Kecakapan Digital, Efektif untuk Menyongsong Literasi Digital Masa Kini dan Interaksi Metaverse

34 komentar

Dunia digital terus berkembang. Membuka ruang seluas-luasnya untuk manusianya bisa melakukan aktivitas apapun yang melibatkan internet. Bekerja, bermain, mengupdate informasi, berolahraga, berbelanja dan segala macam aktivitas online lainnya bakal lebih menantang lagi.

Metaverse bakal memberikan pengalaman baru yang hadir ditengah-tengah kehidupan manusia guna menikmati suatu kecanggihan teknologi, memudahkan aktivitasnya. Perubahan itu akan terus terjadi, manusianya tetap. Menghadapi kenyataan itu, apa yang harus kita siapkan untuk merasakan kebermanfaatan menikmati teknologi internet yang dikemas dalam 3D tersebut ?

Kehadiran metaNesia oleh Telkom Group

Telkom sangat serius dan gercep dalam merespon perkembangan digital dunia. Kehadiran metaNesia yang diluncurkan pada 5 Agustus di Istana Senayan Jakarta pada acara Digiland 2022 adalah sebuah bukti. Dunia digital metaverse yang dilahirkan dengan visi menjadi penghubung ekonomi digital untuk Indonesia semakin baik. 

Targetnya ialah para generasi Z dan millenial. Nah, siapapun bisa berimajinasi dalam dunia virtual dengan aktivitas yang kamu mau. Melakukan kegiatan online sebagaimana kegiatan pada kehidupan yang nyata. 

Menakjubkan bukan? pengguna dimanjakan dengan ruang virtual yang merupakan gambaran masa depan. Gelar konser musik akbar, bekerjasama dengan brand ternama untuk mengembangkan bisnis dan segala macam aktivitas lain bisa dilakukan melalui metaNesia.


Sebagai pengguna internet haruslah bijak dalam merespon perkembangan teknologi itu dengan cerdas dan mawas diri. Terutama bagi masyarakat Indonesia yang menjadi target teknologi metaverse harus cerdas membaca peluang yang bisa mendukung produktivitas dalam berkarya. 

Atas dasar itupun generasi yang disebut harus mawas diri mencermati tantangan apa saja yang bakal dihadapi tanpa melunturkan karakter kebudayaan bangsa dalam bersosial media.

Remaja Harus Mampu Memupuk Literasi Digital Masa Kini Agar Semakin Mumpuni

Saya tertegun saat ada siswa yang bertanya, perihal mengedit file dalam bentuk microsoft word via android. Pada waktu itu saya membagikan lembar data diri yang wajib diisi siswa. Pada kenyataannya, justru saya yang dipusingkan menjawab rentetan pertanyaan yang masuk lewat whatsapp. Pasalnya dari mereka banyak yang tidak tahu caranya. 

hmmm.....

Suatu kondisi yang membuat saya berpikir dan merenung, bahwa keahlian mereka mengoperasikan gadget yang berkaitan dengan editing file word di android masih banyak yang belum paham. Kejadian ini saat pandemi sih, saya berpikir positif saja mungkin keterampilam mereka belum ditahap itu.


Budaya membumikan literasi yang masih sangat kurang bagi anak remaja masa kini merupakan bukti bahwa kemampuan literasi digital masa kini yang didalamnya terdapat kecakapan digital haruslah dipupuk secara konsisten. Baik di luar sekolah maupun di rumah.

Budaya literasi yang dimaksud adalah membaca, memahami, menganalisa, mengemukakan pendapat termasuk dalam menerima informasi apapun agar anak remaja masa kini memiliki kemandirian dalam memutuskan suatu perkara.

Terutama dalam hal merespon perkembangan teknologi dunia. Dibutuhkan sikap yang bijak dalam menghadapi perubahan arus digitalisasi agar pengguna lebih cenderung mendapatkan manfaatnya ketimbang mudharatnya. Terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan pengoperasian aplikasi yang mendukung pembelajaran. 

Kecakapan Digital, Efektif untuk Merespon Literasi Digital Masa Kini yang Kian Berkembang

Kecakapan digital dalam hal merespon literasi digital masa kini harus dikuatkan sejak dini guna menyongsong adaptasi perubahan baru. Supaya skill dalam menggunakan teknologi semakin matang. 

Semua yang berkembang cukup diprediksi akan mempengaruhi emosional, mental dan karakter manusianya kedepannya. Maka dari itu pemerintah juga harus memiliki payung hukum kuat yang mengatur segala aktivitas metaverse agar tidak ada penjajahan karakter, mental dan kebudayaan masyarakatnya.

Mengingat gadget sudah menjadi kebutuhan manusia. Aktivitas apapun di dalamnya harus benar-benar dimanage oleh pengguna. Manusianya yang harus memiliki skill mumpuni untuk menerima arus perkembangan teknologi yang semakin massive.


Metaverse terus dikembangkan oleh Mark Zuckerberg, pemilik Facebook yang berkeinginan melalui teknologi metaverse memberikan kesempatan pengguna bisa menjelajah pribumi ini oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Sentilan informasi yang cukup menegangkan awalnya. Namun setelah digali lebih dalam lagi, manusianya lah yang harus memiliki kematangan menerima perubahan itu.

Metaverse, digital semesta yang dikemas ke dalam bentuk 3D dimana penggunanya bisa melakukan apa yang dia suka seakan-akan berada dalam dunia nyata. Sebagai contoh saat anda mau membeli baju di toko A secara online, anda bisa menjajal baju itu layaknya anda sedang berkunjung ke toko tersebut.

Wah, tentu akan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pengguna. Pasalnya setiap orang yang menggunakan kecanggihan metaverse bisa masuk dalam imagine masa depan melakukan aktivitas yang kita butuhkan.

Kabarnya, metaverse diciptakan agar semua lini kehidupan bisa tersentuh secara lebih luas lagi dan bisa menghasilkan cuan. Itu artinya pasar bebas bakal terjadi. Berbagai macam produk bermerek juga ada. Aktivitas olahraga, membeli tanah, bermain, diskusi, bekerja dan lainnya.

Pengguna bisa masuk ke dalam dunia nyata atau yang kerap disebut Virtual Reality (VR) dengan menggunakan headset atau kacamata berbasis augmented reality (AR) dalam menjelajah Metaverse. Jadi membayangkan saat bermain game samurai bisa pegang samurai beneran 😃

Menjelajah Metaverse Dibutuhkan Fast Internet Provider Terbaik

Tidak bisa dipungkiri bahwa sesuatu hal baru dalam teknologi tetap membutuhkan support di segala sisi. Metaverse masih terus dikembangkan, senada dengan perkara itu pengembangan jaringan generasi kelima bakal diupayakan oleh PT Telkom dengan sebaik mungkin.

Kapabilitas jaringan 5G  tentu lebih baik dari sebelumnya. Mengingat metaverse membutuhkan akses internet yang cepat, butuh provider yang mumpuni untuk menyokong segala aktivitas pengguna mendapatkan pengalaman berkesan dan menguntungkan. 

Kenyamanan pengguna dalam mengakses internet saat menjelajah Metaverse dan keamanan data menjadi prioritas. Peran utamanya adalah provider yang mendukung produktivitas masyarakatnya dalam hal berkarya dan bekerja.

IndiHome Fast Internet Provider yang  Mendukung Aktivitas Tanpa Batas

Kebutuhan internet semakin menjadi. Metaverse butuh jaringan 5G untuk mendapatkan pengalaman menjelajah dunia virtual yang imersif. Pengguna benar-benar merasakan imagine seperti pada dunia nyata yang sebenarnya.


IndiHome, solutif memberikan pengalaman akan layanan provider berkelas yang bisa diandalkan guna mendukung aktivitas tanpa batas manusianya menjelajah dunia semesta secara online menggunakan avatar cerminan diri. 

Kecepatan internetnya yang mencapai 300Mbps serta jaringan fiber optik yang menjadikannya bisa menjangkau seluruh pelosok tanah air juga akan menghadirkan solusi digital. Pembangunan Intelligent Data Center (IDC) dengan Smart & Intelligent Network Security demi terwujudnya keamanan cyber yang tinggi.

Saya yakin, Telkom  mampu mencapai misi itu. Pembangunan infrastruktur jaringan nomor satu di Indonesia yang sangat bisa diandalkan dalam pemenuhan kebutuhan internet masyarakatnya. 

Penutup

Masyarakat secara luas tetap harus mengikuti literasi digital masa kini meskipun bukan menjadi target perkembangan teknologi bernama metaverse. Jauh daripada itu, kecakapan digital juga harus dimiliki oleh masyarakat dari semua generasi guna mengawal segala perkembangan teknologi yang berlaku. Dengan harapan masyarakat lebih menonjolkan sisi positifnya dalam menggunakan internet. 

Didukung oleh akses internet yang cepat. IndiHome, penyedia fast internet provider akan membuktikan.  Adanya perubahan teknologi baru bernama metaNesia yang merupakan replikasi dari metaverse benar-benar dipastikan bisa menjangkau misi Telkom Group bahwa  kehadirannya bisa menjadi penyeimbang ekonomi digital Indonesia semakin luas. 













Referensi Pendukung:

https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID/news/telkom-luncurkan-metanesia,-dunia-baru-untuk-sinergi-bumn,-swasta,-dan-umkm-1729

https://metanesia.id/

https://www.kompas.com/properti/read/2022/03/05/190000421/telkom-bangun-infrastruktur-jaringan-5g-di-ikn-nusantara

https://investor.id/market-and-corporate/282192/jaringan-5g-telkom-group-akan-masuk-kawasan-jababeka

https://katadata.co.id/ratri/video/62e7784edc08b/video-mengenal-metanesia-metaverse-ala-indonesia/

https://adv.kompas.id/baca/ruang-digital-adalah-realitas-kebudayaan-baru-2/

https://digitalbisa.id/artikel/selamat-datang-di-metanesia-kami-menghubungkan-ekonomi-digital-indonesia-Pgz7p

https://www.fortuneidn.com/tech/luky/telkom-rilis-metaverse-erick-thohir-ri-jangan-sampai-tertinggal

https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/624c68b160f17/potensi-adopsi-metaverse-di-indonesia-tergantung-pengembangan-5g

https://www.fortuneidn.com/business/sissy/riset-the-analysis-group-nilai-ekonomi-metaverse-tembus-us-3-triliun



Related Posts

34 komentar

  1. Wah perlu banget ya, Internet cepat di era digital ini. Semua serba online, bahkan kehidupan sebentar lagi sudah berubah dengan adanya metaverse. Jadi perlu dukungan ketersediaan internet cepat

    BalasHapus
  2. Wah metaverse sudah masuk ke Indonesia. Ini berarti masyarakat kita harus lebih melek literasi digital. Salut dengan PT Telkom yang menfasilitasi dengan baik. Harapannya, semakin banyak sosialisasi/pendidikan literasi digital juga ke depannya

    BalasHapus
  3. Mantap nih telkom udah siap ternyata. Jadi penasaran seperti apa metanesia ini

    BalasHapus
  4. Gak sabar era teknologi yang semakin maju, pastinya didukung internet cepat dan lancar yah!

    BalasHapus
  5. Makin paham tentang metaverse setelah baca ulasannya diartikel ini

    BalasHapus
  6. wah kalo Indihome mah gak ada yang ngalahin
    saya udah langganan sejak masih bernama speedy
    dan wuzz wuzzz....gak pernah mengecewakan

    BalasHapus
  7. Metaverse memang keren. Tetapi, bahayanya juga semakin besar kalau kecakapan digitalnya gak mengimbangi. Makanya memang sebaiknya, terus berupaya meningkatkan literasi digital

    BalasHapus
  8. Telkom Group dengan IndiHome sebagai fast internet provider memang cocok untuk menyonsong kehidupan digital yang terus berkembang. Senang banget dengan internet yang cepat segala informasi bisa didapatkan. Terima kasih Telkom Group.

    BalasHapus
  9. Baru tahu tentanh metaverse ini. Bener-bener kudu melek digital ya. Apalagi tentang kecakapan literasi digital memang masih minim. Nice info mbak. Matur nuwun

    BalasHapus
  10. Kedua anak laki-laki ku pun agak kurang literasinya, males baca, males nulis, tapi kalau belajar dengan gaya visual nonton youtube pakai internet gak pernah bosan. Makin canggih aja sekarang ada Metaverse, bakalan diminati kawula muda nih

    BalasHapus
  11. Keren nih Telkom ya dengan Metanesia-nya. Ke depannya memang akhirnya kita akan melek teknologi mau tidak mau jika tidak mau ketinggalan informasi. Aku juga di rumah pakai IndiHome, keren nih

    BalasHapus
  12. Internet cepat di era digital sekarang merupakan sebuah kebutuhan.
    Walau di rumah saja, tapi kalau akses internetnya lancar, rasanya bisa menjelajahi dunia kapan diperlukan.

    BalasHapus
  13. betul, menakjubkan sungguh. pokoknya generasi di atasnya kudu bener-bener belajar. nggak akan ngerjar sih, tapi setidaknya tahulah ya. ini yang terakhir kulihat di tempat kerja. metaverse untuk belanja online. garapan anak-anak muda.

    BalasHapus
  14. Kedepannya hampir segala urusan akan terkoneksi secara digital. Jadi gak heran jika generasi kini wajib menguasai literasi digital sedini mungkin. Melek teknologi, paham akan kebutuhan akibat perkembangan masa. Semoga Telkom bisa menggawangi semua ini lewat produk mereka Metanesia. Dari sini saya juga paham mengapa anak-anak saya kuliah dibidang IT, Computer and Data Science. Karena para professional dibidang inilah yang nantinya dibutuhkan di masa mendatang.

    BalasHapus
  15. IndiHome memang punya akses internet yang cepat. Bagus inovasinya Telkom sekarang ada Metaverse. Moga literasi digital di Indonesia lebih baik dari sebelumnya

    BalasHapus
  16. Setuju mbak, kita harus siap dengan literasi digital ini meskipun mungkin bukan sasaran utama kehadiran metaverse ya. Teknologi berkembang, kita juga harus siap ikuti arusnya

    BalasHapus
  17. Kecakapan digital akan menjadi penopang interaksi masa kini

    BalasHapus
  18. Waaah IndiHome kecepatannya bisa sampai 300 Mbps dan pakai fiber optik ya. Keren nih. Btw aku baru tahu ada metaNesia dari Telkom Group lho, jadi penasaran mau cari tahu lebih jauh selain dari sini

    BalasHapus
  19. Saya baru dengar ada istilah "kecakapan digital". Makasih ya infonya... Btw, keren ya Telkom... Jadi gak sabar pingin nyobain Metanesia nih...

    BalasHapus
  20. Makin kagum dengan indihome.. selain memberikan kemudahan internet cepat, mereka juga dengan gencarnya mengajak pengguna untuk melek literasi digital dan peduli dengan perekonomian digital melalui program Metanesia nya. Keren!

    BalasHapus
  21. Metaverse bagaikan pisau bermata dua ya Mba, emang harus bijak sebagai pengguna. Manfaatkan dgn baik dan ga boleh terlena, smoga dgn adanya metanesia smakin byk yg teredukasi

    BalasHapus
  22. Teknologi kedepannya semakin maju, bahkan Indonesia jg tak mau ketinggalan dgn negara berkembang lainnya.. Smoga dgn kmajuan teknologi ini kita jg bisa ttap mengikuti perkembangan teknologi dgn baik..

    BalasHapus
  23. Dari 4.0 lalu 4.5 sekarang menuju 5.0 aku sih berharap literasi dihital merata ke seluruh masyarakat.

    Betul kata kak Windi supaya skill dalam menggunakan teknologi semakin matang.

    BalasHapus
  24. gak kebayang nih sekarang aja metaverse udah banyak diaplikasikan, gimana beberapa tahun lagi ya. kok jadi deg-degan sendiri wqwq

    BalasHapus
  25. memang penting banget buat kita punya kecakapan digital ya salah satunya biar kita gak mudah dibohongi gitu. untungnya ada internet cepat seperti dari IndiHome.

    BalasHapus
  26. Di era digital kaya sekarang memang perlu banget akses internet yang cepat dan stabil seperti IndiHome. Bagus juga inovasinya Telkom dengan adanya metanesia

    BalasHapus
  27. Semakin meningkatnya revolusi internet yg saat skrg sudah hampir 5.0 sudah semestinya tiap2 individu melek dengan literasi digital ya Mbak, agar kita tidak ketinggalan informasi apa pun saat ini

    BalasHapus
  28. Seru banget dunia metaverse tuh. Aku jadi pingin beli baju online tapi dicoba alias fitting dulu dalam dunia maya juga hihihi. Keren ya semakin ke sini perkembangan teknologi tuh, harus selalu up to date. Jadi gadget dipakai secara maksimal.

    BalasHapus
  29. Saya selalu penasaran menjelajah dunia Metaverse ini, apalagi didukung IndiHome

    BalasHapus
  30. Asyik ya kalau dunia metaverse ini misal mau jalan-jalan tapi nggak perlu ke luar rumah karena sudah ada di metaverse tinggal pakai kacamata aja

    BalasHapus
  31. IndiHome dari Telkom Group ini emang andalan internet Indonesia ya mbak
    IndiHome internetnya cepat dan menyatukan Indonesia

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah ya sekarang di Indonesia mulai ada jaringan 5G. Berharap banget kecepatan internet di sini makin oke, makin cepat lagi. Biar kerja juga jadi sat set sat set :D Keren nih IndiHome ngikutin perkembangan zaman dan teknologi. Semoga Metanesia bisa ngasih manfaat ke banyak masyarakat.. :)

    BalasHapus
  33. Dunia digital yang kian maju jangan sampai ketinggalan ya kak karena zaman tak pernah bisa diajak kembali lagi

    BalasHapus
  34. Betul kak. Selain paham, manusia nya juga harus punya kemampuan dalam mengolah metaverse supaya dampak negatif yang hadir bisa disikapi dengan bijaksaa

    BalasHapus

Posting Komentar