√Kumpulan Lagu Religi Lama Terbaik di Indonesia

Kumpulan Lagu Religi Lama Terbaik di Indonesia

Kumpulan lagu religi lama yang bagiku tetap trend di era kekinian. Bukan melihat siapa penyanyinya, tapi lebih ke lirik dan musiknya itu hlo. Yang membuatku terharu, lebih bersyukur, muhasabah diri dan tentunya mengingatkan diri pada Tuhan sang pencipta segalanya.

Lagu religi islami terbaik yang menurutku harus diapresiasi. Sambil mendengarkan lagunya sambil menyanyi seru ya. Lumayan, bisa buat healing sekaligus me time menambah nutrisi otak bertabur kosakata yang membuat hati tentram.

Kumpulan lagu religi lama terbaik di indonesia

Tanpa babibu, yuk simak kumpulan lagu religi islam terbaik yang tetap viral di era masa kini.

1. Ungu - Bismillah Cinta

Lagu yang ditulis oleh Pasaha Ungu dan dirilis pada 2021 untuk menyambut Ramadhan 1422 H ini merupakan kolaborasi Pasha Ungu dengan Lesti Kejora, BCL dan Noah. Lagu yang dinyanyikan oleh Pasha Ungu selalu the best. Dari laman wikipedia, menyampaikan bahwa 20 jam usai upload di channel yutub saja ada 2juta penonton yang telah singgah. Wow banget ya. Dan memang lagunya ini keren, cocok buat isi qalbu kala ramadhan, Bismillah cinta. Dengan Bismillah dan lillah, apapun ujiannya bakal Allah mudahkan. Itu pesan yang aku simpulkan. Dengan mencintai Rab sang pemilik alam semesta, insha allah ujian yang datang kala Ramadhan membawa berkah.

2. Bunga Citra Lestari - KuasaMu

Aku termasuk yang waktu lagu Kuasamu ini launching ketagihan buat nyanyiin lagunya. Selain ngefans sama BCL sebagai penyanyi terbaik Indoneisa yang aku tahu, suaranya ini memang khas.

Setelah menelusur di wikipedia bagaimana lagu ini, ternyata Kuasamu adalah bagian dari luapan rasa syukur Bunga Citra Lestari atas prestasi karir di dunia menyanyi yang menuai pengakuan bagus. Bahwa apresiasi yang didapatkan merupakan bagian dari Kuasa Sang Maha Pencipta.

3. Anisa Rahman - Muhasabah Cinta

Lagu yang unik menurutku, ketika mendengar suaranya kak Anisa Rahma. Muslimah seumuran yang Cuma beda bulan saja lahirnya, tua-an aku dikit, #apalahini, kwkwkkw. Suaranya emang bagus ya, cengkokan dan nadanya ini tidak mudah bagiku bila mengikuti intonasi dan menyanyikan dengan lirik yang aku lihat di google.

So far, lagu ini memang bertajuk muhasabah cinta yang awalnya dinyanyikan oleh Edcoustik. Kemudian dibawakan oleh Bima Samudra. Yang diminan lagunya ini bermakna deep. Dan tetap aku suka.

4. Noah - Sajadah Panjang

Lagu yang ditenarkan oleh Bimbo pada tahun 1984 ini tetap asyik oleh dibawakan siapapun. Termasuk dibawakan oleh penyanyi kondang NOAH.

Apa yang membuatku terenyuh dengan lagu ini ? salah satunya karena liriknya yang bagian berikut :

Mencari rezeki mencari ilmu
Mengukur jalanan seharian
Begitu terdengar suara adzan
Kembali tersungkur hamba

Bahwa rejeki dalam bentuk apapun itu akan dihadirkan oleh Allah, asal kita tetap mendekat dengannya.

5. Opick – Rapuh

Ini dia termasuk baru, lagu religi yang dinyanyikan oleh opick dalam albumnya yang berjudul cahaya hati ini ternyata penulis lagu Rapuh adalah Arif fajar nasucha.

6. Rossa - Takkan Berpaling DariMu

Lagu kak Rosa mah selalu bagus dan membumi. Siapa saja bisa menyanyikan. Termasuk takkan berpaling darimu. Lagu ini cocok menemani kita saat bangun tengah malam, kemudian ambil air wudlu dan bersujud padanya. Pasrah atas segala masalah yang ada di dunia.

7. Maher Zain - Ramadan

Lagu ini banyak versi ya, ada yang versi bahasa malay, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sempat juga saya suka album apapun yang dinyanyikan oleh maherzain. Yang enggak bisa versi bahasa arab. Jadi kalau mau belajar empat bahasa bisa lewat lagu maherzain ya. Multitalen.

8. ST12 - Dunia Pasti Berputar

Dunia pasti berputar, ibarat roda kendaraan yang mana hidup bakal merasakan puncak kejayaan yaitu berada di atas. Bakal juga berada di bawah. Tunggu waktunya saja. Harus siap menghadapi keadaan.

9. Ungu - Dengan NafasMu

Tem pat mengadu terbaik adalah Allah memang. Dengan menyebut asmanya sebelum tutup usia, sebelum semua harus berhenti karena nafas tak kan berhembus lagi. Aaaargh, menyentuh banget ya.

10. ST12 - KebesaranMU

Memujamu begitu indah. Ya, termasuk lagu ST 12 yang berjudul kebesaranmu ini juga dikagumi banyak orang. Kata-katanya mengena dan musiknya yang pas. Kalau buat komentator lagunya menurutku bagus.

Bagaimana teman-teman. Itu dia kumpulan lagu religi lama yang tetap ngehits di era sekarang. Dan aku rasa setiap lagu religi di atas membawa pesan hikmah tersendiri. Yang pada intinya mengajak kita semua untuk muhasabah diri, mendekat pada Illahi, berserah diri, tawakkal, memperbanyak doa dan teruslah berbuat bagi pada sesama.

Era tenarnya mereka sempat tahu walau tidak secara mendetail tapi dari beberapa judul lagu diatas kurang lebih hampir semuanya aku mengikuti. Pernah sampai ku tulis juga lirik lagunya, kuhafalkan dan bisa jadi teman setia karena liriknya berkaitan dengan kehidupan yang aku alami.

Bisa dikatakan mereka adalah pemegang rekor terbaik untuk lagu religi islami terbaik di Indonesia, mulai dari ungu, ST 12, Maherzain, Opick, Bunga Citra Lestari, Rosa, Noah, Annisa Rahma dan deretan penyanyi Indonesia lainnya.

Menurutku, semakin kesini, lagu yang ditulis yang kemudian dirilis liriknya tak sebagus lagu religi jadul. Coba deh, kita menelusur lagunya Bimbo. Sampai sekarang ada beberapa penyanyi yang membawakan lagunya dengan sedikit modifikasi setiap penyanyi dengan suara khasnya. Ye kan ?

Tahukah kamu, judul lagunya ? Diantaranya : ada anak bertanya pada bapaknya, Rindu kami ya Raasul, Umat manusia bergembira, Rasul menyuruh mencintai anak yatim, Sajadah panjang, Lebaran sebentar lagi dan masih banyak lagi yang lainnya.

kumpulan lagu religi lama terbaik di indonesia

Wah jadi ketahuan ya, kita lahir di tahun berapa kalau ngomongin Bimbo, kwkwkwkwk. Sam Bimbo ini legendarisnya lagu religi, jadi setiap lagu yang dihadirkan bisa menghipnotif para fansnya. Seperti itu kayak dihipnotis saja ya. Audience ngefans pada sosok yang tepat memang.

Samsudin Hardjakusumah nama aslinya, berdasar liputan6.com ternyata beliau sudah menghasilkan 200 album religi. Beliau terjun dikancah musik sejak tahun 1970an, dimana aku belum dilahirkan apalagi sedang diproses. Jauh nian. Cuma menjadi penikmat di era millenial tahu lagunya Bimbo. Bagus-bagus dan lirik lagunya mengena. Membuat orang terpengaruh untuk bersikap baik tentunya. Salah satu cara dakwah mereka melalui lagu dan lagunya selalu di hati audience tentu mengundang kebahagiaan tersendiri ya.

Sekian cerita ngalor ngidulku tentang Lagu religii islam terbaik, terlama dan tetap hits di era masa kini. Aku yakin, ketika mengetikkan di google lagu religi islam viral pada tahun 2022, deretan judul lagu kenangan yang berisi nasehat bijak diatas pasti ada di list yang kamu cari. Buktikan deh







Referensi Pendukung

Wikipedia

Solopos.com

Related Posts

Posting Komentar