√Upgrade Skill Blogging Bersama ODOP Blogger Squad

Upgrade Skill Blogging Bersama ODOP Blogger Squad

ODOP Blogger Squad, komunitas menulis yang dominan dihuni oleh seorang blogger, writer dan conten writer yang sedang fokus merawat blog pribadinya. Termasuk aku yang saat ini sedang di tahap mengikuti challengenya mengerjakan beberapa tugas sebagai syarat masuk bisa join di grup besarnya. 

Walau sudah sah menjadi anggota komunitas ODOP (One Day One Post) pada september 2022 lalu setelah diumumkannya kelulusan, untuk bisa masuk ke bagian dari program OBS (ODOP Blogger Squad) harus melewati beberapa tantangan dulu.

Nah, kali ini aku mau cerita cukup panjang tentang OBS. Bagaimana bisa jadi peserta alias anggotanya dan apa saja kegiatannya dengan upgrade skill blogging bersamanya. Termasuk keuntungan yang didapatkan. So, lets go  baca semuanya!

Cara Join di ODOP Blogger Squad

Begini, untuk bisa jadi bagian OBS, teman-teman harus daftar dulu ketika ada bukaan challenge ODOP (One Day One Post). Sebab, program OBS ini especially buat member yang sudah sah jadi bagian komunitas one day one post

Pastikan memantau secara berkala media sosial instagram komunitas ODOP. Untuk tahu syarat dan ketentuan gabung agar bisa mengikuti challengenya. Kepoin juga website resminya disini.

odop blogger squad
design oleh windi menggunakan canva

Biasanya, challenge menulis di paltform blog ini bakal berlangsung dua bulan lebih. Setiap peserta yang dinyatakan lolos pendaftaran bakal di masukkan satu grup whatsapp dengan pendampingan minimal dua kakak pije. Tugas, poin penilaian, penyampaian materi disampaikan secara berkala dan semua peserta diwajibkan aktif selama proses challenge.

Aku yang waktu itu nyambi bekerja dan urus rumah cukup tergopoh-gopoh. Ibarat kalau disuruh berlari aku banyak jedanya buat menghela napas, merumuskan ide menulis yang mana membuat aku kadang tak memperhatikan SEO dalam penulisan. Maklum, memburu waktu biar tak melebihi deadline dan berusaha untuk lulus waktu itu.

Butuh strategi memang, bila benar-benar ingin ikut challenge one day one post. Aku saja mempertimbangkan timing pelaksanaan yang mana bagiku cukup membantu ketika akhir semesteran dan berlanjut ke liburan kenaikan akhir kelas menjadi waktu yang tepat buatku untuk gabung di komunitas kece ini. 

Mengapa aku menyebutnya komunitas kece ? selain gratis, bertabur ilmu dan pengalaman baru yang aku dapatkan. Serius, meski cukup banyak mengeluh selama proses, setidaknya perjuangan teman-teman bila lulus karena berhasil upload tulisan setiap hari selama dua beli bakal terbayar. 

Merasa puas begitu, meskipun dengan seabrek rangkaian kegiatan di dunia maya, setidaknya aku bisa evaluasi diri dan menghargai proses bahwa diriku ternyata bisa menakhlukkan tangangan ini. Tantangan yang kubuat untuk diri sendiri. Sebagai upaya upgrade skill jadi seorang blogger biar naik kelas.

Sampai sini cukup tergambarkan ya teman-teman, bagaimana proses menikmati perjalanan untuk bisa jadi anggota sah komunitas one day one post . Berikutnya, bakal aku ceritakan selama proses menyelesaikan tantangannya.

Rangkaian Kelas Menyelesaikan Misi tantangan Menuju Bagian ODOP Blogger Squad

Pada saat menyelesaikan misi upload tulisan setiap hari selama dua bulan lebih dan enggak boleh bolong, peserta yang bertahan wajib mengikuti materi terjadwal yang minimal dua kali diselenggarakan dalam seminggu by whatsapp group

Ada bedah tulisan peserta tiap hari senin kalau tidak salah. Yang mana masukan dan kritikan termasuk saran disampaikan dari member untuk member biar setiap peserta sila ukhuwah di blog sesama peserta.

Ada ajang perkenalan yang singkatannya aku lupa, wkwkkwkw. Setiap member yang bakal jadi bintang untuk memegang mic setiap seminggu sekali akan ada pesan pribadi dari salah satu kakak pije. Dikirimi format perkenalan apa saja dan nantinya bakal ditanyai member lain untuk kamu jawab. 

Lumayan kesan momen ini sampai aku tulis sendiri dalam satu artikel. Semalam jadi bintang ini salah satu acra menarik yang membuat peserta jadi merasa dihargai dan diberikan ruang buat berbicara di grup whastapp.

Lumayan padatlah kalau ukuran emak-emak ala aku. Yang mana membuat diriku kadang absen untuk selalu aktif di grup mengingat jam belajarnya ini jam 7 malam keatas. Wajar, bila diriku tidak masuk nominasi peserta dengan nilai tertinggi. Ya karena itu tadi, kadang jamnya bentrok disaat harus nyambi momong dan kudu pantau WAG saat materi maupun acara berlangsung.

Cukup menguji kesabaran, emsoional diri dalam berperan. Kalau yang masih single dan fokus ikut tantangan ini, kudu aktif dan punya nilai plus. Lumayan hlo apresiasi buat nominator dari panitia, hadiahnya banyak. Bocoran ini. Siapa tahu kamu adalah the next generation dari komunitas odop di Batch 11 nanti. Amiin.

Hore, Lulus One Day One Post! Ikut Program OBS Saja

Seperti yang sudah aku sampaikan diatas, buat ikut salah satu program komunitas ODOP Indonesia, ODOP Blogger Squad (salah satunya) harus melewati tantangan dulu. Bila lulus pasti seneng deh, sekaligus bersyukur.

Aku ikut program OBS ini untuk menantang diri buat upgrade skill blogging. Berkumpul dengan blogger senior lain yang sudah banyak makan garam. 

Orientasi ku adalah untuk menjemput peluang sumber magnet rejeki ke depan. Terutama ilmunya. Tahu kalau dari awal komunitas ini tak memungut biaya sepeserpun, tapi malah memberi ilmu gratis dan bermanfaat ya aku manfaat kan saja. Sedikit berjuang memanage waktu untuk bisa mengikuti tak masalah. Biar waktu ini berguna ye kan ?

Nah, berikutnya bakal aku ceritakan bagaimana proses dan kelasnya menikmati rangkaian tugas dari OBS yang mana kakak pijenya ada Mbak Jihanmw, Mbak Nimas dan Mbak Karunia Sambas (Aku menyebutnya).

Kali ini sih sudah masuk tugas ke delapan. Itu artinya artikel yang aku tulis ini sebagai bukti buat memenuhi tugas ke delapan tersebut.

Nah, tugas biasanya akan disampaikan di Grup whastapp dengan syarat dan ketentuan dari panitian. Kalau sudah submit gform itu artinya tugas sudah dikerjakan. 

Ada dua kali kesempatan bagi peserta buat memenuhi tugas. Bila kosong dua kali karena tidak mengerjakan tugas, sudah pasti bakal di keluarkan dari grup.

Bebas buat bertanya di grup tentang apapun yang ada hubungannya dengan meningkatkan kualitas blog baik dari otak-atik template blog, pasang google analytic, google search console dan buat conten dengan memperhatikan SEOnya. 

Kelasnya suka-suka jadi deadline dan tugasnya mengikuti arahan dari kakak-kakak panitia. Meskipun demikian, cukup menguji komitmen dan konsistensi peserta hlo. Aku aja pengen lulus dari challenge ini.

Sekilas, demikian lah proses kelasnya. Yang mana tidak aku ketahui akan berakhir kapan.

Sekarang, aku ingin cerita tentang kakak pije yang sudah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk membimbing kami para cupu yang masih terus butuh belajar untuk bisa satu leel dengan kaka pije.

Ops, pasalnya kakak pije ini track recordnya sudah mumpuni dan membawa prestasi dibidangnya. Jadi, pengen sih bisa merasakan vibes positif berkat menang lomba blog salah satunya.

Pije ODOP Blogger Squad Yang Baik Hati Menuntun Kami Menyelesaikan Misi

Mbak Jihan, blogger berkelas yang sering memenangkan lomba blog. Bahkan aku pernah ikut kelasnya yang berbagi pengalaman bagaimana beliau berhasil mencapai 30 juta penghasilan pertama hanya modal memenangkan lomba blog.

Gila kan. Dan kini, beliau membuat anakan blog lagi khusus menulis teknologi dan yang jadi sorotanku, tiap kali ada lomba blog ASUS selalu menang minimal juara favorit.

Kreatif memang, semua tulisan yang diupload sama Mbak Jihan ini. Blogger Kota Malang yang sangat cerdas dalam meramu tulisan. Patut ditiru.

Mbak Nimas, Blogger Semarang yang passionatenya di bidang conten writer. Ini orangnya juga asyik, sebagai pije OBS, beliau sangat mumpuni masalah teknik dan ada permak blog ya menguasai. Langganan juara menang lomba blog juga, yang begitu telatennya memberikan insoirasi padaku buat menulis secara tertulis percakapan di grup whastapp terkait permak blog.

Mbak Karunia, Blogger dari Sumatera yang profesi kesehariannya bersama pasien. Keren banget ya, disamping tugas utama yang mulia masih sempet juga beliau ngopeni blog pribadi. Setelah aku kepoin blognya, ternyata rutin juga beliau posting di beranda blognya. Rekam karyanya lebih ke fiksi kali ya, cerita berbau imajinasi yang sering beliau tulis memenuhi label blognya.

Pernah chat pribadi beliau merespon dengan baik. Blogger yang sering mendapat pesanan dari rajabacklink dan sosiago ini cukup menginspirasiku. Membuatku berpikir bahwa aku tidak sendiri, ada juga blogger yang bekerja di instansi resmi dan tetap berniat fokus meracik tulisan dan posting di blog pribadi. Applause buat diri sendiri juga,kwkwkwk.

Itulah sekilas pendapatku bagaimana kakak pije dimataku. #Eaa

Sekarang, aku akan sedikit memberikan racun supaya kamu yang baca artikelku ini merasa tergerak buat ikutan bareng programnya. Ini dia keuntungan yang bakal kamu dapatkan upgrade skill blogging bersama komunitas ODOP Indonesia :

Tambah Ilmu dan pengalaman

Blogger itu kudu sigap, bila hanya berada di zona nyaman dan enggak mau menambah kualitas diri bisa jadi blogger akan mandeg ditengah jalan. Seraya menasehati diri sendiri, yang ini masih aku perjuangkan biar tetap produktif dan menghasikan cuan dari menulis aktif di blog.

Tambah ilmu pasti, selama mau belajar dan praktek ilmunya, belajar di ODOP salah satunya akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Pun pengalaman juga bertambah. Ibarat kata dapat insight dari berbagai profil yang lebuh dulu menimba ilmu perblogan pasti kecipratan baiknya.

Tidak Keluar Banyak Biaya

Yap, belajar itu butuh mentor. Selama ini menemukan kelas blogging yang gratis bikin melek dimata. Cukup modal niat, fokus, telaten dan mengerjakan tugas insha allah semoga ilmu gratisan yang didapat jadi berkah. 

Buktikan deh. Karna belajar dengan mentor itu lebih terarah. Bisa sampai pada tempat yang tepat karena kita tak perku trial error banyak kali untuk berada di tahap “ternyata aku bisa to”.

Menjemput Magnet Rejeki

Kita tak pernah tahu usaha mana yang bakal di ridloi. Niat yang tulus buat belajar dan menutut ilmu, aku rasa bakal dapat balasan yang sepadan. Betul tidak ? 

ilmu dapet, teman bertambah, pengalaman jadi banyak syukur-syukur dapat peluang informasi job bloger. Girang kan pastinya. Semakin luas main kita, luas pula wawasan akan bertambah

odop blogger squad
design oleh windi menggunakan canva, template dikunduh dari pixabay.com

Penutup

Semoga artikel ini memberikan dampak positif untuk kamu, dan siapa tahu berkeinginan menjadi bagian dari ODOP Blogger Squad. Amiin

Related Posts

Posting Komentar