Ganti Judul dan ALt sendiri

Terkenal Mahal,Mari Persiapkan Dana untuk Kuliah di Jurusan Arsitektur

12 komentar

pinjaman bank
sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/man-using-turned-on-macbook-pro-on-white-printer-papers-110469/

Arsitektur merupakan jurusan kuliah yang mempelajari bagaimana merancang bangunan yang baik dan fungsional. Jurusan ini termasuk salah satu yang memiliki persaingan masuk tertinggi di Indonesia dan biaya yang cukup tinggi, sehingga tidak jarang orang-orang mengandalkan pinjaman bank untuk berkuliah.

Ya, memang faktanya demikian. Apalagi jika berkuliah jurusan arsitektur di kampus ternama, bahkan luar negeri, pastinya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta!

Walaupun dikenal jurusan dengan biaya kuliah yang mahal, karir kerja arsitektur memang tidak main-main. Sebab, banyak bidang yang membutuhkan profesi arsitek. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut akan dijelaskan prospek kerja dari jurusan arsitektur!

Keunggulan dan Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

Jurusan arsitek bisa dibilang selalu dibutuhkan dimana pun. Baik desain bangunan sederhana seperti rumah tinggal hingga perhotelan. Selain sebagai arsitek murni, beberapa pekerjaan berikut ini juga bisa menjadi pilihan karier.

Pengajar

Menjadi pengajar di universitas atau dosen adalah pekerjaan yang menjanjikan. Kesempatan menjadi PNS pun dapat terbuka dengan lebar. Selain mulia, menjadi pengajar juga membuat ilmu yang didapatkan tidak sia-sia.

Menjadi Developer

Developer bertugas untuk memastikan kelancaran sebuah proyek pembangunan yang sedang berjalan. Developer memiliki gaji yang cukup besar, apalagi seiring berjalannya waktu dan pengalaman semakin bertambah.

Konsultan Arsitektur

Ketika kemampuan dan pengalaman sudah mumpuni, Anda bisa menjadi konsultan arsitektur. Pekerjaan ini hanya dapat dilakukan jika Anda sudah menjadi ahli karena kepercayaan klien berperan sangat besar. Membangun konsultan arsitektur juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkembang.

Drafter

Drafter juga merupakan pekerjaan yang dibutuhkan dalam dunia arsitektur. Drafter bertanggung jawab terhadap gambar desain. Anda yang memiliki ketelitian dan kesabaran tinggi sangat cocok untuk pekerjaan ini.

Jurnalis Arsitektur

Semakin pesat perkembangan zaman, tak menutup kemungkinan untuk timbul pekerjaan baru yang dapat Anda coba. Jurnalis arsitektur bisa dilakukan dengan menjadi pengamat dan pengkritik bangunan dan Anda dapat berbagi pengetahuan juga kepada khalayak ramai.

Gaji Rata-rata Arsitek di Indonesia

pinjaman bank
https://www.pexels.com/photo/male-constructor-drawing-draft-on-paper-roll-3760529/

Besaran gaji tentu saja relatif tergantung pada portofolio yang dimiliki, tempat bekerja, hingga pengalaman yang telah ditempuh. Namun, kisaran gaji untuk fresh graduated berada di angka 4 hingga 7 juta. Angka ini akan meningkat seiring sepak terjang Anda di dunia arsitektur.

Senior arsitek memiliki peluang gaji sekitar 15 hingga 50 juta. Jika Anda menangani proyek besar seperti mall, hotel, dan sebagainya, maka gaji pun akan semakin meningkat.

Tips Berkuliah di Jurusan Arsitektur

Jurusan arsitektur termasuk ke dalam jajaran jurusan kuliah tersulit. Selain bakat seni, arsitektur juga tak luput dari kemampuan logika dan perhitungan yang kuat. Tak jarang, mahasiswa bisa menyerah di tengah jalan karena tekanan yang terlalu berat. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai tips berkuliah di jurusan arsitektur.

Minimalisir Kegiatan Organisasi

Organisasi memang penting, tetapi ikutilah dalam batas yang wajar. Janganlah memaksakan diri untuk melakukan segala kegiatan yang ingin diikuti. Arsitektur dikenal dengan tugas-tugas yang menumpuk dan tidak dapat dikerjakan dalam satu waktu atau kebut semalam.

Tugas-tugas dalam jurusan ini harus melewati proses yang panjang seperti konsultasi kepada dosen, dan sebagainya. Buruknya time management karena kegiatan yang terlalu banyak sudah pasti menghambatmu dalam berkuliah.

Merasa Salah Jurusan Itu Hal Biasa

Semua mahasiswa wajar saja jika merasakan salah jurusan. Hal ini dikarenakan tugas yang semakin sulit ditangani. Walaupun begitu, menyerah juga bukanlah pilihan yang tepat. Cobalah untuk mempelajari materi secara mandiri agar pemahaman mengenai tugas semakin bertambah.

Dukung dengan Peralatan yang Memadai

Salah satu faktor yang membuat jurusan ini memiliki biaya yang mahal yaitu peralatan yang harus disiapkan. Arsitektur membutuhkan perangkat seperti laptop dan PC yang mumpuni untuk mendesain bangunan dengan lancar. Itulah mengapa pinjaman bank dapat menjadi solusi untuk menunjang biaya kuliah arsitektur.

Peralatan lain seperti marker, pensil warna, kertas gambar, drawing pen, bermacam penggaris, dan sebagainya juga memiliki harga yang cukup mahal. Selain itu, terdapat juga biaya untuk membeli bahan-bahan keterampilan seperti maket dan komponennya.

Tunjang Biaya Kuliah Arsitektur Hingga Lulus dengan Pinjaman Bank

Besaran uang kuliah bisa berbeda di setiap universitas. Pada umumnya, kuliah arsitektur memiliki biaya sekitar 4 juta per semesternya. Jika diasumsikan begitu, untuk lulus hingga sarjana membutuhkan uang kurang lebih 150 juta dengan catatan kuliah berjalan lancar sesuai waktu yang ditentukan.

Angka tersebut masih berupa biaya pokok, belum termasuk kebutuhan lain seperti peralatan yang dibutuhkan. Berkaitan dengan masalah biaya, tidak ada salahnya mengajukan pinjaman dana KTA untuk kelancaran berkuliah.

Tidak perlu khawatir dengan biaya kuliah arsitektur, DBS KTA menawarkan pinjaman dana yang mudah dan praktis untuk Anda ajukan. Pinjaman dana ini tentunya memiliki banyak kelebihan daripada bank lainnya. Kelebihan dari DBS KTA meliputi:
  1. Pengajuan uang hingga Rp300 juta
  2. Waktu cicilan dapat dilakukan hingga 36 bulan
  3. Memiliki bunga yang rendah, mulai 0.88% flat per tahun
  4. Persyaratan mudah anti ribet tanpa memerlukan dokumen fisik
  5. Approval hanya dalam 3-5 kerja
Persyaratan yang mudah dengan memiliki E-KTP, NPWP, limit kredit bank lain minimal Rp10 juta, berpenghasilan Rp5 juta perbulan, dan berdomisili di Jabodetabek

Dengan Pinjaman DBS KTA, berkuliah menjadi lebih nyaman dan tenang. Jika Anda berminat untuk mengajukan pinjaman bank, informasi lebih lengkap dapat diakses melalui link berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Tenang saja, DBS KTA memiliki proses yang mudah, praktis, dan tidak memberatkan Anda.

Related Posts

12 komentar

  1. Emang nggak menyangkal sih kalau kuliah arsitek itu mihil bingits. Nggak cuma arsitek, semua jurusan kuliah mahal semua sekarang. Belum lagi printilan biaya alatnya. Ya Allah semoga makin dimampukan dalam menyekolahkan anak-anak nantinya. Amiin

    BalasHapus
  2. DBS KTA meringankan para orang tua untuk menguliahkan anaknya, ya, mba. Apalagi ada beberapa jurusan idaman yg memang mahal Yaa biayanya.

    BalasHapus
  3. Duhhh ternyataa terkenal mahalnya memang sudah melegenda yaa jurusan satu ini. Dan ngelihat mahasiswa dari jurusan ini dulu aku pernah mikir lho, mereka kapan mandinya sih :D
    Sekarang serba dimudahkan yaa, mau kuliah bisa pinjaman dulu heheheh beda sama jaman dulu

    BalasHapus
  4. Baru tahu aku. Jadi memudahkan untuk meraih cita-cita, nggak worry pembiayaannya memang. Flat pula cicilannya.

    BalasHapus
  5. Kurusan arsitektur memiliki prospek bagus ya, apalagi kalau mau belajar dan memahami konsep green environment atau rumah hijau

    BalasHapus
  6. Waah jurusan banyak pesaing dan kudu banyak uang. 11/12 kayak dokter 😳

    BalasHapus
  7. Kebetulan suamiku kuliahnya jurusan arsitektur mbak. Selain mahal juga butuh effort bangettt.

    BalasHapus
  8. jurusan yang masih banyak peminatnya sampai sekarang dan biaya kuliahnya juga semakin tinggi yaaa :'D

    BalasHapus
  9. ternyata DBS juga ada program ini ya, salah satunya dapat digunakan untuk biaya kuliah yang semakin melangit
    saat ini biayanya semakn ga msuk akal

    BalasHapus
  10. Pantesan pas kemarin nyari info jasa arsitek untuk buat desain rumah, harganya lumayan juga, ternyata memang perjuangan dalam mencari ilmunya di bangku kuliah ga main-main, ya

    BalasHapus
  11. waaah satu fakultas ni sama aku, kalau aku di teknik sipilnya hihi
    emang sih arsitektur mahal lebih ke printilannya apalagi kalau udah bikin maket waaah...
    tapi aku suka temen2 arsitektur super kreatif

    BalasHapus
  12. Mahal waktu ada tugas bikin maket kayaknya deh wkk
    Tapi kalau pintar memanfaatkan barang yang ada disekitar kemungkinan bisa menekan budget

    BalasHapus

Posting Komentar