Solusi Mengatasi Perilaku Mencontek Pada Anak Remaja

1 komentar

Indeks presepsi korupsi orang Indonesia masih rendah. Pengetahuan ini bisa menjadi solusi menyontek agar tak menjadi kebiasaan anak demi mencapai kehidupan yang nyaman dan berkah pastinya.

Ya, menurut databoks.katadata, pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, indeks persepsi korupsi orang Indonesia berada pada peringkat 98 dari survey yang dilakukan pada 180 negara. Indonesia sendiri berada pada level yang cukup tragis yakni 37 dari skala 0-100.

Itu artinya, indeks yang mendekati 0 diindikasi bahwa korupsi pada suatu negara tersebut cenderung tinggi. Meskipun bila dibandingkan dengan Vietnam dan Thailand, Indonesia masih unggul.

Pasalnya pada survey yang dilakukan pada tahun 2012 justru Indonesia mengalami perbaikan. Urutannya geser sedikit, dari yang dulunya berada pada urutan 32 menjadi 37 ada peningkatan yang sedikit lebih baik.

Tapi, bila kita menilik beberapa kasus korupsi yang terjadi di Indonesia, sangat disayangkan karena masih ada pejabat publik yang tersangkut korupsi. Bagaimana pendapat kamu, sebagai pelajar tentang kasus tersebut?

Bukan hanya persoalan budaya gemar membaca saja yang terus diupayakan, informasi terkait indeks persepsi korupsi butuh juga terus disuarakan melalui lembaga pendidikan, untuk anak sekolah terutama.

Lantas, apa kaitannya korupsi dengan mencontek ?

"Jika mahasiswa untuk mendapat nilai A prosesnya tidak mau belajar, malah menyontek atau memberi bingkisan kepada dosen. Maka kalau sudah tidak jujur sejak masa pendidikan seperti itu, saat bekerja dan menjabat pun pasti tidak jujur," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Saya rasa, bukan hanya untuk mahasiswa saja kalimat pak Wakil Ketua KPK menyampaikan. Ini berlaku buat anak sekolah dan siapapun yang mengaku pelajar. Saya pernah mengikuti webinar anti korupsi yang diprakarsai oleh KPK pada tahun 2009. Wah lama banget ya. Itu artinya KPK sudah bertindak dari sejak lama untuk mengupayakan pendidikan kejujuran yang diterapkan oleh siswa dalam hal mengerjakan tugas.

mencontek sama dengan korupsi

Dalam hal mendapatkan nilai yang bagus, proses ditempuh dengan cara menyontek. Bahwa apa-apa yang dilalui dengan cara yang tidak jujur bakal mendatangkan kemudharatan. Pastinya akan berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Tinggal dipilih, menyontek mau dijadikan kebiasaan hidup atau sebuah momok menakutkan yang memberikan dampak buruk bagi kehidupan ?

Pendidikan Antikorupsi : Solusi Mengatasi Kebiasaan Menyontek Pada Anak dan Remaja

Setelah kamu membaca detil artikel ini, saya harap ada perubahan kualitas hidup yang lebih baik. Setidaknya meninggalkan kebiasan mencontek. Oke ?

Bila bertanya kepada beberapa siswaku di sekolah, siapa yang suka menyontek saat mengerjakan tugas sekolah ? hampir semuanya mengacungkan jarinya ke atas. Terlebih saat saya tanya apakah setiap hari belajar saat di rumah? Pasti jawabannya adalah tidak.

Alih-alih yang tepuk jidat hanya guru BK yang bertanya, orangtua wali muridpun menegaskan kalau putra-putri mereka jarang belajar, bahkan sama sekali tidak. Semuanya cenderung lebih asyik dengan handphone untuk bermain game, tiktokan atau melihat konten menarik lainnya sampai berjam-jam.

Cukup meresahkan ya? kondisi tersebut.

Tahukah kamu, bahwa menyontek sama dengan korupsi? Cikgu punya beberapa tips yang bisa kamu coba agar tidak menyontek lagi. Yuk, mulai sekarang tanamkan dalam diri, niat tulus agar mindset kita berubah menjadi “ aku tidak akan mencontek saat mengerjakan tugas apapun itu”.

Niat yang Ikhlas

Yuhu, tanamkan niat bersungguh-sungguh untuk berubah. Tanamkan niat bahwa mulai sekarang bilang ke diri sendiri “mulai hari ini aku tidak akan mencontek”

Berusaha Memahami Materi Pelajaran

Yap, kuncinya disini, berusaha memahami isi materi yang disampaikan oleh guru di kelas. Bila kurang paham ya bertanya, bila masih ragu benar-tidaknya ya carilah referensi terkait baik itu buku maupun materi dukungan di internet.

Banyak Berlatih Latihan Soal

Bila kamu mempersiapkan dengan matang, saya rasa mencontek enggak bakalan kamu lakukan. Berlatih giat dengan mengerjakan soal, maupun membaca berulang atas materi yang diberikan oleh guru sampai benar-benar kamu paham.

Nilai Bagus Hasil Mencontek Bukanlah Prestasi Nyata

Tanamkan pada pikiran anda bahwa, hasil mencontek itu tidaklah memuaskan. Pada dasarnya, keberhasilan bukan hanya dinilai dari nilai yang bagus saat di kelas. Melainkan bagaimana cara kamu mengamalkan ilmu yang kamu dapat untuk kebermanfaat di dunia. Minimal, dengan ilmu yang kamu miliki berguna buat berbuat baik kepada orang lain.

Supaya kamu lebih berpikir dewasa lagi, selanjutnya aku bakal memberikan gambaran nyata bagaimana dampak pada diri dari kebiasaan mencontek yang sering dilakukan oleh remaja masa kini .

Mencontek Merupakan Awal Tanda Kemalasan

Orang yang malas belajar biasanya cenderung mencari cara instan agar dirinya merasa aman bila guru memberikan tugas, dengan cara mencontek. Selain tidak mempersiapkan dengan matang, mereka cenderung mencari cara bagaimana caranya mendapat nilai ketimbang di cap jelek oleh guru karena tidak mengerjakan.

Mencontek Dapat Membentuk Sikap Seseorang Tidak Percaya Diri dan Lemah

Tidak pernah menikmati bagian dari proses, begitulah kebiasaan yang dibangun oleh orang yang gemar mencontek. Secara tidak langsung hal tersebut membuat mental seseorang lemah dan cenderung tidak percaya diri. Ya, karena tidak memiliki bekal ilmu dalam diri,

Merugikan Orang Lain

Selain merugikan diri sendiri, mencontek juga merugikan orang lain. Ya kalau pas mencontek ketahuan guru, bisa-bisa yang di cap jelek bukan hanya kamu saja, tapi temanmu juga.

Merusak Integritas Diri sendiri

Jika mencontek sudah menjadi kebiasaan, hal itu akan berdampak pada masa depan. Apalagi ketika masuk dalam dunia kerja, karakter itu akan nampak. Perbuatan curang, memanipulasi, korupsi cenderung bisa kamu lakukan yang mana hal itu akan berdampak negatif pada kehidupanmu. Kamu tumbuh menjadi pribadi yang tidak jujur dan suka cara-cara instan.

Yuk, mulai dari sekarang berubah. Tanamkan mindset bahwa mencontek adalah perbuatan yang tidak terpuji. Bukan hanya merugikan diri, itu juga akan merugikan orang lain. Termasuk keluargamu. Bila satu remaja saja mampu berubah dan bisa mengajak remaja yang lain, ini bisa jadi solusi mengatasi perilaku menyontek pada anak dan remaja.


solusi mencontek










Referensi Pendukung



https://revolusimental.go.id/kabar-revolusi-mental/detail-berita-dan-artikel?url=dampak-buruk-budaya-mencontek





Related Posts

1 komentar

  1. Melalui website ini mengharap kan agar siswa atau remaja saat ini tidak melakukan hal yang merugikan diri sendiri atau pihak lain guna menciptakan generasi muda yang lebih baik khususnya kita sendiri atau pun bangsa dan negara

    BalasHapus

Posting Komentar