Contoh Hubungan Interpersonal Antar Teman dan Sikap Empati

Contoh Hubungan Interpersonal Antar Teman dan Sikap Empati

Daftar Isi

Pada artikel ini, saya bakal membahas terkait contoh hubungan interpersonal apa saja yang berkaitan dengan sikap empati seseorang. Teruntuk generasi emas, anak remaja terutama semoga bisa menjadi inspirasi untuk menjalin hubungan interpersonal yang lebih baik lagi. Sehingga dalam pertemanan terjalin dengan harmonis, nyaman dan bisa menjadi tempat saling berbagi untuk berpacu dalam prestasi.

Guys, sudah tahu apa itu hubungan interpersonal ? Hubungan interpersonal adalah interaksi kita kepada orang lain. Sebagaimana hubungan kita kepada teman, kerabat, guru, dan lainnya.

hubungan interpersonal yang baik

Bahwa hubungan interpersonal yang baik bakal mempengaruhi kualitas interaksi kita kepada orang di sekitar. Orang yang kerap bersinggungan dengan aktivitas harian kita. Terutama pada teman yang memiliki kesamaan hobi.

Contoh Hubungan Interpersonal Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam memilih teman, harus memiliki sikap yang tegas untuk diri sendiri. Bila tahu teman itu memberikan dampak yang kurang bagus pada perkembangan diri, lebih baik jangan terlalu dekat. Pun tidak usah menjauh karena seyogyanya apapun kondisi teman kita harus bisa menerima apa adanya.

Bila pandai memilih teman yang mampu memberikan dampak positif, keberuntungan bakal menghampiri. Setidaknya tertular kebaikan teman yang memberikan insiprasi positif dan membangun.

Memilih teman yang punya kesamaan hobi. Bakal lebih seru bila diajak untuk diskusi, sharing atau sebatas ngobrol biasa saja. Akan terbangun koneksi dan kesamaan aktivitas yang bisa memicu semangat untuk melakukan project bareng.

Apa Ciri-Ciri Interpersonal Suatu Hubungan Pertemanan Dikatakan Baik ?

Yap, setiap hubungan pertemanan pasti memiliki karakteristik tersendiri. Hubungan interpersonal dalam suatu pertemanan dikatakan harmonis bila :

Memiliki Kesamaan Tujuan

Pertemanan bakal lebih bermakna bila teman disekeliling kita menularkan semangat yang positif. Memiliki kesamaan tujuan hidup yang jelas, bisa memberikan dampak baik dalam meraih tujuan tersebut. Ibarat kata, berlomba-lomba dalam kebaikan akan semakin ringan bila dikerjakan beriringan (berbarengan). Saling menguatkan, saling mengisi dan saling mengingatkan.

Memiliki Rasa percaya Diri

Hubungan pertemanan yang baik diawali dari rasa percaya untuk saling membangun sebuah hubungan pertemanan mmuncul suatu perhatian untuk saling. Slaing menghargai contohnya.

Terbuka dan Jujur

Adanya transparansi, sikap saling terbuka dan jujur satu sama lain. Bukan saling menjatuhkan.

Solid

Memiliki ikatan relasional yang kuat, solid. Saling memberikan rasa aman untuk saling menjaga. Alih-alih bila teman membutuhkan bantuan. Dengan ringan tangan membantu bila teman mengalami kesulitan.

komunikasi yang sehat

Bila ditelusur lebih mendalam, hubungan interpersonal yang baik dalam sebuah pertemanan ini dapat mempengaruhi sikap empati seseorang. Bagaimana tidak, kemampuan kita menjalin hubungan (komunikasi) dengan tman jadi terasah sehingga rasa empati kita kepada teman bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tahukah Kamu, Apa Makna Dari Empati ?

Empati adalah salah satu bentuk sikap yang mampu mengantarkan diri kita pada sebuah penerimaan yang baik dalam masyarakat. Pasalnya, empati bisa merekatkan hubungan antar personal maupun banyak kelompok yang mampu memberikan rasa aman dalam pertemanan.

Empati, bentuk emosional kita untuk ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Berusaha menempatkan diri kita seakan-akan berada pada kondisi orang lain. Nah, apakah selama ini sudah berpikir kearah sana ?

Sikap empati ini harus dilatih dan terus diasah agar muncul dalam diri seseorang dengan tanpa paksaan untuk ikut merasakan apa yang orang lain rasakan. Bahasa mudahnya, bila kamu berada pada titik terendah sekalipun, masih ada orang yang peduli dengan dirimu.
Menurut aladokter.com, ciri-ciri orang yang memiliki empati tinggi adalah :

  1. Memiliki rasa peduli yang lebih terhadap orang lain
  2. Merupakan pendengar yang baik
  3. Memahami perasaan orang lain dengan baik
  4. Sering menjadi tempat curhat orang lain
  5. Sering memikirkan perasaan orang lain
  6. Sering diminta menjadi penasihat bagi masalah orang lain
  7. Selalu mencoba membantu orang lain yang kesusahan

Beragam Manfaat Empati

Memiliki rasa empati yang tinggi membawa banyak manfaat, tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi orang lain. Berikut ini adalah beberapa manfaat empati:

Membangun hubungan sosial

Dengan berempati, kamu akan lebih mampu memahami apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh orang lain. Pada dasarnya kemampuan kita dalam merespon kondisi tertentu lebih terasah. Bila sewaktu-waktu teman atau kondisi membutuhkan tindakan segera, orang yang memiliki empati tinggi bakal jadi terdepan untuk merespon.

Mengatur emosi diri sendiri

Berempati pada orang lain sama dengan membantu diri mengendalikan emosi diri sendiri
Melatih perilaku tolong-menolong. Ketika berempati, kamu bakal membayangkan bagaimana rasanya jika berada pada posisi orang lain. Dorongan itulah yang tanpa disadari mengasah perilaku tolong menolong kita terhadap teman

Tips untuk Menumbuhkan Rasa Empati

Rasa empati bisa bisa dibentuk atau diperkuat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan dan memperkuat rasa empati pada diri :
  1. Perluas pertemanan dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda.
  2. Sering perhatikan bahasa tubuh dan bentuk komunikasi nonverbal, misalnya mimik muka, saat berkomunikasi dengan orang lain.
  3. Berusahalah menjadi pendengar yang baik, tanpa menyela pembicaraan orang
  4. Bersikap bijak dengan berusaha menjadi tempat sharing/curhat teman
  5. Sering-seringlah bersikap dengan menempatkan diri seakan pada posisi orang lain.

Penutup

Sudah jelas ya, contoh hubungan interpersonal dan apa kaitannya dalam membangun sikap empati pada diri?semoga memberikan wawasan baru untuk anda semuanya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar