Urus Sendiri Biaya Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan

Urus Sendiri Biaya Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan

Daftar Isi

Biaya Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Samsat Kediri Kota bulan Oktober 2022 yang mana aku urus sendiri membuatku jadi tahu. Ada beberapa hal yang harus dicermati, disiapkan dengan matang supaya sekali jalan sudha langsung beres, berkas aman dan tidak membuang-buang waktu.

Kali ini bakal aku ceritakan detil bagaimana prosesnya perpanjang STNK motor  5 tahunan di Samsat Kediri Kota. Nah, begini alurnya. 

Biaya-Perpanjang-STNK-Motor-5-Tahunan

Alamat Lengkap Samsat Kota Kediri

Bagi teman-teman yang merupakan penduduk baru kayak aku, cari tahu dulu alamat lengkapnya. Aku bisa, teman-teman pasti bisa kok. Maksudnya, bagi para perempuan yang harus mandiri buat urus perpanjangan STNK pasti bisa kok. 

Samsat Kediri Kota bertempat di Jalan Super Semar dekatnya pasar grosir buah dan sayuran daerah Ngronggo. Tepatnynna di Jl. Super Semar No.80, Ngronggo, Kediri, Jawa Timur 64129. Cukup jauh bagi aku yang berdomisili di kabupaten tapi ngurus perpanjangan lima tahunan di daerah Samsat Kediri Kota.

Biaya-Perpanjang-STNK-Motor-5-Tahunan

Buat memastikan, awalnya saya cek plat motor masuk area kota atau kabupaten. Karena plat nomor saya diawali AG XXXX BX, motorku ternyata masuk area kota. Mungkin juga karena KTPnya berdomisili kota juga. 

Bila teman-teman bingung dan masih minim bab beginian, lebih mudahnya, bisa cek lewat aplikasi khusus buat cek kendaraan. Teman-teman bisa search di google.

Pemberkasan Yang Disiapkan Buat Urus Perpanjangan 5 Tahunan Motor

Sebagaimana yang sudah aku sampaikan di awal, jangan sampai berkas yang dubutuhkan kurang atau ketinggalan. Biar sekali jalan bisa langsung selesai urusan hari itu juga.

KTP Asli, STNK, BPKB dan juga duit. Tak perlu membawa stopmap ataupun foto kopi di luar SAMSAT, karena di tempat telah disediakan jasa foto kopi beserta harganya. Sampai ke tempat Samsatnya, langsung ke bagian belakang saja. Ada tulisan besar, cek fisik kendaraan. Nah, disitu nanti bakal ada petugas yang di depan. Bilang saja mau perpanjangan STNK motor 5 tahunan.

Kalau aku, karena dari awal STNK bukan atas namaku maupun nama suami, jadi aku pakai surat kuasa. Yang isinya, menyatakan bahwa aku sebagai pelaksana yang mengurus kendaraan tertera. 

Waspada Pungli di Samsat

Berikutnya, ketika berkas sudah di foto kopi lengkap dan diserahkan pada petugas, tinggal nunggu antrian saja. Buat cek fisik kendaraan oleh petugas. Nah, disini nih bagian yang rawan. Sebab pas aku urus sendiri, petugasnya bilang ada biaya gesek nomor kendaraan dan itu seikhlasnya. Saranku, ngasihnya jangan banyak-banyak. Sebab bila dihitung per orang saja memberi duit cuma-cuma sebesar Rp 10.000 dan bila sehari saja ada 100 orang yang mengurus biaya perpanjangan STNK motor 5 tahunan, ya jelas duit mereka banyak dong. 

Sangat berharap pemerintah menelusur lebih detail dipelaksanaannya. Sebab, bila aku sinkronkan dengan visi dan misi yang tertera di dalam kantor samsat jelas tidak sesuai banget. 

Usai cek fisik kendaraan, parkir disuruh pindah ke sebelah. Yang mana, parkirnya ada biaya Rp 2000 per motor. Sudah banyak ya, uang rakyat disedot. Andai, bila pemerintah berbaik hati untuk samsat tidak dikenakan biaya parkir, alangkah lebih damainya negeri ini. Karena apa ?, pajak motor juga tidaklah murah.

Tahap Berikutnya : Tata Cara Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan

Semakin memanas, usai di cek fisik kendaraan dan parkir motor pada tempatnya waktunya masuk keruang antrian berikutnya. Ruang depannya cek fisik kendaraan. 

Ambil nomor antrian dulu, bilang sama petugas maksud dan tujuan kita apa. Setelahnya, menuju loket penerimaan berkas yang diberikan ditempat sebelumnya untuk mendapatkan panggilan layanan.

Kudu cermat, bebrapa papan informasi harus dibaca dengan benar supaya kamu yang kali pertama masuk tidak nol putul untuk melalui proses berikutnya. Nah, di ruang ini teman-teman harus bersabar. Pasalnya prosesnya memakan waktu cukup lama. Minimal 30 menit dan maksimal 50 menit. 

Alangkah baiknya bila mengurus perpanjangan STNK dan lainnya sediakan aktivitas menyenangkan agar tidak boring.

1. Baca buku di sudut ruang yang disediakan.

Ada beberapa koleksi buku yang bisa teman-teman baca disana. Lumayan, bisa menambah wawasan kita di saat menunggu waktu enggak kebuang begitu saja.

2. Main Game Online di HP

Sudah menjadi hal biasa mungkin, dan pastikan charger HP dibawa bila sewaktu-waktu daya batterai handphone habis.

3. Ajak Teman

Biar enggak suntuk dan menjenuhkan, ajak teman bisa jadi solusi. 

4. Bawa Minum/Camilan Ringan

Aku sih enggak tahu ya, ada aturan boleh tidaknya bawa makanan. Tapi, menurutku tak mengapa bila kita bawa camilan dari rumah. Asal sampah dibuang pada tempatnya dan tidak mengotori ruangan. 

5. Buat Enjoy Saja

Bagi ibu menyusui, jangan khawatir bila urus sendiri di samsat. Ada ruang laktasi yang disediakan untuk memudahkan ibu menyusui anak. Rekomended banget untuk fasilitas di samsat. Lengkap kalau kataku.

Dan waktu menunggu ya stock sabar harus dibanyakin, jangan merasa gimana-gimana karena di ruangan tersebut sudah tertera berapa lama pelayananan di tiap kebutuhan. So, dbuat enjoy saja.

Mengamati jam didinding yang terus berputar, lama memang. Namun, akan merasa lega jika nama kita dianggil buat menuju ke loket kasir untuk membayar tagihan pajak kendaraan bermotor.

Setap bilik ada petugasnya masing-masing. Dan memanggilnya juga bukan satu-satu. Lima orang sekaligus dipanggil ke depan. Waktu aku dan lainnya, lumayan, yang maju cuma aku dan satunya. Jadi waktu membayar taghan tak begitu lama buat antri dan berdiri.

Hanya sayang, total tagihan hanya disebutkan nominal tanpa kita diberi tahu bukti fisik jumlahnya berapa. Jadi, bila mau protes atau menanyakan detil tidak bisa.

Bisanya, di tahap selanjutnya, saat mengambil STNK sementara. Ada petugas polisi yang menangani. Hanya saja karena sudah terburu-buru buat lajut ke proses berikutnya, yaitu antri lagi buat ambil plat nomor, aku tak mencermati betul isi STNK sementara yang diberikan petugas.

Ini langkah terakhir, teman-teman bisa membawa pulang plat nomor kendaraan dengan tenang karena prosesnya bisa ditunggu. Hanya saja, STNK aslinya bisa diambil dua bulan berikutnya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Penutup

Begitulah teman-teman, tata cara mengurus sendiri biaya perpanjangan STNK motor 5 tahunan di Samsat. Butuh kesabaran dan ketelitian dalam bertindak. Supaya di tempat bisa fokus dan menjadikan ini pengalaman berharga.

Sangat disayangkan bila sistemnya tetap seperti ini dari tahun ke tahun. Yang ada nanti rakyat bakal ndablek dan masa bodoh bila sudah waktnya ganti plat nomor dll. Bianyanya saja ada tambahan saat cek fisik kendaraan. Transparansi kurang diterapkan saat membayar di kasir. Boleh dong, diberi bukti dan diperlihatkan ke kitanya habis berapa yang harus dibayarkan saat di kasir. 

Visi dan misi sih tertara cantik di stand banner, tapi kenyatannya tak sebegitu indahnya kayak di banner. Semoga pemerintah melek akan hal ini. Bila terjadi di setiap samsat, petugasnya keenakan dong. Makan uang rakyat dengan cara begitu.

Sudah ya teman-teman, semoga artikelku ini membantu dan bermanfaat. Terutama bisa menembus ke pemerintah kota untuk menerima komentar halus lewat blog ini.





Referensi Pendukung

Pengalaman Pribadi

https://pemerintahkota.com/kode-plat-ag-kediri-blitar-nganjuk-trenggalek-tulungagung/#:~:text=Plat%20AG%20adalah%20plat%20yang,menggunakan%20aplikasi%20cek%20pajak%20kendaraan.

16 komentar

Comment Author Avatar
Me
8/12/22 18:58 Hapus
Saya biasa mengandalkan suami untuk urusan seperti ini...kalau sudah tahu tahapan nya memang jadi lebih mudah ya
Comment Author Avatar
15/12/22 12:48 Hapus
wah, kalau suamiku malah beda, enak urus sendiri sekalian cari tahu dunia di samsat yg sesuangguhnya. Walau tidak semua tempat sistemnya sama seenggaknya kita udah pengalaman
Di Semarang sudah langsung dikasihkan STNK aslinya mbak saat pembayaran. Biayanya juga transparan.
Comment Author Avatar
15/12/22 12:46 Hapus
ditempatku kok beda ya mbak, STNK Asli bisa diambil 2 bulan kemudian
Comment Author Avatar
11/12/22 23:51 Hapus
Perihal pungli udah kays korupsi. Hehe, jelas terlarangnya jelas mengakar di kesehariannya. Semoga lebih banyak lagi orang yang jujur dan amanah, ya.

Kalau dalam salah satu konten di narasi mah "Di bumi ini banyak orang baik, tapi kita butuh lebih banyak lagi"
Comment Author Avatar
15/12/22 12:46 Hapus
ammin, nah itu mbak, mereka prinsip kerjanya beda kali ya,kwkwkwk
Comment Author Avatar
12/12/22 00:41 Hapus
Sekarang lebih mudah dan cepat bahkan bisa online ya Mba utk byr pajak dan ganti plat motor. Sangat praktis
Comment Author Avatar
15/12/22 12:45 Hapus
kalau ganti plat harus di tempat mbak
Mbak ini ganti Plat juga Kan? Biayanya habis berapa ya.. Apa aku skip Baca emang nggak disebutin ya. Aku ganti Plat motor emang agak lama tapi STNK langsung dapat mbak. Mungkin blankonya kosong aja tuh haha
Comment Author Avatar
15/12/22 12:44 Hapus
kisaran 400rb mbal, tergantung tahun motornya
Comment Author Avatar
12/12/22 06:46 Hapus
Kalao STNK Asli memang langsung sepertinya, yang nunggu itu BPKB sama platnya kayaknya dan ga bulanan sepertinya
Comment Author Avatar
15/12/22 12:44 Hapus
STNK ASliku dua bulan baru bisa diambil ki pak
STNK iya mbak dpt langsung (kata kakakku wkwk). Aku belum pernah urus perpanjangan STNK langsung sih. Pernahnya SIM. Aku pikir bakal ribet, ternyata ya agak lumayan hehe tapi cepet juga.
Comment Author Avatar
15/12/22 12:43 Hapus
lumayan juga emang mbak, sekalian riset kecil2an karena ingin tahu yg sesuangguhnya
Comment Author Avatar
15/12/22 11:06 Hapus
Yang suka ngurus beginian biasanya istriku, mbak... Harus tahan banting emang kalau ngurus sendiri... Jangan mudah tergoda bujukan calo, hehehe...
Comment Author Avatar
15/12/22 12:43 Hapus
betul banget pak, kudu cermat langkah demi langkah memang