√10 Dampak Positif Adanya Internet Cepat Bagi Bahan Ajar dan Dunia Pendidikan

10 Dampak Positif Adanya Internet Cepat Bagi Bahan Ajar dan Dunia Pendidikan

Bagi yang memiliki pekerjaan yang berhubungan langsung dengan teknologi digital, Internet adalah kebutuhan. Seperti saya ini, yang mencari sebongkah berlian dari disrupsi yang dihasilkan oleh internet cepat. Bila sehari saja putus jaringan, auto saya pengen segera beli paket data. Pun kalau di sekolah. Saat butuh jaringan WiFi dari internet provider yang telah dipilih oleh sekolah, segera aku pergi ke ruang komputer untuk mendapatkan akses internet seluas-luasnya.


internet cepat mendukung dunia pendidikan


Begitu penting banget ya kedudukan internet, apalagi dalam dunia pendidikan. Akses Internet cepat merupakan hal wajib yang harus ada sebagai pendukung pembelajaran jadi lancar. Banyak dampak positif internet yang bisa kita manfaatkan. Pun termasuk dampak positif bagi pelajar.

Bersama ini, aku bakal menuliskan 10 dampak positif internet bagi pelajar dan dunia pendidikan berkat akses internet cepat agar kamu semakin pandai dalam memanage penggunaan gadget biar lebih bermanfaat. Didukung oleh internetnya Indonesia, dengan harapan pelajar Indonesia memiliki talenta digital terbaik demi membawa masa depan pendidikan Indonesia yang lebih maju.

Internet, Turut Menyalakan Dunia Pendidikan Semakin Berkembang

Tanpa akses internet setiap hari, apa jadinya pekerjaanku nanti?. Kira-kira begitulah kekhawatiran yang tiba-tiba muncul dalam pikiran.

Sebelum memberikan materi ke murid, biasanya aku browsing dulu informasi kenakalan remaja terkini. Atau informasi apapun yang itu ada kaitannya dengan perkembangan anak dan remaja. Aku baca-baca sampai tuntas yang kemudian aku sampaikan ketika masuk kelas.

Tak lain, upaya ini terus aku lakukan sebagai upaya preventif, membekali diri sekaligus membentengi diri yang kemudian aku transfer pengetahuan itu ke murid agar tujuan utama belajar mereka tercapai dengan catatan perilaku yang baik.


dampak positif internet cepat bagi pendidikan


Sisi lain, kehadiran internet yang didukung oleh internet provider terpercaya sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan kemudahan dalam dunia pendidikan. Apalagi saat kegiatan penilaian formatif dan menjelang ujian praktek kelas 9 bulan maret ini. Sudah pasti akses internet cepat menjadi tumpuan demi kelancaran acara.

Maka dari itu, penggunaan internet yang tepat dalam artian untuk memenuhi kebutuhan belajar dan melakukan pekerjaan akan terasa betapa besar manfaat internet untuk menunjang produktivitas seseorang. Bila semua dilakukan sesuai tugas pokok dan fungsinya untuk mendukung berbagai kegiatan, kehadiran internet ibaratnya menjadi penerang dalam kegelapan. Yang mampu menyalakan segala akses dunia pendidikan semakin berkembang.

Bagaimana tidak, adanya internet kita bisa menjelajah sepuasnya. Melihat banyak berita penting yang bisa menjamah seluruh belahan dunia.

Demikian juga yang harus ditekankan pada pemanfaatan internet bagi pelajar jaman now. Bahwa perkembangan teknologi,adalah salah satu bentuk perubahan yang pasti. Kita harus bersiap diri, mawas diri untuk menerima perubahan itu. Lantaran demikian, apapun aktivitasnya, bijak menggunakan internet adalah sebuah solusi.


manfaat internet cepat untuk pendidikan

Apapun itu, bisa hlo berkat sokongan internet, kita lebih mendapatkan jawaban yang kita mau. Contohnya, sulit mendapatkan jawaban atas pertanyaan sepele (sekalipun) “ ini namanya tanaman apa ya”. Foto tanamannya, searching di google, langsung deh dapat jawabannya.

Aku memaklumi, sebagai pendidik, pelajar masa kini tak bisa lepas dari internet. Karena memang sudah dilegalkan oleh Dinas Pendidikan setempat bahwa murid-murid di sekolah boleh menggunakan akses internet sesuai syarat dan ketentuan.

10 Dampak Positif Adanya Internet Bagi Dunia Pendidikan

Ini dia, keuntungan positif penggunaan internet tepat bagi pelajar yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung produktivitasmu.

1. Kemudahan Akses Informasi

Raihlah cita-cita dan bermimpilah untuk sekolah setinggi-tingginya. Internet memberikan kemudahan akses informasi untuk memantau sekolah idaman dan berbagai hal yang erat kaitannya dengan menambah informasi akademik. Termasuk untuk mengetahui segala macam bentuk info perlombaan, beasiswa atau event penting yang berkaitan dengan sekolah.

2. Kolaborasi dan Koneksi

Memudahkan koneksi dengan guru. Bila ada hal penting yang ingin segera disampaikan, bakal lebih mudah karena lebih cepat dan terhubung berkat internet. Sama juga ketika kamu ingin membangun kolaborasi dengan guru/ teman dalam sebuah project. Makin intensif dalam berdiskusi untuk memutuskan suatu perkara, berkomunikasi pun jadi lebih mudah, bukan?

Apalagi dalam perkara membangun relasi, untuk mengenal dunia serta mendapatkan teman dari belahan nusantara bakal mudah dilakukan dari ujung jari.

3. Memperbesar Inovasi dan Kreativitas

Menjadi media kreativitas dan belajar murid-murid. Manakala ada sesi presentasi, mendukung kreativitas murid-murid dengan membuat sejenis makalah dengan model yang menarik dan tidak membosankan. Kebutuhan mengetik, menggambar, editing video, editing foto serta kebutuhan tugas lain semakin mudah untuk diolah. Memantik pelajar untuk terus berkreasi dan berinovasi sesuai kebutuhan belajar.

4. Mendukung Aktivitas Lebih Fleksibel

Internet memberikan sumbangsih yang besar bagi pelajar dalam dunia pendidikan. Mau memantau kursus online atau baca buku online tetap bisa dilakukan dimanapun. Asal terhubung dengan akses internet kapanpun bisa mendapatkan kemudahan yang diinginkan. Hanya duduk manis ditemani gadget, didukung internet provider cepat segala aktivitas online mudah untuk diselesaikan.

5. Menghemat Uang

Keuntungan yang sering diincar oleh murid-murid adalah bagian ini. Alasan mengemat uang dengan menambah penghasilan bisa dilakukan, katanya. Misalnya, menjual akun game online, menjual hasil design grafis yang telah diolah pun berpeluang belajar jualan online bersama orangtua atau saudara. Itulah jawaban dari beberapa murid yang pernah aku tanya alasan menggunakan akses internet cepat.

6. Mengurangi kejenuhan belajar

Adakalanya ambil jeda sejenak bila jenuh akibat tugas yang begitu menumpuk. Mendengarkan musik berbahasa asing misalnya. Malahan nantinya bisa mengasah kemampuan listening , menambah kosakata sekaligus belajar melafalkan (speaking).

7. Memberikan Inspirasi

Tidak ada salahnya jika keberadaan internet benar-benar kita manfaatnya sebaik-baiknya untuk menambah sumber energi dengan melihat berbagai sosok inspirasi dari belahan dunia. Mengambil sisi positif dari seorang tersebut untuk kita tiru sisi baiknya saja.

8. Memudahkan Cari Referensi Materi

Pasti ya, cari referensi sebanyak-banyaknya bakal lebih mudah didapatkan. Selama internet ada, apapun yang kita cari di Mbah google pasti ada jawabannya. Materi bisa lebih dipahami dengan dukungan referensi dan lebih mengandung arti.

9. Memudahkan dalam menyelesaikan tugas

Tugas akan lebih mudah dikerjakan berkat akses internet yang mana saat mengoperasikan aplikasi tertentu lebih cepat terhubung. Sekarang banyak juga aplikasi pendukung belajar yang bisa dimanfaatkan dengan baik

10. Menyalurkan Hobi

Hobi apapun yang kamu tuju, selama ada internet pasti lebih mudah untuk disalurkan. Bermain musik, menyanyi, menggambar, menulis, broadcasting dan lain sebagainya. Semua akan lebih tersalurkan dengan baik berkat akses internet cepat. Bisa buat channel YouTube, podcast, jurnal belajar versi digital yang itu bisa diolah dengan dukungan internet. Dalam rangka merekam jejakmu untuk menekuni hobi. Asyik kan ?

Itulah mengapa, penggunaan internet akan semakin bermanfaat bila digunakan sesuai tugas dan fungsi secara lebih tepat. Banyak sekali keuntungan yang itu bisa menambah produktivitas dan keberlangsungan dalam menjalani peran.

Tugas pelajar itu ya belajar. Bukan awur-awuran mengakses internet untuk aktivitas yang menjebloskan pada kerugian.

Harapan untuk IndiHome dan Masa Depan Internet Indonesia Dalam Dunia Pendidikan

Kini saatnya kita melirik, penyedia internet provider mumpuni yang memberikan solusi dan kemudahan beraktivitas jadi lancar. Salah satunya untuk mendukung masa depan pendidikan di Indonesia semakin gemilang. Prestasi pelajarnya bertaburan. Kualitas sumber daya manusianya berpendidikan tinggi serta memiliki kualitas (dalam artian skill) manusianya berpotensi menyambut persaingan global era masa kini dan nanti. Intinya, sebagai pendukung melahirkan talenta digital terbaik lah.
Wah, jauh banget ya pemikirannya?. Harus dong 😃
Aku yang sudah jadi emak-emak saja ingin terus bersinggungan dengan dunia internet. Apalagi aku telah merasakan dampak positif berkat akses internet cepat. Masak, kamu kalah dengan cik gu ? hehehhe.
Just Kidding
Bila boleh merekomendasikan, IndiHome saja kalau memang kamu bingung memilihnya. Salah satu produk layanan PT Telkom Indonesia yang punya beberapa keuntungan tiada duanya.

IndiHome, internetnya Indonesia ini memiliki berbagai pilih dan paket internet super cepat, lengkap dan hemat. Tinggal disesuaikan kebutuhannya saja mau yang mana. Yang jelas, sudah banyak pelanggan yang setia bersama IndiHome, internet provider terpercaya.

Berkat kecepatan aksesnya, kemudahan bayar biaya langganan serta digital safety yang buat pelanggan enggak was-was tetap jadi prioritas.

Itulah mengapa, masa depan pendidikan Indonesia menjadi prioritas IndiHome. Berkat kegigihannya, IndiHome optimis untuk menjadi support system terdepan mewujudkan dunia pendidikan semakin sempurna.











Referensi Pendukung



https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220520153055-218-799078/telkom-dorong-daya-saing-generasi-muda-lewat-digitalisasi-pendidikan

https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/6-keunggulan-paket-indihome-ketahui-sebelum-berlangganan




































 

Related Posts

45 komentar

  1. IndiHome benar-benar membantu sih untuk pendidikan, sejak pandemi kemaren tuh terlihat banget bagaimana manfaatnya.
    Apalagi jangkauan luas, sampai ke pelosok juga ada, koneksinya juga selalu stabil, bikin anak-anak belajar dengan nyaman, dan sangat bermanfaat buat dunia pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. inisiatif IndiHome untuk menjamah selluruh pelosok patut diacungi jempol

      Hapus
  2. Saya berlangganan Indihome sejak masih bernama Speedy dan terasa banget manfaatnya untuk anak anak
    Tugas dari guru bisa cepat diselesaikan
    Gak pakai lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman Speedy, sy masih SMK ambu, praktik kerja di telkom klaten, hihihi

      Hapus
  3. sepakat dengan kesepuluh-sepuluhnya.. bhawa internet saat ini adalah pangkal dari segala kebutuhan digitalisasi dunia pendidikan yang makin maju dan berkembang.

    semua kelebihan penggunaan internet dalam dunia pendidikan dapat dicapai dengan konektifitas jaringan yang cepat dan stabil

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat berharap setiap orang lebih fokus ke produktivitas dlm menggunakan internet

      Hapus
  4. Alhamdulillah, kehadiran internet membawa dampak positif di dunia pendidikan ya, Mbak. Tapi memang harus dimanfaatkan dengan baik dan bijak. Misalnya, kalau dulu untuk mencari bahan bacaan itu harus ke perpustakaan yang kadang jauh, sekarang tinggal browsing di internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, bisa dikombinasi antara brwosing di internet dan main keperpus buat ngenet, hhhe

      Hapus
  5. Internet bila dimanfaatkan dengan baik, dampaknya memang positif untuk kitanya karena bisa menghasilkan cuan, belajar dengan lebih mudah tanpa terbatas tempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar adanya mbak, kalau yg tahu ilmunya, ngadep depan laptop dukungan internet cepat bisa dpt cuan juga kok

      Hapus
  6. Keberadaan internet menjadikan guru, orang tua, dan murid makin mudah menemukan bahan ajar dan menemukan solusi ata permasalahan dalam pembelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua pihak merasa diuntungkan ya pak adanya internet. Hemat waktu buat berselancar

      Hapus
  7. Ah sepakat sekali bu. Proses mengajar sangat terbantu dengan adanya internet yang cepat dan stabil, baik online maupun offline tak masalah

    BalasHapus
  8. Anak-anak jaman sekarang sudah lekat dengan gadget. Tugas kita mengarahkan agar gadget dan internet memberikan pengaruh positif khususnya dalam pendidikan. Apalagi untuk para pendidik, internet menjadi sumber belajar untuk membuat bahan ajar yang baik agar siswanya semakin pintar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nambah referensi buat cik gu biar enggak kehabisan bahan

      Hapus
  9. Akses ke informasi lebih mudah dan cepat ya dengan Indihome.
    Dengan internet yang cepat, siswa dan guru dapat dengan mudah mengakses informasi terbaru dan terpercaya yang berkaitan dengan topik yang sedang dipelajari atau diajarkan.

    BalasHapus
  10. Internet sangat memiliki peran penting dalam keberlanjutan pendidikan ya mbak
    Apalagi akses internet cepat dari IndiHome ini, membantu proses pendidikan bisa tetap lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, inernet cepat, cari bahan ajar jadi sat set

      Hapus
  11. Setuju banget internet memang sesuatu banget. Gak kebayang apa jadinya jika seminggu aja gak ada internet. Hampir semua aktivitas saat ini terhubung dg internet dan adanya internet dg koneksi cepat sangat membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehari saja putus dg internet auto galau aku mbak, pasti langsung mencari cara agar terhubung terus sam iinternet

      Hapus
  12. Alhamdulillah, dengan adanya internet, kita semakin dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi yang membuat kita bisa belajar dengan lebih banyak lagi (Zen)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semua jadi lebih mudah berkat internet, terutama dlm mendukung aktivitas belajar mengajar

      Hapus
  13. Internet cepat emang sudah jadi barang wajib ya mbak sekarang ini. Aku juga pakai IndiHome di rumah dan terbantu banget buat pekerjaanku.

    BalasHapus
  14. Kebayang nyamannya belajar online saat pandemi ini bener-bener terbantu sekali.
    IndiHome membuat segalanya menjadi lebih simple dan mudah. Gak pake ovt gimana-gimana, ayem di rumah dengan aktivitas yang sama dengan belajar di sekolah.

    BalasHapus
  15. Peran internet untuk kebutuhan pendidikan memang cukup luar biasa. Karena di internet bayak tambahan informasi yang membuat anak-anak bisa memperdalam materi. Bahkan dulu waktu sekolah, guru-guru juga mengolaborasikan proses pembelajaran dengan pencarian informasi di internet.

    BalasHapus
  16. Internet banyak banget ya manfaatnya pada dunia pendidikan. Aku baru tahu lho rupanya akun game online itu bisa dijual juga, canggih ya pemikiran anak-anak zaman sekarang. Masya Allah semoga dampak internet banyak memberikan dampak positif.

    BalasHapus
  17. Bener banget mba, aku setujuu karena aku pun banyak dapat inspirasi juga darii internet, browsing, baca bukuu digital, banyak dehh

    BalasHapus
  18. Internet memang sepenting itu sih untuk mengemban pendidikan. Banyak bahan ajar yang terdapat dan bertebaran di internet. Segala persoalan pun ada jawabannya di google. Akses dan koneksi internet bakal jadi pendukung, kalau lemot bakal menghambat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, karena mencari bahan ajar juga jadi lebih mudah, jadi banyak referensi ya, supaya murid juga tertarik untuk mengikuti proses belajar mengajar, jadi gurunya lebih kreatif ya
      Salut deh dengan para Guru

      Hapus
  19. Dalam dunia pendidikan, peran internet memang tidak diragukan lagi, terutama saat pandemi.
    Sejak awal pandemi, karena tuntutan sekolah daring anak-anak, saya harus berlangganan internet di rumah. Dan pilihan saya jatuh ke indiHome. Alhamdulillah hingga kini masih setia dengan indihome. Selain terjangkau, aksesnya cepat, juga no komplain sejak pertama pasang. Puas banget milih indihome. 

    BalasHapus
  20. Memang tak bisa dipungkiri manfaat IndiHome penyedia internet cepat ini sih ya mbk. Dah terbukti apalagi selama pandemi kemarin

    BalasHapus
  21. Akses ke dunia luar terbantu sekali dengan internet, mulai dari pengetahuan, informasi-informasi yang unik dan lain sebagainya

    BalasHapus
  22. Dengan internet, akses ke dunia luar sangat terbantu sekali. Ditambah lagi informasi yang unik dan lain sebagainya

    BalasHapus
  23. Peran internet memang sangat besar ya kak, terutana di dunia pendidikan ketika pandemi kemaren. Ngga bisa dibayangin kalau internet ga ada..

    BalasHapus
  24. Sepakat banget ini. Nggak kebayang kalau dulu sepupuku nggak pakai IndiHome, entah bagaimana mereka menjalani SFH saat masa corona

    BalasHapus
  25. Siswa pastinya bisa makin kreatif, dengan adanya internet. apalagi kalau ada penugasan yang benar-benar mengajak anak untuk bisa membuat suatu kreasi

    BalasHapus
  26. wah keren nih IndiHome, memang jadi andalan untuk internet cepat ya, saya pun juga banyak terbantu

    BalasHapus
  27. Internet memang jadi support system bgt di era sekarang dalam hal pekerjaan, pendidikan dan lainnya. Salut deh kalau dunia pendidikan bisa memaksimalkan internet untuk menunjukkan dampak yang positif. Guru yang membimbing juga ngga kalah keren!

    BalasHapus
  28. Bagi dunia pendidikan di era digital, kehadiran internet memang sangat membantu ya mbak. saya pun merasakan hal tersebut, terlebih lagi masa-masa pandemi kemarin.

    BalasHapus
  29. semakin berkembangnya teknologi dan internet, kayaknya mau mengetahui informasi apapun makin mudah ya. Seperti kata mbah Windi ini, mau tahu tentang sesuatu, semudah foto, terus tanya di mesin pencari, langsung ketemu jawanannya.
    Tapi dibalik itu, tentu internetnya harus lancar hehe..untunglah ada IndiHome ya. Emang jagonya internet cepat, jadi no worries.

    BalasHapus
  30. kebutuhan akan internet memanng membantu banget di segala lini ya kak. Apalagi providernya indihome, provider internet terbaik

    BalasHapus
  31. Emang internet tuh bagus buat pendidikan asal dimanfaatkan dengan baik. Apalagi saat pandemi kemarin, dengan di rumah saja aktivitas belajar mengajar masih tetap bisa berlangsung dengan adanya internet.

    BalasHapus
  32. Internet sudah jadi kebutuhan saat ini ya mba.
    Dengan internet kita dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi dan belajar banyak hal. Btw aku juga pelanggan Indihome sejak lama lho

    BalasHapus

Posting Komentar