Jarang Berkedip, Aku dan Raditya Dika Mengalami Mata Kering

27 komentar

mata kering , raditya dika

Pengalaman mata kering karena terlalu lama menatap layar. Aku merasakan hal yang sama kayak yang dialami Raditya Dika. Pemilik nama lengkap Dika Angkasaputra Moerwani Nasution pernah berbagi pengalaman saat mengalami mata kering karena terlalu lama menatap layar.

Meski kejadian yang diceritakan sudah cukup lama. Akibat jarang berkedip karena terlalu lama menatap layar. Raditya Dika mengalami mata kering ( tahun 2003). Berita ini turut menjadi peringatan keras bagi saya.

raditya dika alami mata kering

Merasa mata sepet, gatal dan parahnya lagi, waktu bangun tidur mata terasa berat dibuat melek. Saya bingung. Itu benar-benar gejala mata kering atau sekedar kecapekan.

Waspadai, Berikut Gejala Mata Kering Pada Umumnya

Tidak puas membaca cerita Raditya Dika di media sosial. Saya mencari literasi lain terkait gejala mata kering. Mengutip dari laman jec.co.id, lonjakan pasien yang mengalami mata kering (dry eye) semakin meningkat.

mata kering karena terlalu lama menatap layar

Tahun 2022 saja, lonjakan itu mencapai angka 62%. Dan, empat tahun terakhir, JEC telah menangani 4000 pasien yang mengalami gangguan mata kering.

Mata kering, tak bisa disepelekan ya teman-teman. Ini sekaligus, pengingat bagi saya juga.

Gejala mata kering, umumnya, seorang merasakan gatal, terasa ada yang mengganjal, lengket, terdapat kotoran, sering merah, berair, ada sensasi berpasir, dan sering merasa ingin mengucek mata terus.

Mungkin, dari beberapa gejala tersebut, tidak semuanya akan dialami oleh teman-teman. Meskipun demikian, tetap harus waspada. Sebab mata kering yang tidak segera di atasi. Akan mengakibatkan permukaan mata mengalami peradangan atau infeksi.

Kerusakan itu, ada yang tergolong ringan bahkan sampai berat. Bisa menahun dan mengalami kerusakan yang bersifat permanen, imbuh DR. Dr. Tri Rahayu, SpM(K) FIACLE. Dokter Spesialis Mata sekaligus ketua Contact Lens Service JEC Hospital dan Clinic.

Sebagai blogger, saya kerap menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop. Entah melakukan drafting, riset keyword, mencari referensi bahan artikel, melakukan proses design dan editing tulisan, atau melakukan kegiatan online lain.

Tidak mungkin, saya kemudian menghukum diri untuk puasa tidak mengoperasikan gadget sama sekali. Sebab, gadget merupakan alat bantu yang saya manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan online, sehari-harinya.

fakta mata kering

Terlalu menatap layar, salah satu pemicu mata kering karena aktivitas berkedip jarang saya lakukan. 

Dari situ, saya harus mengubah cara/ kebiasaan buruk yang biasa saya lakukan ketika mengoperasikan gadget. Dengan mengubah gaya hidup sebagai berikut :

1. Tidak boleh sambil tiduran saat mengoperasikan gadget.

Dampak utama yang sangat membahayakan yaitu ditakutkan HP terjatuh dan mengenai mata. Hingga membuat mata jadi cedera. Lama-lama, kualitas kesehatan mata juga akan menurun.

Selain itu, mengoperasikan gadget sambil tiduran maupun rebahan yang dilakukan dalam jangka waktu lama, membuat kesemutan bagian tangan terutama siku-siku. Ini telah aku rasakan, akhir-akhir ini.

Begitu juga dengan tulang bagian punggung. Akan mudah merasakan nyeri yang berujung mengganggu aktivitas sehari-hari. Bergerak jadi kurang nyaman, karena ada bagian sendi yang sarafnya geser karena tidak sesuai pada tempatnya. Kalau dalam bahasa jawa, saraf kecetit, namanya.

2. Membuat jadwal screentime yang tidak memaksakan diri

Segala hal yang berlebihan itu tidaklah baik ya. Namun, jika menggunakan gadget sudah menjadi pekerjaan sehari-hari, tetap harus punya cara jitu untuk merawat kesehatan fisik.

Agar tidak terlalu lama duduk depan laptop/komputer, bisa dengan memberikan jeda beberapa menit untuk melemaskan otot dengan gerakan khsusus. Di youtube banyak itu, referensi video senam melemaskan otot akibat seharian di depan laptop.

Patuh terhadap jadwal screetime, akan membuat kesehatan fisik lebih terjamin. Demi investai kesehatan jangka panjang, ya nggak ya?

3. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga yang di sertai dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat butuh terus diupayakan. Mungkin, diawal akan terasa berat untuk membangun kebiasaan rajin berolah raga.

Ketika sudah menemukan big why, kenapa harus rajin berolah raga. Bisa menjadi awal untuk menjaga konsistensi dan melakukannya secara terus menerus. Minimal, seminggu sekali ada aktivitas oleh raga yang dilakukan. Jangan lupa, konsumsi air putih juga harus cukup

4. Periksakan kesehatan mata ke dokter

Dengan mengira-ngira mata kita sehat atau dalam kondisi sakit. Tak bisa mendiagnosa sendiri tanpa berkonsultasi dengan ahlinya ya. Ketika mengalami gejala mata kering, baiknya memang berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan obat yang tepat

5. Memberikan Obat Tetes Mata Kering

Nah, memberikan obat tetes mata kering sebaiknya tidak diberikan dalam jangka waktu yang lama. Obat tetes mata bersifat sementara ya. Apalagi jika diserta gejala mata merah, baiknya poin ke 4 harus dilakukan terlebih dahulu.

Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering

Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering


Insto dry eye 7,5ml, obat tetes mata untuk mata kering. Tiap ml, mengandung zat aktif hidroxyprophylmethyl selulose dan benzalkonium chloride.

Obat tetes mata ini tergolong obat keras. Meski obat mata kering ini bisa ditemukan di sembarang apotek. Sebaiknya, tetap konsultasikan ke dokter agar lebih aman untuk memakainya.

Ingat ya teman-teman, hanya untuk pemakaian obat luar dari badan ya. Mata adalah jendela dunia, tidak boleh sembarangan memilih obat tetes mata.

Secara khusus, insto dry eyes ini memang especially, buat pasien yang menderita gejala mata kering. Bisa menjadi teman pilihan sebagai #SolusiMataKering .

Insto dry eye telah mengantongi BPOM, dengan nomor registrasi DTL1438202146A1. Paduan warna hijau dan biru pada kemasan luar insto dry eye milik PT Pharma HealthCare (Insto) memberikan harapan besar. Pasien berhak mendapatkan kualitas kesehatan mata yang lebih baik. Aman dan segar, kira-kira begitulah paduan warna hijau dan biru jika diartikan.

Catatan penting. Mata akan terasa pedih dan panas, jika digunakan secara berlebihan.

Jika satu bulan setelah dibuka perlu di cek dulu fisiknya. Apalagi jika menemukan obat tetes mata ini berubah warna, lebih baik tidak digunakan lagi.

Pakai sesuai petunjuk dan anjuran sih. Agar mata tak mengalami iritasi.

Alhamdulillah, saat meneteskan #InstoDryEyes di kedua mata, mata cukup ringan setelahnya. Rasa gatal mulai menghilang. Jika gejala menghilang, saya akan menghentikan penggunaannya.

Biasanya, saya juga kompres mata dengan air hangat. Untuk menghilangkan kotoran bekas make up dan debu akibat seharian beraktivitas di luar. Tips mata kering dengan dua cara ini lumayan mengatasi gejala mata kering. 

Saat ini, saya bisa beraktivitas di depan laptop tanpa worry yang berlebihan. Sembari mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat dari sebelumnya.

Ketahui Bahaya Mata Kering, Jangan Sampai Menyesal Kemudian Hari

Sejujurnya, semakin dalam saya mencari tahu bahaya mata kering yang tidak segera ditangani, pikiran saya penuh dengan hal-hal negatif.

Tapi, jika semakin lama saya menunda mencari tahu tentang bahaya mata kering. Bisa jadi, saya akan menyesal di kemudian hari.

Satu anggota tubuh mengalami gangguan, akan menurunkan kualitas hidup lainnya. Jika mata bermasalah, yang ada percaya diri juga ikut menurun.

bahaya mata kering

Mata, tempatnya ada di depan. Jika nampak tidak sehat ya pasti akan menjadi sorotan mata orang lain yang memandang.

Segera cek, jika gejala mata kering terjadi pada teman-teman. Yuk segera ambil tindakan.

Mata kering, bisa terjadi oleh siapapun. Tidak hanya menyerang pada lanjut usia saja. Secara akal pikiran, jika kebiasaan sejak muda mengoperasikan gadget tidak pada kebiasaan yang tepat. Masih pada usia muda, bisa saja kena gejala mata kering.

Ketika permukaan mata tidak cukup air, otomatis mata akan lebih mudah mengalami infeksi.

Jika kondisi itu sudah ada sejak lama dan berlarut-larut tidak segera ditangani. Akan mengalami peradangan pada mata. Permukaan kornea mengalami abrasi.

Abrasi kornea ini terjadi karena ada benda yang menyentuh kornea mata. Entah akibat debu yang masuk ke mata, pengaruh make up yang tidak bersih saat membersihkan atau pengaruh obat kimia yang tidak sengaja mengenai mata.

Makanya, mengaplikasikan apapun dekat area mata wajib hati-hati. Termasuk menggosok mata yang terlalu kuat juga tidaklah bagus.

Bahaya lainnya, mata mengalami ulkus kornea. Suatu kondisi, kornea mata mengalami luka terbuka. Biasanya, ulkus kornea ini disebabkan oleh penggunaan lensa mata dalam jangka panjang.

Terakhir, bahaya paling menakutkan adalah buta selamanya. Apabila mata kering tidak diatasi

Penyebab Mata Kering

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Slogan yang umum dan semuanya tahu akan hal itu.

Sebagai blogger, merasakan betul bahwa faktor usia turut menjadi pengingat. Saat beraktivitas tak sesuai dengan kebiasaan baik di depan layar laptop, justru akan mengundang masalah baru.

Bukan hanya mata yang akan terganggu. Karena terlalu lama duduk bekerja. Tanpa diimbangi dengan olah raga dan makan makanan sehat, mustahil jika seiring bertambahnya usia fungsi anggota tubuh tetap prima.

Makanya, ketika gejala mata kering mulai dirasakan. Segera ambil tindakan. Dengan mengetahui faktor yang memicu risiko mata kering. Akan memudahkan dalam mengambil kangkah awal pencegahan.
  1. Kekurangan vitamin A
  2. Perubahan hormon karena mengkonsumsi pil KB, hamil dan menopause
  3. Faktor lingkungan, sering menggunakan AC, polusi udara, udara panas
  4. Penyakit autoimun
  5. Jarang berkedip (terlalu sering menatap layar gadget)
  6. Menderita penyakit Diabetes Melitus

Penutup

Mata, organ tubuh yang sangat vital. Sebagai wujud rasa syukur, menjaga fungsi mata sebagaimana mestinya adalah tugas kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Apalagi, mata adalah sumber kehidupan yang menjadikan manusia bisa menikmati segala keindahan yang ada di dunia ini.

Makanya, jangan sampai mata mengalami keluhan. Yang berujung pada mata kering. Sebab, pengobatan mata kering tergantung pada gejalanya. Ringan, sedang atau berat.

Manusia bisa berikhtiar. Dengan melakukan pengobatan yang optimal, keluhan mata kering dapat dikontrol dengan baik.

Mulai sekarang, yuk, lebih aware lagi dengan kesehatan mata. Meski terlalu sering menatap layar. Sebisa mungkin tetap memperhatikan beberapa hal di atas agar drama mata kering bisa ditaklukkan. Jangan lupa berkedip jika di depan layar, hhhhe. 










Referensi Pendukung

www.halodoc.com
https://jec.co.id/id/eye-condition/dry-eye-0
https://www.alodokter.com/mata-kering
https://jec.co.id/id/article/mata-kering-yang-tak-tertangani-dapat-akibatkan-kerusakan-permukaan-mata

Related Posts

27 komentar

  1. Mata kering sering menatap gawai, yuk kita jaga indera penglihatan kita, agar dunia yang indah ini bisa kita saksikan dengan mata yang sehat

    BalasHapus
  2. Wkwkwkwkwk jadi inget sama reelsnya Radit pas itu dia ngga kedip samsek LOL. kepikiran aja nih kak Windi hahaha. kemarin ibuku juga pas mata kering banget coba ke dokter alhamdulillaah katanya disuruh netesin pake obat mata aja sih, hihi.. dokternya bilang Insto aja cukup ini Bu hihi..

    BalasHapus
  3. Insto produk andalan untuk mengatasi masalah mata, dirumah juga tersedia Insto

    BalasHapus
  4. Mata kering ini memang rentan dialami oleh penulis dan blogger ya Mbak. Termasuk saya juga. Makanya saya sangat mewaspadai hal ini. Salah satu yang saya lakukan juga mengatur jadwal menulis, agar tidak terlalu lama berhadapan dengan layar laptop dan hape.

    BalasHapus
  5. beberapa hari ini, saya pin merasa mata kok rasanya aneh saat bangun tidur, susah buat melek dan kalau dipaksakan tuh kerasa ada yang mengganjal. Jangan-jangan ini pertanda mata kering juga ya, karena memang hampir seharian selalu mantengin gadget.
    Hmm... harus mulai mengubah pola dan gaya hidup berkaitan dengan gadget nih

    BalasHapus
  6. Senjataku nih Insto Dry Eye karena mata saya sering banget sepet dan gatel-gatel
    Nah kalo udah gitu, rasanya pingin ngucek mata yang bikin mata bermasalah
    Untung ada Insto Dry Eye yang membantu mata segar dan nyaman kembali

    BalasHapus
  7. Betul kak, lonjakan dry eyes makin meningkat sekarang krn aktifitas orang jg banyak berubah dengan menatap layar laptop atau ponsel lama2.

    BalasHapus
  8. Mata kering emang menyiksa ya, bikin kita tidaknyaman. MAta kering merupakan salah satu gejala "computer vision syndrome" yang sudah pernah aku ulas di blog aku.
    Kalau aku sih sering banget mengalami mata kering pas nyetir mobil, maklum full AC terus. Tapi itu dulu... Sekarang sejak aku sediakan insto di mobil.... Gejala mata kering sudah teratasi. Insto emang the best dari dulu...

    BalasHapus
  9. Selama ini banyak orang menyepelekan dry eyes, padahal selain ga nyaman dampak jangka panjangnya cukup serius ya..
    Kesehatan mata sama pentingnya dengan kesehqtan anggotabtubuh lain, jadi baiknya harus lekas di antisipasi jika sudah muncul gejalanya

    BalasHapus
  10. Setuju banget untuk tetap bijak dalam menggunakan gadget karena sebagai pekerja digital,, pastinya sangat bergantung dari gadget. Insto dry eyes sangat membantu sekali untuk mengatasi gejala gak nyaman ketika mata kering dan permasalahan mata lelah hingga merah.

    BalasHapus
  11. Blogger juga rentan terkena mata kering karena harus menatap layar gadget lebih lama. Tapi untung ada Insto Dry Eyes andalan banget mengatasi mata kering ya mba

    BalasHapus
  12. Duh kebiasaan burukku nih baca gadget sambil rebahan, akhirnya tanganku sakit karena lelah
    bener kok menatap layar berlebihan ini sepet juga di mata, tapi ya bagaimana lagi secara tuntutannya begitu kalau ga gitu kerjaan ga selesai-selesai ya

    BalasHapus
  13. jarang berkedip ini bahaya banget ya buat kesehatan mata apalagi bagi kita nih yang emang kesehariannya lekat dengan layar, duuh wajib banget ya sedia Insto Dry biar jadi teman setia setiap saat :)

    BalasHapus
  14. Kalau terus2an melototin layar laptop pasti jadi jarang berkedip. Untung ada insto, bisa jadi pelumas di saat mata kering

    BalasHapus
  15. Segampang itu ternyata sebagai ikhtiar menjaga kesehatan mata, ya, Kak. Ya, tapi saking keasyikan kadang lupa juga nih berkedip. Alhamdulillah ada produk Insto Dry Eyes yang bisa menjadi temen setia saat mengarungi dunia digital yang rentan alami mata kering.

    BalasHapus
  16. Nita Juwithafina17/1/24 11:05

    Jaman masi kerja sering banget iritasi mata. Kayaknya pengaruh AC dan juga depan laptop ber jam-jam. Tapi aku selalu stok insto untungnya

    BalasHapus
  17. Wahyuindah17/1/24 18:53

    Memang berkedip bisa jadi jalan ninja biar mata gak kering ya mbak. Bisa latihan tuh sekalian merileksasikan otot kelopak mata

    BalasHapus
  18. Sip, oke. Aku jadi nangkep dua ilmu baru, yaitu harus sering berkedip ketika di depan layar laptop maupun hp dan kompres mata dengan air hangat. Terima kasih infonya kak.

    BalasHapus
  19. Nah itu dia mba menggunakan gadget sambil rebahan tuh bikin mata kering ya dan kesehatan mata teranggu. Padahal memang enak rebahan sambil main gadget, tapi beresiko, huhu. Untungnya ada Insto Dry Eyes mata jadi nggak kering lagi deh.

    BalasHapus
  20. Memang masalah mata kering adalah hal yang paling sering dialami orang yang bekerja di depan layar, apalagi blogger ya. Maka dengan adanya insto dry eyes ini solusi jitu banget untuk membantu mengatasi masalah mata kering.

    BalasHapus
  21. Bahkan organ tubuh kecil seperti mata saja harus kita perhatikan ya, duhh harus sering-sering menjaga kesehatan mata nih biar sehat selalu.

    BalasHapus
  22. kalau bloger mah mau ga mau ya berada di depan layar dalam durasi waktu yang lama, karena ga hanya nulis aja, tapi juga desain dan riset, riset ini sih ya yang butuh waktu lebih lama apalagi kalau topiknya yang ga familiar

    BalasHapus
  23. Apalagi klo pas nonton Drakor, rasanya klo bisa ga usah kedip aja deh biar puas nontonin visual pemainnya, hhaaa. Emang kebiasaan ga baik ini kudu segera dirubah ya, biar nyaman buat mata.

    BalasHapus
  24. Pekerjaan yang menyita waktu untuk menatap layar memang sering banget membuat mata kering. Untungnya ada insto dry eyes

    BalasHapus
  25. Ternyata salah satu penyebab mata kering adalah 'Tidak boleh sambil tiduran saat mengoperasikan gadget.' Dan ini kebiasaan yang belum bisa dihilangkan. :)

    BalasHapus
  26. saya udah lama selalu sedia Insto Dry Eyes di tas.. karena memang kerjaan seharian nuntut buat di depan komputer dan di dalam ruangan ber-AC... kemasannya mungil dan anti tumpah jadi aman dibawa kemana-mana alias cukup travel friendly

    BalasHapus
  27. Keasyikan menulis atau ngedrakor terkadang membuat kita terlena dan lupa waktu. Baru merasakan setelah mata kering dan perih adalah pengingat untuk mata istirahat. Jangan lupa teteskan insto dry eyes untuk mengatasi mata kering.

    BalasHapus

Posting Komentar