun yang ketika dipotong kecil-kecil dan dicampur tanah bakal menjadi pupuk kompos rumahan.

Terbayang tidak, mudah bukan cara mengolahnya ? Ya, bila disekitar rumahmu ada pekarangan cukup luas coba deh bilang sama orangtua untuk membuatkan lubang sedalam satu meter. Kemudian isi dengan sisa makanan, potongan kulit buah, sayur yang tidak dimasak, daun kering kamu masukkan ke dalam lubang itu kemmudian tutup dengan tanah. Dijamin dalam waktu tiga hari sampah itu sudah jadi pupuk.

contoh sampah organik

Sederhana, praktis dan mudah kan membuat pupuk kompos sendiri. Tidak perlu biaya mahal. Yuk mulai bergerak dari rumah supaya permasalahan sampah di Inonesia segerta tertangani. Terutama yang hobi masak, kulit bawang yang sudah dikupas bisa juga dicampur dengan tanah. Nantinya juga bakal melebur dan jadi pupuk.

Sampah Anorganik

Ini dia, sampah yang cukup banyak memberikan PR bagi kita, toh ini juga tugas bersama. Sampah an organik itu seperti plastik, kaca, karet, kaleng, bahan logam.

contoh sampah anorganik

Main tebak-tebakkan yuk. “sampah-sampah apa yang paling banyak dihasilkan setiap harinya?”

Sampah plastik? Ya, benar.

Sampah plastik merupakan sampak jahat yang tidak bisa didaur ulang. Akan sangat berbahaya bila dibuang di sembarang tempat. Limbah plastik yang tak tertangani, bisa merusak ekosistem. Ekosistem yang dimaksud disini ada beberapa mahkluk hidup lain seperti ikan dan bianatang lain, yang mana ketika sampah plastik ini berkeliaran di sungai, laut, hutan, dan tempat terbuka lain bakal mengganggu jalur air yang meresap ke tanah.

Yuk, simak baya limbah plastik bagi lingkungan , agar kamu semakin peduli sama lingkungan. Are you ready guys ?

  1. Menurunkan kesuburan tanah, sebab sirkulasi udara terhalang sama limbah plastik.
  2. Pembuangan sampah plastik bisa menyebabkan aliran sungai tersumbat, dan dapat menimbulkan potensi banjir besar.
  3. Bila sampah plastik dibakar, dan asapnya kita hirup, dapat menyebabkan kanker dan gangguan sistem pernapasan.

Ngeri ya sobat. Sekarang, bila jajan cilok, bakso, penthol, es dan lain-lain apa masih mau menjadi konsumen yang tidak peduli Bila kamu sudah tahu resiko sampah plastik itu sangatlah banyak dampaknya, itu artinya mulai sekarang kita harus berbenah.

Bagaimana caranya Menerapkan Gaya Hidup Minim Sampah?

Bawa Botol Minum Sendiri

Kurangi minum-minuman soft drink, air botol kemasan, minuman bercup supaya tak banyak lagi menghasilkan sampah plastik yang jenisnya lebih tebal dari kantong plastik.

Bawa Bekal Sendiri

Membawa bekal sendiri dari rumah. Membawa kotak makan yang berisi nasi, sayur, lauk dan buah-buahan. Yang justru kamu bakal mendapatkan ntrisi lebih sehat ketimbang jajan di luar. Sesekali boleh tapi jangan terlalu sering. Bagus lagi jika kamu kompromi sama ibu di rumah untuk membuatkan camilan sehat dan dibawa buat bekal. Mantap bukan >

Buahlah sampah Pada Tempatnya Sesuai Jenisnya

Tugas kita sebenarnya cukup mudah, hanya memilah sampah saja sudah termasuk melakukan langkah kecil untuk ikut menjaga bumi. Buang sampah sesuai jenisnya. Tong sampah di sekolah sudah ada petunjuknya kan ? Nah, langsung praktekkan. Bila nampak sampah di jalan yang kamu lewati, segera ambil dan buang pada tempatnya.

Untuk sampah an organik, bila kita tidak tahu mengolahnya bagaimana ?

Bersyukur, ada beberapa komunitas maupun lembaga yang telah lebih dulu pediuli untuk menampung sampah-sampah an organik. Aku bakal kasih tahu kamu dimana alamatnya dan sampah apa saja yang diterima oleh mereka.

Waste4change

Perusahaan pengelolaan sampah besar, yang menerima setoran sampah plastik dan stereofom. Dulu aku pernah ngirim sampah kesana. Tepatnya lupa, sampah apa saja yang bisa dikirim. Pengiriman berbasis aplikasi, jadi bila kamu mau mencoba kirim di daerah terdekat bisa hubungi ke laman waste4change.com.

Media sosial instagramnya juga sangat aktif. Bisa juga kepoin instagramnya. Setahuku waste4change ini berpusat di Bekasi. Tepatnya di Jl Alun-alun utara Rt 002/Rw001 Padurenan Mustikajaya Bekasi 17156

Zerowaste.id_official

Salah satu komunitas yang mengajak masyarakat untuk bergaya hidup #zerowaste. Setidaknya dengan memfollow akun berikut, kamu bisa mendapatkan akses mudah terkait gaya hidup minim sampah. Semakin sering memantau psotingannya, aku rasa mindset kamu bakal perlahan berubah. Buktikan.

greeny_indonesia

Kalau ini di Bogor ya domisillinya. Penggerek gerakan dunia akan indah dengan minim sampah. Komunitas ini trusted ya, karena greeny_indonesia juga pernah mendapatkan penghargaan dari majoo aplikasi

Ecobaliurecycle

Aku tahunya ini joinan sama waste4change, jadi belum banyak aku kepoin.

Penutup

Cukup itu dulu ya beberapa komunitas yang bisa kamu follow buat menambah wawasan dan pengetahuan harus bagaimana kita bergerak untuk belajar gaya hidup minim sampah. Perlahan, kamu juga bakal lebih banyak ilmu jika diawal sudah diniati buat mencintai lingkungan lebih baik lagi. Yuk buktikan, kita bergandeng tangan supaya alam yang kita pinjam tempatnya ini bakal baik-baik saja ke depannya.

Coba kita bayar lebih buat sewa tempat yang kita tinggali? Pasti kia juga enggak bakal mampu membayar uang sewa itu ya kan ?. Tugas kita hanya menjaga alam kita supaya tidak marah dikemudian hari.

Yuk jadi generasi yang peduli sampah. Minimal ya itu tadi, paham mana contoh sampah organik dan mana sampah anorganik yang pastinya bila gerakan konsisten kamu terapkan tiap hari, bakal berguna bagi kehidupan dan keselamatan bumi kita.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Saatnya kamu menjadi agen perubahan bagi bumi pertiwi biar anak cucu kita nanti bisa menikmati keindahan alam yang pernah kita rasakan.

Jaga bumiku, indah negeriku



Posting Komentar